9 Cara Budidaya Ternak Burung Puyuh agar Sukses
Cara Budidaya ternak Burung Puyuh agar mengasilkan kualitas telur yang baik dan berkualitas dan menjadikan sebagai sarana pendapatan dalam kehidupan yang modern. Daripada anda penasaran dengan cara berternak Burung Puyuh agar sukses maka simaklah dengan baik-baik.

Kata.co.id - Burung Puyuh adalah salah satu burung yang dipelihara serta dijadikan sebagai ternak diberbagai negara bahkan di Indonesia juga tidak kalah menariknya lagi banyak yang membudidayakan burung puyuh untuk dijadikan sebagai sumber penghasilan yang sangat tinggi. Bahkan tidak sedikit di Indonesia yang membudidayakan burung puyuh tersebut untuk dijadikan hewan peliharaan yang hasilnya adalah telur.

Cara sukses ternak burung puyuh terkadang sulit untuk dilakukan oleh semua orang, ada yang sukses dan ada juga yang gagal bahkan ada yang rugi sama sekali karena tidak tahu tata cara bagaimana melakukan budidaya tersebut agar menjadi sukses dan berkembang pesat. Ternak burung puyuh karena salah cara yang dilakukan pasti akan membuat anda menjadi rugi, maka dari itu simaklah Cara Budidaya Ternak Burung Puyuh Agar sukses.

Inilah Cara Budidaya Ternak Burung Puyuh agar Sukses.

1.Persiapkan sarana dan prasananya

kandang puyuh
Persiapkan sarana dan prasana

Dalam membudidayakan burung puyuh mesti perlu modal, tempat, kandang yang cukup, kalau mau hasilnya berkualitas dan bagus. Mau tidak mau untuk memulai budidaya burung puyuh tersebut harus mengeluarkan modal terlebih dahulu.

2.Pemilihan Lokasi Budidaya

lokasi kandang puyuh
Pemilihan lokasi budidaya


Pemilihan lokasi budidaya ternak adalah hal yang sangat penting dilakukan oleh siapa saja, karena salah membangun lokasi maka peluang sukses anda dalam pembudidayaan Burung Puyuh ini akan gagal. Maka dari itu coba dari sekarang coba anda buat lokasi untuk berternak Burung puyuh dengan lokasi yang strategis. Tempat yang strategis untuk dijadikan sebagai lokasi budidaya ini meliputi.

  • Bersih dari udara yang kotor agar budidaya ternak burung puyuh itu terhindar dari berbagai serangan penyakit.
  • Jauh dari pemukiman umum, karena kenapa harus jauh dari pemukiman umum ? karena tujuannya agar burung puyuh ini bisa berinovasi pada tempat yang jarang penduduk agar hidupnya tidak terganggu.
  • Lokasi yang strategis seperti jauh dari bahaya longsor dan sebagainya.

3. Pembuatan Kandang puyuh

kandang puyuh
pembuatan kandang puyuh

Selain pemilihan lokasi anda juga harus berpikir dalam hal pembuatan kandang puyuh agar menjadi lebih baik dalam proses pembudidayaan tersebut. Ada beberapa kandang yang harus di buat serta diperhatikan sebelum anda membudidayakan burung puyuh.

  • Pertama anda harus buat kandang burung puyuh khusus untuk yang bertelur, hal tersebut sangat harus diperhatikan agar burung puyuh yang lain tidak ikut campur dalam hal bertelur.
  • Selanjutnya anda harus buat kandang puyuh khusus untuk pembibitan baru lagi, agar semua burung puyuh tersebut tidak ikut campur aduk yang bisa menimbulkan burung tersebut stress.
  • Terakhir anda harus buat kandang burung puyuh khusus untuk yang masih berumur 2 minggu ke bawah.

Maka coba anda dari sekarang sebelum membudidayakan burung puyuh, anda buat terlebih dahulu kandang-kandang tersebut agar terlihat rapi dan baik untuk kehidupan burung puyuh.

4. Pemilihan Bibit Puyuh

bibit puyuh
Pemilihan bibit puyuh

Hal yang satu ini adalah hal yang paling utama dilakukan sebelum membudidayakan burung puyuh, karena burung puyuh ini banyak jenisnya. Sehingga anda sebagai peternak harus tahu terlebih dahulu jenis burung puyuh apa yang bagus untuk dijadikan sebagai bahan ternak. Coba anda pilih jenis puyuh betina yang produksi telurnya baik dan berkualitas agar dalam pembibitan tersebut tidak ada yang jeleknya.

Hal yang selanjutnya adalah dengan memilih burung puyuh jantan yang berkualitas juga agar dalam perkawinan tersebut menjadi saling melengkapi dan menghasilkan telur yang berkualitas.

5. Pemberian Pakan Makanan

pakan makanan puyuh
Memberi pakan makanan

Pemberian pakan makanan ini adalah hal yang sangat penting juga karena selain bibitnya juga, makanan yang diberi ke burung puyuh tersebut harus dijaga dengan baik dan jangan asal-asalan kalau mau dalam membudidayakan ternak burung puyuh menjadi sukses dan berkembang.

Memberi pakan burung puyuh sebaiknya jangan seperti manusia makan 3 kali sehari, namun burung puyuh harus diberi pakan 1 sampai 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari.

Pakan burung puyuh biasanya diberi dengan pellet atau layer khusus burung puyuh serta harus disedikan tempat untuk minumnya agar dalam perkembangbiakannya menjadi lebih baik danteratur.

6. Bersihkan Lingkungan sekitar/Burung Mati

lingkungan
Bersihkan lingkungan sekitar

Pembersihan kotoran yang ada disekitar kandang burung puyuh adalah hal yang sangat penting juga karena kalau tidak dibersihkan akan mudah terjangkit penyakit. Agar budidaya puyuh tersebut terhindar dari berbagai penyakit maka bersihkanlah kotorannya juga.

7. Penerangan kandang Puyuh

lampu kandang puyuh
Penerangan kandang puyuh

Penerangan ini memang sangat dianjurkan juga agar suhu di dalam kandang pada malam hari tetap hangat dan tidak dingin dan biasanya puyuh pada malam hari suka untuk di jadikan sebagai penghangat suhu tubuhnya.

8. Kontrol penyakit

penyakit puyuh
Kontrol penyakit/pencegahan

Terkadang yang salah satu ini adalah hal yang jarang dilakukan oleh para peternak burung puyuh yang hasilnya akan berdampak buruk jika dalam pengontrolan penyakit diabaikan. Dalam segala pembibitan hewan, burung dan yang lainnya pasti akan terkena penyakit. Nah burung puyuh ini juga tidak bisa dipungkiri akan terkena berbagai penyakit, maka sebagai para pembudidaya burung puyuh harus kontrol minimal 2 minggu sekali agar burung puyuh tersebut tidak terjangkit penyakit yang membahayakan.

9. Masa Panen

Masa panen ini adalah masa dimana burung puyuh sudah bisa bertelur, dan tujuan budidaya burung puyuh ini juga adalah hasilnya telur yang kaya akan protein dan nutrisinya. Bahkan ketika burung puyuh sudah bisa menghasilkan telur maka masa panen telur juga akan setiap hari,asalkan peternak bisa memberi makan sesuai aturan yang dianjurkan yaitu 1 sampai 2 kali sehari.

Itulah 9 cara budidaya burung puyuh yang baik dan sukses untuk dijadikan sebagai pedoman dalam peternakan burung puyuh telur.

Loading...

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.