15 Tips Beternak Kuda Yang Sangat Menguntungkan
Beternak kuda di Indonesia memang masih jarang ditemukan. Namun tidak bisa dipungkiri jika ternyata beternak kuda sudah mulai dilirik oleh para peternak. Para peternak biasanya menjual daging kuda yang tentunya akan memberikan keuntungan besar bagi peternak. Jika anda ingin mencoba untuk beternak kuda, maka anda bisa mencoba 15 Tips Beternak Kuda Yang Sangat Menguntungkan berikut ini.

Beternak kuda sekarang banyak dibudidayakan oleh para peternak. Hal ini dikarenakan keuntungan yang yang didapatkan oleh para peternak memang lumayan. Beternak kuda tentunya akan sangat menguntungkan jika dilakukan dengan cara yang benar. Walaupun memang harus menyediakan modal yang tidak sedikit, namun keuntungan yang akan didapatkan juga tidak akan sedikit. Hal ini diakibatkan oleh harga benih kuda sendiri yang tergolong mahal. Namun ketika anda menjual 1 ekos kuda saja, maka anda akan mendapatkan uang yang tidak sedikit. Jika anda ingin beternak kuda, maka anda bisa mengikuti atau mencoba 15 Tips Beternak Kuda Yang Sangat Menguntungkan berikut ini.

1. Misi beternak kuda

Misi
Misi

Mengenai tujuan dalam beternak, bisa dibedakan menjadi 2 bagian, yakni beternak untuk diambil susu kudanya, lalu kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Sedangkan tujuan yang satu lagi adalah menjual daging kuda untuk keperluan berbagai bahan kuliner, termasuk sate. Anda juga bisa memilih kedua tujuan tersebut, yakni mengambil susu dan menjual daging kuda. Untuk memuluskan rencana, ada baiknya agar anda menentukan tujuan sejak anda memulai beternak kuda.

2. Indukan kuda

indukan
indukan

Jika anda ingin beternak sekaligus menghasilkan anakan kuda yang berkualitas, maka carilah indukan kuda yang bagus dan berkualitas juga. Bisa dipastikan kalau indukan kuda yang bagus akan menciptakan anakan yang bagus juga. Memang harus diakui kalau untuk membeli indukan kuda yang berkualitas, maka anda juga harus mengeluarkan budget yang lebih besar. Namun keuntungan yang anda daptkan ke depannya juga akan lebih terjamin.

3. Kandang

kandang
kandang

Berbicara mengenai kandang kuda, maka anda harus menyiapkan kandang sendiri untuk satu ekor kuda. Kandang tersebut juga harus besar dan lebar, mengingat kuda harus memiliki wilayah yang besar untuk ditinggali atau ditempati. Berikan juga di sekeliling tembok besar yang tinggi agar kuda tidak melompat keluar. Akan lebih baik jika anda menyiapkan kandang yang mirip dengan habitatnya sendiri, yakni memiliki rumput dan pohon - pohon besar di sekelilingnya. Hal ini bertujuan untuk menhindari kuda stress karena keadaan kandang yang terlalu sempit dan kurang sesuai dengan habitatnya.

baca juga :Tips Beternak Lebah Hingga Hasilkan Madu

4. Lokasi kandang

lokasi
lokasi

Untuk lokasi kandang sendiri, maka anda harus mempunyai lahan yang cukup besar. Jika anda memaksakan dan menempatkan kuda pada wilayah yang kecil, maka  kemungkinan tubuh mereka akan terasa sakit karena tidak leluasa dalam bergerak. Maka dari itu, lokasi atau lahan yang anda miliki harus besar demi kenyamanan kuda anda.

5. Pakan

Pakan

Pakan kuda biasanya diberikan setiap pagi dan sore hari. Untuk pakannya sendiri tidak berbeda jauh dengan sapi, yakni pakan rumput yang memang sangat disukai oleh kuda. Anda juga harus mencari atau membeli rumput gajah agar bisa memberi pakan yang berkualitas kepada kuda. Nafsu makan kuda termasuk besar,  maka dari itu siapkan juga pakan yang lebih. Hal ini bertujuan agar kuda anda bisa makan sewaktu - waktu saat kuda lapar.

6. Pakan tambahan

Pakan tambahan
Pakan tambahan

Tidak hanya menggunakan pakan rumput, anda juga bisa menggunakan pakan tambahan untuk kuda. Pakan tambahan ini biasanya berupa ampas tahu, karena ampas tahu dipercaya dapat menggemukan hewan. Tidak hanya mengandalkan pakan utama, pakan ampas tahu ini juga akan sangat bermanfaat untuk ternak kuda anda. Selain menuruti nafsu makan kuda yang besar, pakan tambahan ini juga akan sangat bermanfaat untuk kesehatan dan pertumbuhan kuda.

7. Berkembang biak

kawin
Kawin

Berbicara mengenai pengembangbiakan kuda, ada 2 cara yang bisa anda lakukan, yakni pengembangbiakan dengan cara suntik atau dengan cara kawin alami. Untuk kawin suntik sendiri, anda cukup memanggil dokter hewan untuk menyuntikkan pembuahan pada kuda betina. Sedangkan dengan cara alami, maka anda bisa menempatkan kuda jantan dan kuda betina yang sudah dewasa dalam satu kandang dan membiarkanya berkembang biak.

8. Anakan

anakan
Anakan

Untuk anakan sendiri, anda tidak perlu repot harus merawatnya secara terpisah. Kuda tergolong hewan yang baik dalam menjaga anaknya, sama seperti hewan mamalia lainnya. Maka dari itu biarkan anak kuda menyusu pada induknya dan ketika sudah berumur beberapa bulan baru dipisahkan dengan indukannya. Hal ini bertujuan agar anak kuda bisa lebih mandiri dan berusaha makan sendiri.

9. Jamu

jamu
Jamu

Manfaat jamu bukan hanya berguna untuk manusia saja, namun juga untuk ternak kuda. Jamu ini akan sangat berguna dalam menjaga kesehatan kuda apabila kuda terlihat kurang sehat. Anda bisa memberinya jamu, karena jamu memiliki kelebihan yakni semua bahannya yang terbuat dari bahan alami. Jamu dengan bahan alami juga tentunya tidak akan memiliki efek sampung walaupun digunakan secara terus menerus. Maka dari itu, ada baiknya agar anda selalu mempersiapkan bahan - bahan untuk membuat jamu, demi jaga - jaga saat kuda anda membutuhkan jamu.

10. Pembersihan kuda

Pembersihan kuda

Dalam tahap ini, anda juga harus membersihkan atau memandikan kuda. Memandikan kuda akan membuatnya merasa lebih nyaman dan pastinya akan lebih sulit terserang penyakit. Maka untuk mencegah kuda mengalami penyakit, anda harus menyempatkan waktu untuk memandikan kuda anda setiap beberapa hari. 

11. Membersihkan kandang

kebersihan kandang
kebersihan kandang

Setelah membersihkan dan memandikan kuda, maka hal yang harus anda lakukan selanjutnya adalah membersihkan kandang kuda. Kuda akan sangat senang dan merasa lebih nyaman jika berada di tempat yang bersih. Hal ini juga bertujuan untuk menhindarkan kuda dari berbagai penyakit yang bisa saja menyerang. Pembersihan kandang bisa dilakukan setiap hari tergantung waktu luang yang anda miliki, namun disarankan pembersihan dilakukan pada waktu pagi hari berbarengan dengan waktu memandikan kuda. 

baca juga :Tips Beternak Kelinci Yang menguntungkan

12. Penjualan

penjualan
penjualan

Untuk penjualan sendiri sudah banyak yang akan menampung hasil kalian. Dan kalian bisa diuntungkan tiga tahap sekaligus yaitu dari kotoran untuk kompos, susu untuk dijual dan daging kuda yang biasanya dibuat untuk sate kuda tentunya. 

13. Bergabung dengan peternak

bergabung

Bergabung dengan peternak merupakan salah satu ide yang sangat bagus untuk mendapatkan lebih banyak ilmu mengenai peternakan kuda. Anda bisa saling bertukar pikiran dengan para peternak kuda lainnya dan belajar dari para peternak yang sudah terlebih dahulu beternak kuda. Anda juga bisa belajar mengenai cara - cara menjauhkan ternak kuda anda dari ancaman penyakit, dan masih banyak hal lainyya. Hal ini akan sangat berguna jika anda termasuk peternak kuda golongan pemula.

14. Keuntungan

keuntungan

Berbicara mengenai keuntungan memang sangat menjanjikan. Hal ini mengingat keuntungan dari penjualan daging kuda memang tidaak sedikit. Anda bisa membuat rincian mengenai biaya - biaya yang anda keluarkan sejak memulai beternak kuda. Selanjutnya biaya yang anda keluarkan bisa anda kurangkan dengan hasil penjualan yang anda terima, maka anda akan mengetahui berapa keuntungan yang anda miliki. Selain sekedar mengetahui jumlah keuntungan, hal ini juga akan sangat bermanfaat dalam menambah semangat anda beternak kuda.

15. Bersabar

bersabar

Apapun usaha yang anda lakukan, maka kesabaran haruslah anda miliki, tidak terkecuali dengan beternak kuda. Beternak kuda tidak bisa menghasilkan untung dan pendapatan dalam waktu yang singkat. Maka dari itu, dibutuhkan kesabaran dan usaha yang telaten sebelum anda meraih hasil dan keuntungan.

Walaupun memang tergolong sulit dan membutuhkan biaya yang lumayan besar, namun bukan berarti beternak kuda tidak bisa dilakukan, bahkan oleh peternak pemula sekalipun. Dengan bermodalkan uang yang memang lumayan banyak, kesabaran, dan ketelatenan, bukan tidak mungkin anda akan mendapatkan keuntungan yang besar dari peternakan kuda yang anda jalankan. Jika anda ingin beternak kuda dan meraih keuntungan, maka anda bisa mencoba 15 Tips Beternak Kuda Yang Sangat Menguntungkan diatas tadi, semoga bermanfaat.

Baca Juga