15 Cara Ternak Angsa Agar Cepat Berhasil
Cara ternak angsa sangatlah mudah karena tidak memerlukan cara-cara yang khusus seperti memelihara ternak yang lain, hanya saja dibutuhkan pemeliharaan yang teliti agar dalam proses ternak angsa tersebut tetap lancar. Untuk membudidayakan ternak angsa supaya cepat berhasil simaklah langkah-langkah berikut.

Kata.co.id - Angsa merupakan salah satu hewan peternakan yang banyak dibudidayakan di indonesia, banyak para peternak sengaja membudidayakan angsa tersebut untuk memperbanyak keturunan serta dijadikan sebagai peluang usaha yang dapat memberikan keuntungan yang besar bagi para peternak.

Cara budidaya ternak angsa tersebut sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk pemula, karena tidak perlu membutuhkan modal yang sangat besar, modal sedikit juga akan lancar dalam membudidayakan angsa tersebut. Kemudian Hewan ternak ini bisa menghasilkan telur ataupun juga bisa dijadikan sebagai pedaging, karena semua itu akan sama-sama menghasilkan pendapatan yang sangat besar bagi para petani angsa.

Untuk mendapatkan hasil yang sangat baik dalam membudidayakan angsa, maka anda simaklah langkah-langkah berikut ini.

1. Pemilihan Bibit

Pemilihan Bibit Angsa
Pemilihan Bibit Angsa

Bibit angsa yang akan anda jadikan sebagai ternak harus bibit angsa yang terhindar dari berbagai penyakit dan hal yang lain. Pilihlah angsa yang masih bagus dan lincah ketika mau dijadikan ternak tersebut. Pemilihan bibit angsa tersebut sangatlah penting yang harus anda lakukan agar dalam proses selanjutnya menjadi tetap baik.

2. Pembuatan Kandang

Pembuatan Kandang
Pembuatan Kandang

Kandang harus anda buat untuk tempat angsa beristirahat ataupun tidur, karena tidak lain angsa juga butuh tempat yang layak yang harus dijadikan sebagai tempat istirahatnya. Anda bisa membuat kandang tersebut dari bahan kayu ataupun bambu, karena dengan itu angsa akan lebih suka terhadap tepat yang bagus untuk dijadikan sebagai tempat istirahatnya.

3.  Pembuatan Tempat Pakan

Pembuatan Tempat Pakan
Pembuatan Tempat Pakan

Tidak boleh lupa dengan hal yang salah satu ini, untuk pembuatan tempat pakan harus anda perhatikan karena pembuatan pakan ini khusus dijadikan sebagai tempat makan angsa agar dalam sebuah kandang tidak terjadi banyak kotoran yang dapat mengganggu kehidupan angsa tersebut.

4. Pemilihan Jenis Pakan

Pemilihan Jenis Pakan
Pemilihan Jenis Pakan

Pemilihan jenis pakan angsa ini sangatlah penting untuk proses pertumbuhan yang lebih baik, pakan tersebut harus yang benar-benar baik dan memiliki gizi bagi angsa. Salah satu pakan angsa yakni tutut, bekatul beras dan yang lainnya. Pakan ini sangat bagus kualitasnya untuk perkembangan angsa menjadi lebih besar.

5. Pemeliharaan

Pemeliharaan
Pemeliharaan

Baca Juga : 11 Cara Budidaya Ikan Bawal yang baik dan cepat

Tidak terlepas dari hal ini, pemeliharaan angsa tersebut harus diperhatikan setiap hari, agar tidak kelaparan dan tidak terjangkit dengan berbagai penyakit, pemeliharaan ini harus dijaga dengan baik supaya angsa tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menyerangnya.

6. Pemberian Pakan

Pemberian Pakan
Pemberian Pakan

Angsa memerlukan makanan yang bagus dan baik, sebagai para peternak angsa jangan lupa anda memberi pakan angsa minimal 2x dalam sehari dan maksimal 3x dalam sehari agar angsa tersebut tidak kelaparan. Pemberian pakan tersebut anda beri setiap pagi siang dan sore hari.

7. Pemberian Vitamin

Pemberian Vitamin
Pemberian Vitamin

Pemberian vitamin tidak kalah pentingnya dalam membudidayakan angsa, vitamin bertujuan untuk mencegah terserangnya penyakit dan mempercepat pertumbuhan angsa agar cepat berkembang biak. Vitamin yang harus digunakan adalah vitamin khusus untuk angsa agar hewan ternak ini tetap sehat.

8. Pembuatan Tempat Berenang

Pembuatan Tempat Berenang
Pembuatan Tempat Berenang

Angsa lebih suka dengan habitat perairan yang sangat luas untuk dijadikan sebagai tempat berenang ataupun minum. Tempat yang harus anda buat bisa seperti kolam namun jangan terlalu dalam, sesuaikan saja yang secukupnya untuk ternak angsa ini.

9. Perkawinan

Perkawinan
Perkawinan

Apabila anda ingin memperbanyak keturunan angsa maka anda harus melakukan perkawinan antara betina dan jantan. Perkawinan ini khusus untuk membudidayakan angsa agar mendapatkan segala keuntungan nantinya, dan proses ini juga sangatlah penting yang harus petani perhatikan.

Proses perkawinan angsa bisa anda lakukan dengan membiarkan kedua angsa tersebut atau lebih biarkan melakukan perkawinan selama 1 minggu untuk sama tetap diam didalam satu habitatnya, dengan tujuan agar angsa tersebut bisa melakukan perkawinan dengan baik dan berhasil.

10. Pengendalian Penyakit

Pengendalian Hama dan Penyakit
Pengendalian Hama dan Penyakit

Angsa akan lebih baik hidup dalam keadaan alami baik musim kemarau atau musim hujan, namun pada musim hujan sering kali banyak hewan ternak terkena penyakit karena proses pembeharuan kondisi dan penyesuaian, hal ini perlu diperhatikan juga karena kalau tidak diperhatikan angsa tersebut bisa saja terkena penyakit, seperti cacingan ataupun yang lainnya.

11. Semangat

Sebagai para peternak, anda harus semangat dalam memulai atau melanjutkan peternakan angsa, karena semangat akan mempengaruhi kesuksesan ternak angsa, maka dari itu semangatlah dalam proses ternak angsa agar hasil yang anda dapatkan nanti menjadi berhasil.

12. Hasilkan Telur

Hasilkan Telur
Hasilkan Telur

Angsa yang telah dilakukan perkawinan dengan beberapa hari angsa akan menghasilkan telur dengan tiap hari akan telur, maka anda sebagai peternak angsa siapkanlah tempat untuk menyimpan angsa. Karena telur yang dihasilkan tersebut harus diamankan agar tidak dimakan oleh hewan liar yang ada disekitarnya.

13. Penjualan Telur

Telur yang dihasilkan bisa anda jual kepada pembeli telur karena disinilah anda akan mendapatkan penghasilan yang banyak yang bisa anda dapatkan dengan banyak.

14. Pengeraman Telur

Pengeraman Telur
Pengeraman Telur

Telur yang dihasilkan dari angsa sebagian bisa anda jadikan sebagai bahan memperbanyak keturunan angsa dan dilakukanlah pengeraman selama 2 minggu sampai satu bulan. Pengeraman ini bisa dilakukan dengan 2 cara baik pengeraman dengan angsa langsung maupun dengan cara dengan memakai lampu untuk proses pengeraman tersebut.

15. Hasilkan Keturunan

Hasilkan Keturunan
Hasilkan Keturunan

Setelah anda lakukan dengan pengeraman pada telur dengan 2 cara tersebut, maka disana anda  akan mendapatkan hasilkan keturunan anak angsa yang akan menjadi bahan sukses dalam membudidayakan ternak angsa dikemudian hari nanti.

Itulah 15 cara ternak angsa yang bisa anda lakukan dengan mudah dan sederhana agar cepat berhasil.

Baca Juga