16 Cara Budidaya Ikan Arwana Agar Mendapatkan Hasil Yang Melimpah
Budidaya ikan arwana banyak dilakukan oleh para peternakan ikan untuk mendapatkan keuntungan yang banyak dan luar biasa, karena peminatnya banyak harganya juga mahal. Maka dari itu, untuk mendapatkan ikan arwana yang bagus maka simaklah cara berikut ini.

Kata.co.id -Ikan arwana merupakan jenis ikan yang banyak dibudidayakan di beberapa daerah di indonesia. Ikan arwana tersebut merupakan ikan hias yang banyak sekali dibudidayakan oleh para pembudidaya ikan. Banyak yang membudidayakan ikan hias untuk mendapatkan keuntungan yang banyak.

Budidaya ikan arwana tersebut banyak dijadikan sebagai peluang usaha yang sangat menjanjikan dan bagus serta sederhana. Oleh karena itu untuk menghasilkan budidaya ikan arwana banyak dan berkualitas maka simaklah cara berikut ini supaya menghasilkan hasil yang bagus dan melimpah.

1. Siapkan Modal

Sebelum melakukan budidaya ikan arwana alangkah baiknya memiliki terlebih dahulu modal yang cukup agar dalam proses selanjutnya tetap baik dan lancar. Modal akan sangat berperan penting terhadap keberhasilan yang akan dicapai dalam membudidayakan ikan arwana. Oleh karena itu siapkanlah modal yang cukup.

2. Siapkan Tempat Budidaya

Siapkan Tempat Budidaya
Siapkan Tempat Budidaya

Tempat yang harus disiapkan juga tidak kalah pentingnya lagi, tempat budidaya tersebut harus berada dengan baik dan terhindar dari berbagai bahaya seperti longsor dan banjir, karena kalau semua itu terjadi maka dalam membudidayakan ikan arwana akan terganggu. Tempat yang akan dijadikan budidaya ikan arwana tergantung bibit yang akan di budidayakan. Apabila bibit tersebut banyak maka siapkan juga tempat yang luas dan bagus.

Tempat budidaya ikan arwana bisa menggunakan alat seperti aquarium dan kolam khusus. Apabila membudidayakan ikan arwana banyak maka gunakanlah kolam agar lebih baik, namun apabila sebaliknya maka gunakanlah aquarium.

3. Pilih Jenis Ikan Arwana

Pilih Jenis Ikan Arwana
Pilih Jenis Ikan Arwana


Untuk membudidayakan ikan arwana tersebut pilihlah ikan arwana yang bagus dan terhindar dari berbagai penyakit dan hama. Ikan arwana tersebut harus dipilih dengan cara melihat tubuh ikan arwana apakah baik atau tidak.

4. Pemilihan Kualitas Air

Air yang digunakan untuk membudidayakan ikan arwana harus dengan air yang memiliki kualitas air yang sangat bagus dan jernih. Jangan menggunakan air yang berasal dari kotoran atau sungai yang ada di pertengahan perkotaan, karena air tersebut akan berpengaruh terhadap kehidupan ikan arwana tersebut.

5. Pemilihan Pakan Ikan

Pemilihan Pakan Ikan
Pemilihan Pakan Ikan

Pakan yang digunakan untuk ikan arwana bisa menggunakan pelet dan yang lainnya. Karena dengan itu biasanya ikan arwana akan cepat tumbuh besar dan baik. Pakan untuk ikan arwana harus dipilih yang bagus dan baik agar proses pertumbuhan ikan arwana menjadi cepat dan baik.

6. Pemberian Pakan Ikan

Pemberian Pakan Ikan
Pemberian Pakan Ikan

Pemberian pakan ikan sangat perlu diperhatikan sepenuhnya karena kalau tidak diperhatikan tidak akan hidup dengan baik, maka dari itu perhatikan pemberian pakan terhadap ikan arwana. Pakan harus diberikan terhadap ikan baik pagi hari atau sore hari agar dalam proses pertumbuhan nantinya menjadi baik.

7. Pemeliharaan

Pemeliharaan ikan arwana sangat diperhatikan agar tidak terserang hama dan penyakit, karena bisa saja suatu ketika akan terserang penyakit dan hama, maka dari itu peliharalah ikan arwana dengan baik dan benar agar ikan arwana tersebut menjadi besar dan bagus.

8. Pengendalian Hama dan Penyakit

Pengendalian Hama dan Penyakit
Pengendalian Hama dan Penyakit

Baca Juga :11 Cara Budidaya Ikan Bawal yang baik dan cepat

Dalam proses pengendalian hama dan penyakit memang sangat penting sekali, karena dengan itu lakukanlah pengendalian hama dan penyakit terhadap ikan arwana dengan memberikan vitamin atau obat khusus ikan yang dicampur dengan pakan ikan.

9. Siapkan Induk Yang Berkualitas

Siapkan Induk Yang Berkualitas
Siapkan Induk Yang Berkualitas

Untuk membudidayakan ikan arwana langkah selanjutnya adalah dengan menyiapkan bibit atau induk ikan yang sudah bagus untuk dijadikan sebagai induk yang akan membuat telur dengan cara pemijahan.

10. Pembuatan Tempat Untuk Berkembangbiak

Pembuatan Tempat Untuk Berkembangbiak
Pembuatan Tempat Untuk Berkembangbiak

Langkah selanjutnya adalah dengan membuat tempat untuk berkembangbiak sebagai tempat pemijahan indukan ikan arwana supaya menghasilkan telur dan keturunan yang banyak dan baik. Pembuatan tempat atau kolam tersebut harus khusus untuk proses indukan betina dan jantan.

11. Siapkan Perkembangbiakan

Ketika sudah siap tempat untuk dijadikan sebagai alat pemijahan maka langkah selanjutnya adalah masukan bibit ikan arwana antara jantan dan betina dan biarkan selama 1 bulan penuh untuk proses pemijahan.

12. Proses Perkawinan

Proses Perkawinan
Proses Perkawinan

Proses perkawinan dapat dilakukan oleh ikan ketika sudah dimasukan ke dalam kolam yang khusus untuk pemijahan, maka disanalah ikan arwana akan melakukan perkawinan dengan jantan dan betina selama 1 bulan. Ketika sudah waktu 1 bulan sudah bisa menghasilkan telur atau larva maka ikan keduanya antara jantan dan betina bisa dipisahkan atau dipindahkan ke kolam umum agar telur tersebut tidak dimakan.

13. Pemisahan Induk

Pemisahan induk tersebut agar larva yang dihasilkan dari ikan arwana betina tidak dimakan kembali atau agar tidak terganggu oleh ikan induknya. Maka hal tersebut harus dipisahkan kembali dan gabungkan dengan ikan lainnya.

14. Proses Pembesaran Benih

Proses Pembesaran Benih
Proses Pembesaran Benih

Setelah langkah sebelumnya sudah dilakukan maka hal yang berikutnya maka lakukanlah proses pembesaran ikan arwana yang sudah menetas dari larva. Proses pembesaran ikan arwana tersebut memerlukan waktu yang cukup lama dan lumayan jenuh, maka dari itu perlulah yang namanya semangat agar proses pembesaran ikan tersebut dapat diperhatikan dengan lancar.

15. Pemberian Pakan

Tidak kalah pentingnya dalam memberikan pakan terhadap ikan arwana yang masih kecil dengan tujuan agar ikan tersebut bisa tumbuh dengan baik bagus. Pemberian pakan harus dilakukan dengan baik dan menggunakan pakan yang berkualitas khusus ikan arwana.

16. Panen dan Penjualan

Panen dan Penjualan
Panen dan Penjualan

Tahap selanjutnya ketika sudah lama dibiarkan di kolam dan akhirnya besar maka hal yang perlu diperhatikan adalah dengan melakukan pemanenan ikan arwana dengan melakukan pemilihan yang besarnya saja dan yang masih kecil maka biarkan saja sampai dengan besar.

Itulah 16 cara budidaya ikan arwana dengan mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja termasuk pemula.

Baca Juga