13 Cara Ternak Kelinci, yang Baik dan Sukses
Menjadi seorang peternak kelinci adalah hal yang sangat bangga karena bisa saja mudah dan bisa saja susah. Semua hal tersebut kembali lagi pada diri kita bagaimana menyikapi hal tersebut agar menjadi peternak kelinci yang berhasil. Apabila ingin berhasil menjadi peternak kelinci maka simaklah cara yang baik dalam peternakan kelinci.

Kata.co.id - Kelinci adalah salah satu hewan yang banyak dipelihara oleh banyak orang, karena dengan keindahan serta kelucuannya banyak yang ingin memelihara kelinci. Tidak sedikit para peternak kelinci yang sengaja membudidayakan kelinci tersebut sebagai usaha sampingan yang sangat terjamin dengan kesuksesan tersebut.

Kelinci merupakan hewan yang lucu akan kelakuannya, sehingga tidak asing lagi diluar negeri juga kelinci banyak dibudidayakan oleh banyak orang. Tetapi tidak kalah saing juga banyak di indonesia sebagaian orang sengaja membudidayakan hewan keleinci tersebut untuk dijadikan sebagai bahan usaha kecil dan menengah. Bila anda penasaran dengan budidaya kelinci ini dengan cara hemat dan hasilnya akan sukses.

13 Cara Budidaya Kelinci yang mudah dan ringan

1. Pemilihan Tempat Ternak

tempat ternak
Pemilihan tempat ternak

Pemilihan tempat budidaya ternak adalah hal yang sangat penting dilakukan oleh siapa saja, karena salah membangun lokasi maka peluang sukses anda dalam pembudidayaan Kelinci ini akan gagal. Maka dari itu, sebagai para ternak kelinci coba dari sekarang anda buat tempat untuk berternak kelinci dengan lokasi yang strategisdan baik. Tempat yang baik dan strategis untuk dijadikan sebagai lokasi budidaya ini meliputi.

  • Dekat dengan Sumber Air, Apabila dekat dengan sumber air maka dalam proses pembersihan tempat dan untuk minum juga akan begitu mudah.
  • Jauh dari tempat kediaman, karena dengan jauh dari tempat kita mereka akan nyaman dan tidak akan terganggu.
  • Lokasi Jauh dari keramaian, apabila jauh dari keramaian maka kelinci juga akan merasa tenang, coba saja kalau sebaliknya pasti akan merasa stres apabila dekat dengan keramaian.
  • Tempat jauh dari yang berbahaya, tempat ini harus bisa jauh dari predator yang dapat mengancam keselamatan budidaya kelinci tersebut.
  • Bebas dari Asap dan yang lainnya, supaya sistem pernapasan kelinci juga akan terjaga kesehatannya.

2. Modal

modal
Modal

Modal memang sangat diperlukan, karena tanpa modal juga berusaha budidaya kelinci tidak akan berjalan dengan lancar. Maka dari sekarang anda coba mempersiapkan modal terlebih dahulu agar ke depannya menjadi lancar, modal tidak hanya uang saja memiliki kelinci 1 ekor saja itu adalah modal.

3. Persiapkan kandang

kandang
kandang kelinci

Persiapan kandang adalah salah satu hal yang tak kalah pentingnya juga, karena kandang yang dibuatnya jelek apa boleh buat kelinci akan nyaman. Maka sobat sebagai peternak keleinci alangkah baiknya membuat kandang yang layak serta di dalamnya disiapkan tempat khusus seperti tempat pakan, tempat minum dan yang lainnya. Kenapa hal tersebut harus disiapkan ? karena kalau tidak disiapkan maka akan membuat masalah ke depannya.

Pembuatan kandang alangkah baiknya untuk kelenci dewasa, kelenci yang masih anak, kelenci khusus pembibitan. Jika anda sudah membuat kandang seperti itu maka anda hanya memikirkan yang lainnya.

4. Pemilihan Bibit Kelinci

bibit
Bibit Kelinci

Pemilihan bibit kelinci adalah salah satu hal yang sangat perlu di perhatikan, karena jenis kelinci tersebut banyak maka dari itu anda mencari informasi disekitar anda kelinci apa saja yang mau anda jadikan ternak. Sebagian besar pembudidaya kelinci adalah untuk menghasilkan pedaging. Maka jangan salah pilih kelinci yang jelek. Pilihlah dari sekarang bibit kelinci yang sangat bagus dan berkualitas agar hasilnya bagus juga.

5. Perawatan kelinci

Perawatan
Perawatan kelinci

Masalah perawatan ternak memang sangat penting, ya kalau tidak dipelihara dan tidak dirawat mau bagaimana sukses dan berkembang pesat, maka dari itu sebagai para peternak kelinci alangkah baiknya setiap hari merawat ternak tersebut.

6. Memberi makan

Memberi Makanan
Memberi Makanan kelinci

Memberi makanan pada kelinci adalah hal yang sangat penting juga karena dengan memberi makanan tiap hari pasti kelinci akan berkembang cepat, maka dari itu jangan lupa beri pakan ternak kelinci sesuai aturan. Dianjurkan memberi pakan kelinci setiap hari 2 kali sehari antara pagi dan sore hari.

7. Sanitasi

Sanitasi kelinci
Sanitasi /Tempat kering

Lingkungan juga harus diusahakan terhindar dari yang basah karena ternak kelinci akan merasa terganggu dengan tempat yang seperti itu maka dari sekarang coba buat kandang kelinci tersebut dengan kering.

8. Perawatan kandang

kandang
Perawatan kandang

Sesuai hal yang sebelumnya anda juga harus merawat kandang kelinci, karena kalau tidak dirawat bila jatuh, itu masalah juga bagi anda sebagai para peternak. Maka dari itu rawatlah kandang tersebut dan buang kotoran disekitarnya agar terhindar dari penyakit.

9. Jenis Makan

Jenis makanan
Jenis makanan kelinci

Jenis makanan tersebut akan sangat berpengaruh bagi kehidupan kelinci, banyak jenis makanan buat kelinci seperti Rumput, Sayuran dan yang lainnya. Alangkah baiknya dalam pemberian makan kelinci tiap hari bisa berbeda misal pagi dengan sayuran dan sore hari dengan rumput, maka itu akan sangat bagus.

10.Pemberian Obat

obat kelinci
Pemberian obat

Kelinci juga membutuhkan obat, seperti halnya hewan yang lain. Mereka butuh vitamin atau obat anti penyakit maka sebagai para peternak dianjurkan untuk pemberian obat minimal 1 bulan sekali.

11. Pengontrolan penyakit

pengontrolan
Kontrol penyakit

Kelinci sebenarnya hewan yang tidak berbeda dari domba, kelinci juga membutuhkan pengontrolan khusus agar terhindar dari berbagai penyakit. Pengontrolan penyakit ini sebaiknya dilakukan 1 bulan sekali agar tidak terjangkit penyakit. Karena kalau tidak di kontrol oleh dokter hewan, apabila sudah terserang penyakit maka masalahnya akan menjadi repot banget, maka dari sekarang alangkah baiknya memulai pencegahannya.

12. Proses Perkawinan

kawin
proses perkawinan

Dalam proses perkawinan adalah salah satu cara yang sangat bagus dan tujuan utama dalam pembudidayaan hewan ternak ini menjadi lebih banyak dan menjadi modal utama dalam membangun usaha pembudidayaan kelinci tersebut.

13.Proses kelahiran

Proses kelahiran
Proses kelahiran

Proses kelahiran kelinci harus dipisahkan dari kelinci yang lainnya agar, tidak terganggu dari yang lainnya. Karena kalau anda satukan semua satu kandang pasti akan terinjak-injak dari yang lainnya. Maka dari itu proses kelahirannya juga harus dilihat dan di jaga dari gangguan yang lainnya.

Itulah 13 Cara Budidaya Ternak Kelinci yang baik dan benar.

Baca Juga