15 Tips Beternak Lele Dijamin Laba Mengalir
Lele sudah menjadi komoditi yang sangat besar di Indonesia, dan sudah termasuk sebagai menu incaran bagi para pemburu kuliner. Maka tidak heran kalau para peternak lele juga sudah semakin menjamur, mengingat betapa larisnya menu ikan lele. Jika anda ingin beternak dan membudidayakan ikan lele, maka ada baiknya agar anda mencoba 15 Tips Beternak Lele Dijamin Laba Mengalir berikut ini.

Beternak lele belakangan ini memang sudah semakin meyakinkan, dengan keuntungan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Budidaya lele yang tidak terlalu sulit juga menjadikan banyak orang yang memilih beternak lele. Memang harus diakui kalau dibutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk membuka usaha beternak lele, namun keuntungannya juga tidak sedikit dan sangat menjanjikan. Jika anda adalah salah satu orang yang ingin beternak lele, maka ada baiknya agar mencoba 15 Tips Beternak Lele Dijamin Laba Mengalir berikut ini.

1. Memilih benih

Benih
Benih

Dalam beternak lele, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih benih lele. Anda bisa memilih dan membeli benih lele kepadda para peternak lele yang besar. Pastikan juga anda membeli benih lele dalam jumlah yang lumayan banyak agar mendapatkan potongan harga. Sekedar catata saja, semakin banyak anda membeli benih lele, maka laba yang akan anda dapatkan juga akan semakin besar.

Baca juga : 15 Tips Beternak Bebek Hingga Hasilkan Jutaan

2. Kolam

Kolam
Kolam

Untuk membuat kolam ikan lele, ada 2 cara yang bisa dilakukan. Kedua cara ini tergantung pada isi dompet anda untuk memilih yang mana. Apakah anda akan membuat kolam ikan yang dikelilingi oleh bata, atau hanya sekedar menggunakan plastik panjang dan membuat kolam seadanya. Cara kedua ini bisa anda pilih jika memang modal yang anda miliki tergolong minim. 

3. Pengisian kolam

Pengisian
Pengisian

Untuk proses pengisian kolam, anda bisa menabur benih langsung setelah membuat kolam. Dengan cara ini anda tidak perlu menunggu waktu berhari - hari jika anda memang berniat mengisinya langsung dengan benih ikan lele yang sudah anda siapkan sebelumnya. Namun jika jika tembok kolam masih belum padat, disarankan agar menunggu sampai tembok kolamnya lebih padat. Namun jika anda menggunakan cara membuat kolam yang kedua, maka anda bisa langsung mengisinya dengan benih ikan lele. 

4. Pakan

Pakan
Pakan

Untuk pakan lele sendiri sudah banyak di jual di toko pakan ikan. Namun dikarenakan lele sendiri termasuk hewan omnivora atau pemakan segalanya, maka anda bisa membeli atau membuat pakan sendiri tentunya. Membuat pakan ikan lele sendiri tentu akan menghemat biaya, namun membutuhkan waktu yang lebih lama dan menambah pekerjaan anda.

5. Memilih indukan

Memilih indukan
Memilih indukan

Di dalam satu kolam ikan lele tentu akan terlihat banyak ikan lele yang bisa dijadikan indukan. Biasanya akan ada beberapa ikan lele dengan ukuran besar, dan anda bisa memilih ikan tersebut untuk dijadikan indukan. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan anak lele yang lebih berkualitas dan lebih besar tentunya. Hindari memilih indukan lele dengan asal - asalan demi anakan ikan lele yang akan anda dapatkan di kemudian hari.

Baca juga : 15 Tips Beternak Burung Puyuh Terbukti Menghasilkan

6. Cara kawin

Kawin
Kawin

Untuk cara pengembangbiakan sendiri ada cara tertentu yang harus dilakukan, yakni dengan cara membuat kolam kecil kecil. Anda bisa menempatkan ikan lele indukan di dalam kolam kecil tersebut dan membiarkannya selama beberapa hari. Hal ini bertujuan untuk memberikan waktu bagi pasangan lele yang sudah besar untuk kawin dan berkembang biak. Akan lebih baik juga jika anda tidak perlu mengganggu kolam tersebut, agar memberikan ketenangan pada lele yang akan dikembangbiakkan.

7. Anakan

Anakan
Anakan

Anakan ikan lele bisa anda ambil dalam beberapa hari sejak berkembang biak dan bisa anda pisahkan dengan indukan. Setelah itu, anda harus memberinya pakan khusus. Biasanya tidak akan dibutuhkan waktu yang lama sampai anakan ikan lele menjadi besar dan bisa memakan pakan sendiri. Hal yang perlu anda perhatikan adalah kebersihan kolam yang ditinggali oleh benih anak lele. Jika kolam tersebut kotor, maka bukan tidak mungkin akan mengganggu kelangsungan hidup dan kesehatan benih lele. 

8. Pemberian pakan

Pakan
Pakan

Biasanya pemberian pakan lele dilakukan setiap pagi dan sore hari. Satu hal yang harus anda perhatikan adalah ketepatan waktu dalam memberikan pakan ikan lele. Ikan lele yang kelaparan bisa berbuat kanibal dan memakan temannya sendiri. Hal ini tentu akan sangat merugikan anda, dan tidak tertutup kemungkinan membuat anda gagal. Maka dari itu berikan pakan pada tepat waktu agar ikan lele anda tidak memangsa teman sendiri. 

9. Pembersihan kolam

Pembersihan
Pembersihan

Pembersihan kolam harus rutin dilakukan agar lele tetap dalam keadaan sehat. Walaupun lele termasuk ikan kuat dan bisa bertahan hidup pada air yang keruh, tapi kolam tersebut harus tetap dibersihkan dengan cara mengganti separuh air yang ada dikolam. Selanjutnya anda bisa menagganti sisanya dengan air yang jernih. Anda tidak perlu harus menguras isi kolam, karena anda cukup mengganti air kolam setengahnya saja.

10. Panen

Panen
Panen

Dalam masa panen ini, para peternak lele harus bisa memastikan apakah lele nya sudah siap untuk dipanen atau belum. Jika sudah memungkinkan untuk dipanen, maka anda bisa memanennya dengan cara menguras air kolam. Namun anda juga harus memperhatikan patil ikan lele, yang bisa saja digunakan untuk menusuk tangan atau bagian tubuh anda yang lain. Maka sangat disarankan untuk memakai alat tertentu dalam memanen lele. 

11. Penjualan

Penjualan

Untuk proses nyapenjualan sendiri, biasanya para peternak lele sudah memiliki pengepul sendiri yang akan bersedia memborong ikan lelenya. Para peternak lele akan didatangi oleh para pengepul ketika ikan lelenya sudah siap untuk dipanen. Maka anda tidak perlu capek lagi untuk memikirkan bagaimana proses penjualan ikan lele anda. Anda cukup mencari pengepul ikan lele dan membuat kesepakatan harga, maka lele anda akan dibeli setiap anda memanen ikan lele anda.

12. Keuntungan

Keuntungan

Untuk keuntungannya sendiri, anda bisa merincinya dengan cara menghitung modal yang sudah dikeluarkan dengan penghasilan yang anda dapatkan ketika menjual lele. Hasil penjualan tersebut bisa anda kurangi dengan semua biaya yang sudah anda keluarkan. Maka disitu akan diperoleh rincian tentang keuntungan anda setiap panen ikan lele. Ada baiknya agar anda selalu membuat rincian dalam beternak, karena anda adalah peternak lele yang harus memperhatikan setiap keuntungan yang dihasilkan. 

13. Setelah panen

Setelah panen

Setelah proses memanen ikan lele sudah selesai, maka hal yang harus dilakukan adalah membersihkan kolam ikan lele tersebut.Setelah selesai dibersihkan, maka anda bisa kembali mengisinya dengan air bersih dan memasukkan benih ikan lele yang sudah disiapkan sebelumnya. Ada baiknya agar anda selalu menguras kolam setiap selesai panen, dengan tujuan menjaga kebersihan kolam ikan lele yang anda miliki.

14. Semangat

Semangat

Ketika anda melakukan suatu pekerjaan, maka semuanya akan sia - sia jika tidak dibarengi dengan semangat. Maka dari itu perlu anda perhatikan semangat dalam diri anda dan menekankan bahwa semangat tersebut akan bisa membawa anda mendapatkan keuntungan yang maksimal. Walaupun anda mungkin pernah gagal, namun anda bisa menjadikannya sebagai pelajaran dan tetap mencoba lagi.

15. Sabar

Sabar

Kesabaran memang harus diterapkan dalam diri anda karena beternak ada kalanya pasang surut. Saat anda mendapatkan keuntungan yang besar, maka ada baiknya agar anda menyisakan sebagian dari keuntungan anda. Hal ini bertujuan untuk jaga - jaga jika anda mengalami kerugian atau musibah, seperti jebolnya kolam ikan. Keuntungan yang anda dapatkan sebelumnya bisa anda gunakan untuk menutupi kerugian anda dan tetap bertahan dalam beternak lele.

Membuat atau memulai usaha sendiri memang tidaklah mudah. Banyak perbedaan antara memiliki usaha sendiri dengan menjadi pegawai atau bekerja kepada orang lain. Maka dari itu, anda juga harus mengetahui hal - hal yang berkaitan dengan peternakan ikan lele. Selain karena anda yang memiliki usaha sendiri, menyewa orang lain untuk bekerja juga akan menambah pengeluaran anda. Jika anda ingin mencoba untuk beternak lele, maka ada baiknya anda mencoba 15 Tips Beternak Lele Dijamin Laba Mengalir berikut ini, semoga bermanfaat.

Baca Juga