8 Cara Budidaya Ikan Cupang yang Hasilnya menjanjikan
Cara budidaya ikan cupang dengan hasil yang menjanjikan perlu dilakukan oleh para budidaya ikan cupang dengan cara-cara tertentu yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Cara mendapatkan penghasilan dari budidaya ikan cupang tersebut memang susah tetapi jika dilakukan dengan cara dibawah ini akan terasa mudah sekali.

Kata.co.id- Cara budidaya ikan cupang adalah salah satu cara yang dilakukan oleh para pecinta ikan hias, ikan cupang tersebut mempunyai banyak penggemar baik dari dalam negeri maupun di luar negeri. Seiring banyak permintaan dari pasar ikan cupang tersebut bisa dijadikan sebagai bahan bisnis dan peluang usaha yang lumayan baik. Bisnis dalam membudidayakan ikan cupang adalah sesuatu hal yang sangat menjanjikan untuk usaha yang dapat menjadikan sukses.

Untuk membudidayakan ikan cupang ternyata tidaklah susah dan tidak rumit seperti budidaya yang lainnya. Hanya sebagai pembudidaya ikan hias ini perlu keterampilan yang baik, mau mencoba dan pastinya ada niat untuk memulainya. Daripada anda penasaran  8 cara budidaya ikan cupang maka simaklah di bawah ini.

1. Modal Usaha

modal cupang
Modal Usaha

Dimana-mana sebelum memulai budidaya diperlukan modal yang cukup agar usaha yang akan ditekuni tersebut menjadi lancar dan tidak ada hambatan. Modal usaha tersebut bisa dikatakan tidak terlalu besar hanya saja kemauan yang tinggi pasti semuanya tercapai, modal usaha ini tidak hanya uang saja melainkan tempat, aquarium dan lain-lain.

2. Lokasi Budidaya

tempat budidaya cupang
Lokasi Budidaya

Lokasi budidaya sangatlah penting bagi yang mau menjadi peternak ikan cupang, coba pilih tempat yang dekat dengan keramaian orang dan disana juga dekat dengan pasar pastinya lokasi dalam perkembangbiakan juga akan berjalan dengan harapan yang anda inginkan.

Selain lokasi yang dekat dengan keramaian, pilih juga tempat yang strategis dan terhindar dari berbagai marabahaya. Sehingga anda jangan sampai salah pilih lokasi untuk memulai budidaya tersebut.

3. Pilih Induk Yang berkualitas

ikan cupang
Pilih induk yang berkualitas

Memilih induk yang berkualitas sangatlah penting supaya dalam perkembangbiakan nanti keturunanya juga tetap baik dan jauh dari masalah atau berbagai penyakit. Induk yang berkualitas adalah induk yang tidak cacat dan tidak ada masalah lain di dalam tubuhnya. Dan pastikan sebelum anda membeli induk yang bagus usahakan lihat terlebih dahulu prilakunya saat di air apakah bagus atau jelek.

Untuk memilih induk baik jantan atau betinanya usahakan agar besar tubuhnya sama dan tidaka ada satu kecil satu besar mungkin tidak akan sesuai kalau seperti itu saja.

Perlu diperhatikan juga masalah umur ikan cupang untuk pembibitan tersebut harus sudah masuk waktunya sebagai bahan pemibitan, umur ikan cupang yang sudah bagus untuk dijadikan sebagai induknya baik itu jantan atau betinanya sampai umur 6 bulan. Pembudidayaan ikan cupang tersebut memerlukan umur dengan tujuan agar si induknya dapat menjaga burayak/telur yang sudah dibuat oleh ikan tersebut.

Perbedaan ikan cupang betina yaki dengan memiliki perut besar namun buncit ke bawah., sedangkan ikan cupang yang jantan memiliki badan yang ramping tidak seperti cupang yang betinanya. Alangkah baiknya anda ketahui terlebih dahulu

Ciri ikan cupang:

  • Ikan Cupang  betina adalah warnanya yang tidak terlalu cerah
  • Ikan cupang jantan gerakannya lebih lincah dibandingkan ikan cupang betina
  • Ikan cupang jantan warnanya lebih cerah dibandingkan betinanya
  • Tubuh ikan cupang lebih besar dan rata dibandingkan betina yang buncit ke bawah. 

4. Tempat budidaya

tempat cupang
Tempat Budidaya

Tempat budidaya ikan cupang tersebut alangkah pentingnya juga dalam proses budidaya karena salah tempat salah juga hasilnya. Maka dari itu anda sebagai para peternak yang cerdas gunakanlah tempat baik dengan plastik, terpal atapun dengan akuarium yang dari kaca asalkan tempatnya cukup buat perkembangbiakan.

Jangan anda gunakan alat lain selain tempat yang bagus menurut di atas. Maka untuk itu harus bisa memilih tempat yang sangat cocok untuk perkembangbiakan karena hal ini adalah hal yang harus dieprhatikan sekali, jangan sampai membuat salah tempat yang jelek.

5. Buat media untuk pijah

Tempat pijah
media pijah

Sebagai sarana untuk menyimpan telur di air alangkah baiknya anda gunakan media lain dengan tujuan telur yang dihasilkan berada diam di bahan tersebut. Salah satu media yang paling pas dan cocok adalah dari serabut ijuk yang ada di pohon aren. Itu adalah media yang sangat cocok dan terbukti berhasil dalam menyimpan telur supaya aman dan baik.

Kedua induk atau lebih yang sengaja di khususkan untuk proses perkawinan maka jangka waktu yang dibutuhkan selama 2 sampai 3 minggu, setelah itu induknya kembali dipisahkan agar proses pembelahan telur menjadi burayak tidak terganggu dan tidak dimakan kembali oleh induknya.

Karena tidak menutup kemungkinan induknya juga akan memakan kembali telur yang sudah dihasilkan, untuk menjaga hal ini terjadi maka induk ikan tersebut dipisahkan kembali ke tempat biasa mereka dilepaskan.

6. Pilih air yang baik

Pilih air yang berkualitas
Pilih air yang berkualitas

Memilih air yang baik adalah salah satu cara yang bagus dilakukan, pilihlah kualitas air yang murni dan terhindar dari bahan obat dan tidak terhindar dari zat-zat pabrik yang dapat menimbulkan kematian pada ikan cupang baik anaknya maupun pada induknya.

7. Proses Pemijahan

Proses pemijahan dilakukan dengan cara induk betina dan induk jantan dipisahkan terlebih dahulu setelah proses perkawinan dilakukan, dengan tujuan induk betina bisa membuat sarang sendiri di media pijah tersebut dan bertelur pada media pijah tersebut. Hal yang salah satu ini adalah cara yang harus dilakukan juga agar menghasilkan hasil yang sangat memuaskan bagi pecinta ikan hias.

8. Proses pengembangan/Pembesaran

Proses pembesaran
Proses pembesaran

Proses pengembangan adalah dimana ikan cupang betina sudah lama bertelur dan mulai menetas di dalam kolam pembibitan maka pisahkan induk betinanya dari anak-anaknya dan biarkan mereka hidup bebas sampai anak cupang tersebut menjadi besar dan jangan lupa beri makanan khusus agat cepat besar dan siap untuk dijual nantinya.

Itulah 8 cara budidaya ikan cupang dengan hasil yang menjanjikan dan memuaskan.

Baca Juga