16 Cara Budidaya Ikan Gabus Yang Tepat
Budidaya ikan gabus memang sangat mudah sekali dilakukan oleh siapa saja termasuk pemula asalkan bisa mengetahui cara-cara yang benar dan baik maka akan berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, simaklah cara budidaya ikan gabus berikut ini.

Kata.co.id - Ikan gabus merupakan ikan yang banyak tersebar di wilayah indonesia. Ikan gabus tersebut memiliki tubuh yang besar dan dapat di makan oleh manusia. Ikan gabus tersebut banyak sekali yang mencarinya karena tidak heran kalau para budidaya ikan gabus banyak yang melakukan budidaya ikan gabus tersebut.

Budidaya ikan gabus banyak dijadikan sebagai peluang usaha yang sangat menjanjikan, karena cara budidaya ikan gabus tersebut sangat mudah dan tidak sulit. Maka dari itu, para budidaya ikan berlomba-lomba dalam membdudayakan ikan gabus tersebut karena memiliki harga yang mahal sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar bagi petani.

Ada beberapa langkah untuk membudidayakan ikan gabus dengan mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Berikut langkah-langkah yang harus diperhatikan dan dilakukan.

1. Siapkan Modal

Sebelum membudidayakan ikan gabus tahap selanjutnya, sebagai petani harus bisa mempersiapkan modal yang cukup karena dengan modal dalam membudidayakan ikan gabus akan berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, siapkanlah modal yang cukup agar budidaya ikan gabus bisa dengan mudah dalam proses selanjutnya.

2. Siapkan Tempat

Sebelum membudidayakan ikan gabus sebaiknya petani harus menyiapkan terlebih dahulu tempat yang layak dan baik seperti tempat yang terhindar dari longsor dan banjir, karena dengan itu tempat yang disediakan dengan baik maka akan menjadi bagus dalam tahap budidaya ikan gabus tersebut.

3. Pemilihan Tempat Budidaya

Pemilihan Tempat Budidaya
Pemilihan Tempat Budidaya

Pemilihan tempat budidaya sangat penting sekali, karena dengan memilih tempat budidaya yang bagus maka akan baik dalam membdudayakan ikan gabus tersebut. Tempat budidaya tersebut bisa dibuat dari kolam atau dari terpal. Pembuatan dari 2 pilihan tersebut bisa dilakukan sesuai keadaan tempat tersebut. Apabila memungkinkan bagus tempatnnya maka bisa membuat kolam. Tetapi jika tidak memungkinkan maka buat saja tempat budidaya ikan gabus tersebut dari terpal.

4. Pembuatan Kolam

Pembuatan Kolam
Pembuatan Kolam

Apabila membuat kolam, maka lakukanlah pembuatan kolam yang baik dan benar, maka dari itu buatlah kolam yang berukuran sekitar 3 x 5 meter setiap kolamnya. Apabila lahan untuk membudidayakan ikan gabus luas maka buatlah kolam dengan banyak juga agar ikan gabus yang dihasilkan banyak dan melimpah.

5. Pemilihan Induk Gabus Jantan dan Betina

Pemilihan Induk Gabus Jantan dan Betina
Pemilihan Induk Gabus Jantan dan Betina

Pemilihan indukan gabus sangat penting sekali baik jantan dan betinanya, karena dengan melakukan pemilihan bibit betina dan jantan yakni untuk melakukan perkawinan dan menghasilkan banyak benis dan larva baru yang bisa dibudidayakan sampai dengan besar. Ikan gabus betina lebih pendek dari jantan dan memiliki perut besar ke bawah.

Sedangkan ikan jantan memiliki bentuk tubuh yang sangat panjang dan perutnya datar dan biasanya ikan gabus jantan lebih lincah daripada betina.

6. Proses Pemijahan

Proses Pemijahan
Proses Pemijahan

Baca Juga : 10 Cara Budidaya Udang dengan Hasil yang memuaskan

Setelah ikan jantan dan betina disiapkan maka tahap selanjutnya adalah dengan melakukan pemijahan ke kolam yang sudah disediakan. Proses pemijahan tersebut dapat dilakukan selama 1 bulan penuh sampai menghasilkan telur atau larva ikan gabus baru.

7. Pemindahan Telur

Pemindahan Telur
Pemindahan Telur

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pemindahan telur khusus ke tempat seperti kolam atau aquarium supaya larva tersebut tidak dimakan oleh induk gabus. Pemindahan telur atau larva harus dilakukan secara baik dan benar agar telur tersebut tidak rusak.

8. Merawat telur atau larva

Setelah dipindahkan maka selanjutnya adalah dengan merawat telur yang sudah dipindahkan tersebut dengan baik dan bagus agar proses pertumbuhan sampai dengan penetasan akan berjalan dengan baik.

9. Siapkan Kolam baru untuk Larva Ikan Gabus

Setelah larva sudah menetas dan besar maka tahap selanjutnya adalah dengan mempersiapkan terlebih dahulu kolam yang bagus dan baik serta air juga harus baik pula karena akan berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan gabus.

10. Pindahkan dan sebarkan benih ikan gabus

Pindahkan dan Sebarkan Benih Ikan Gabus
Pindahkan dan Sebarkan Benih Ikan Gabus

Ketika tahap sebelumnya sudah dilakukan maka tahap selanjutnya adalah dengan memindahkan larva atau benih ikan gabus ke kolam yang sudah disediakan dan sebarlah secara merata setiap kolamnya. Penyebaran tersebut harus dilakukan dengan baik dan benar agar benih ikan gabus tidak mati.

11. Pemilihan Jenis Pakan

Pemilihan Jenis Pakan
Pemilihan Jenis Pakan

Ikan gabus dalam proses pemilihan jenis pakan sangat diutamakan adalah dengan memilih jenis pakan ikan gabus yang sangat bagus. Jenis pakan untuk ikan gabus adalah dengan pelet, bekatul, dan yang lainnya. Jenis pakan yang akan diberikan terhadap ikan gabus akan sanagt berpengaruh besar terhadap pertumbuhannya.

12. Perhatikan Pemberian pakan

Perhatikan Pembeian Pakan
Perhatikan Pembeian Pakan

Untuk memberi pakan ikan gabus sebaiknya setiap hari agar proses pertumbuhan ikan gabus cepat dan baik. Lakukanlah pemberian pakan untuk ikan gabus setiap pagi atau siang hari dan lebih baiknya ikan gabus diberi makan 2x dalam sehari agar proses perkembangannya semakin cepat.

13. Pengendalian hama Penyakit

Pengendalian hama dan penyakit
Pengendalian hama dan penyakit

Proses pengendalian hama dan penyakit ternyata penting sekali, karena dengan melakukan pengendalian hama secara baik, maka ikan gabus tersebut tidak akan terserang penyakit. Pengendalian hama dan penyakit bisa mengontrol setiap hari apakah ikan gabus tersebut bagus atau tidak.

14. Pemberian Vitamin

Pemberian vitamin dalam budidaya ikan gabus sangat penting sekali karena dengan memberikan vitamin maka ikan gabus akan cepat besar serta tidak akan mudah terkena berbagai penyakit. Maka dari itu, berilah vitamin untuk ikan gabus minimal dalam setiap bulan 2 kali agar proses pertumbuhannya menjadi baik.

15. Panen

Panen
Panen

Langkah selanjutnya adalah melakukan pemanenan ikan gabus, pemanenan tersebut bisa dilakukan ketika sudah berumur 3 sampai 4 bulan dari tahap penderan sebelumnya. Panen ikan gabus harus dilakukan dengan cara yang baik agar tidak ada yang mati.

16. Penyortiran Ikan Gabus

Setelah panen dilakukan langkah yang salah satu ini sangat penting juga yakni melakukan penyortiran terlebih dahulu. Lakukanlah pemilihan ikan gabus yang besarnya saja dan yang kecilnya biarkan taruh lagi ke kolam tunggu sampai besar. Ketika panen sudah dilakukan maka siapkan untuk menjualnya ke pasaran

Itulah 16 cara budidaya ikan gabus agar mendapatkan hasil yang melimpah dan baik.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.