15 Cara Ternak Ayam Potong Yang Benar dan Tepat
Cara ternak ayam potong sangat mudah sekali dilakukan karena dalam budidaya ayam potong tersebut relatif singkat dan prosuksi dagingnya juga berkualitas rendah kolesterol dan tinggi protein. Oleh karena itu, simak cara budidaya ayam potong berikut ini.

Kata.co.id - Ternak ayam potong banyak dilakukan oleh peternakan ayam untuk menghasilkan ayam yang bagus serta hasil yang akan di dapatkan juga. Ayam potong banyak dibutuhkan oleh para pembeli untuk dijadikan sebagai bahan masakan ketika ada prosesi besar dan yang lainnya. Maka dari itu, budidaya ayam potong akan sangat menghasilkan pendapatan yang berkali lipat dari biasanya.

Cara ternak ayam potong sangat mudah sekali dilakukan karena dalam budidaya ayam potong tersebut relatif singkat dan prosuksi dagingnya juga berkualitas rendah kolesterol dan tinggi protein. Agar dalam budidaya ayam potong mendapatkan produktivitas yang bagus dan menghasilkan hasil yang menjanjikan maka simaklah cara budidaya berikut ini.

1. Siapkan Modal

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mempersiapkan modal terlebih dahulu untuk proses membeli berbagai kebutuhan, karena modal untuk budidaya ayam potong sangat berperan penting sekali karena dengan itu siapkanlah modal yang cukup agar dalam proses pembudidayaan ayam potong tersebut berjalan dengan lancar.

2. Siapkan Bibit Ayam Potong

Siapkan Bibit Ayam Potong
Siapkan Bibit Ayam Potong


Tahap selanjutnya adalah dengan mempersiapkan bibit ayam potong dengan banyak dan bagus kualitasnya, yakni dengan mempunyai ciri bergerak lincah dan bulu yang bagus serta memiliki tubuh yang bersih. Untuk lebih bagus dalam mempersiapkan ayam potong yakni langsung membibitkan ayam yang sudah siap di pelihara yang tentunya masih kecil.

3. Siapkan Lokasi Budidaya

Siapkan Lokasi Budidaya
Siapkan Lokasi Budidaya

Untuk membudidayakan ayam potong tentunya harus menyiapkan lokasi yang bagus dan baik. Lokasi yang bagus tersebut adalah lokasi yang jauh dari pemukiman warga serta lokasi tersebut tidak berbahaya ketika hujan atau terjadi longsor, maka hap tersebut perlu diperhatikan juga.

4. Pembuatan kandang

Pembuatan Kandang
Pembuatan Kandang

Pembuatan kandang ayam potong ada dua cara yakni dengan panggung dan yang kedua tanpa panggung. Pembuatan kandang harus sedemikian rupa bagusnya agar dalam proses perkembangan ayam nantinya tetap bagus dan baik. Pembuatan kandang tersebut bisa dilakukan dengan cara menggunakan kayu dan bambu dan apabila tanpa panggung berarti banyak menggunakan bahan permanen.

5. Pembuatan Tempat Minum

Pembuatan Tempat Minum
Pembuatan Tempat Minum

Tidak kalah pentingnya jika dalam membudidayakan ayam potong harus bisa membuat tempat minum khusus untuk ayam agar tempat tersebut tidak terjadi tumpah atau yang lainnya. Pembuatan dan pemasangan tempat minum untuk ayam potong bisa dilihat dengan cara di gantung diatas tali agar ketika ayam minum tidak terjadi tumpah atau yang lainnya.

6. Penaburan ampas padi

Penburan Ampas Padi
Penburan Ampas Padi

Baca Juga :  Cara Budidaya Ikan Mas dengan hasil yang baik

Penaburan ampas padi tersebut adalah guna untuk proses penghangatan ayam potong agar tidak terjadi kedinnginan, namun alangkah pentinya agar kandang ayam tersebut tidak terjadi basah dan becek maka dilakukanlah penaburan ampas padi yang tersedia di mesin penggiling padi.

7. Pemasangan lampu

Pemasangan Lampu
Pemasangan Lampu

Pemasangan lampu tidak kalah pentingnya, karena dengan lampu biasanya ayam potong akan tetap baik dan kondisinya tetap hangat dan tentunya dalam budidaya ayam potong sangat penting sekali dilakukan pemasangan lampu agar ayam tersebut bisa hidup dengan baik.

8. Pemilihan Pakan

Pemilihan pakan ayam potong ternyata lebih penting sekali karena dengan melakukan pemilihan maka ayam potong tersebut akan baik dalam proses pertumbuhan nantinya. Pemilihan pakan ayam potong bisa menggunakan layer khusus untuk ayam potong pedaging agar dalam proses pertumbuhannya juga tidak begitu lama.

9. Perhatikan Pemberian pakan

Perhatikan Pemberian Pakan
Perhatikan Pemberian Pakan

Ketika pemilihan pakan sudah dilakukan, maka tahap selanjutnya adalah dengan melakukan pemberian pakan agar tetap diperhatikan agar ayam potong tersebut tidak terjadi kelaparan sehingga bisa mengakibatkan kematian. Perhatikan dalam memberi pakan terhadap ayam karena ditakutkan ayam yang lain tidak makan, maka harus dilakukan pengecekan dengan baik.

10. Pembersihan Kandang

Pembersihan Kotoran kandang
Pembersihan Kotoran kandang

Pembersihan kandang memang penting sekali dilakukan oleh para peternak ayam karena dengan membersihkan kandang maka akan membersihkan juga kotoran-kotoran yang ada di kandang tersebut yang akan berpotensi menjadi penyakit. Maka oleh karena itu, lakukanlah pembersihan kandang minimal 1 minggu sekali.

11. Jaga Kondisi Air

Dalam memberi minum ayam potong jagalah kondisi air yang bagus dan baik, karena dari air tersebut yang dijadikan sebagai minum maka akan berpeluang menjadi penyakit sehingga banyak ayam potong yang terkena ngorok dan yang lainnya. Maka dari itu jagalah kualitas kondisi air yang baik untuk minum ayam pedaging.

12. Pemeliharaan

Pemeliharaan
Pemeliharaan


Pemeliharaan harus dilakukan dengan baik dan mengontrol setiap hari perkembangan ayam potong tersebut dengan cara melihat apa ayam tersebut baik atau malah sebaliknya. Maka disini perlu yang namanya pemeliharaan yang baik pula agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

13. Vaksinasi

Pemberian vaksinasi terhadap ayam potong sangat penting sekali karena dengan dilakukan hal tersebut maka budidaya ayam potong akan berjalan dengan lancar dan demikian juga pemeliharaan akan baik dan tidak akan terjadi berbagai penyakit. Maka disitulah pentingnya vaksinasi terhadap ayam potong.

14. Pemberian Vitamin

Pemberian Vitamin
Pemberian Vitamin

Ayam potong memerlukan sekali vitamin yang diberikan oleh para peternak ayam karena dengan memberikan vitamin, ayam akan menjadi lebih bagus tumbuh besar dan akan jauh dari serangan penyakit bahkan dengan pemberian vitamin terhadap ayam maka akan menjaga kekebalan tubuh ayam tersebut.

15. Penjualan

Setelah ayam potong tersebut menjadi besar, maka para peternak bisa menjualnya ke para pembeli ayam dengan harga yang umum yang sudah banyak tahu di pemerintahan. Penjualan tersebut bisa dilakukan dengan sengaja atau dibiarkan di rumah saja, karena pembeli ketika sudah tahu seseorang memiliki tempat menjual ayam potong maka pembeli juga akan banyak yang mencarinya dan para peternak tidak usah susah-susah melakukan pemasaran karena pembeli juga akan datang sendirinya.

Itulah 15 cara budidaya ayam potong agar mendapatkan hasil yang berkualitas.  

Baca Juga