17 Cara Menanam Leunca dengan Baik
Cara menanam Leunca merupakan bagian dari pekerjaan yang lumayan susah, karena perlu perhatian khusus dalam budidaya Leunca tersebut agar bisa menghasilkan buah yang sangat bagus dan berkualitas. Maka sebagai para petani leunca simaklah langkah-langkah dalam menanam Leunca.

Kata.co.id - Budidaya Leunca adalah salah satu pekerjaan yang sangat bagus dan mudah juga, tetapi dalam menanam Leunca harus memiliki keterampilan khusus agar tidak menghasilkan leunca yang jelek.

Cara menanam Leunca ini harus memiliki kemauan serta pengalaman juga diperlukan, karena untuk menanam Leunca perlu teknik-teknik tertentu, dengan tujuan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan. Menanam Leunca adalah salah satu pekerjaan yang sangat bagus karena dengan harga yang lumayan mahal peminatnya juga sangat banyak, maka dari itu pekerjaan dalam menanam Leunca tersebut adalah hal yang sangat menjanjikan bagi siapa saja yang mencobanya. Tetapi jika anda ingin mendapatkan hasil yang sangat menjanjikan dan baik dalam menanam Leunca maka simaklah cara-cara tersebut agar mendapatkan hasil yang bagus.

1. Modal

Dalam menanam leunca perlu modal baik sedikit atau modal banyak, karena kalau tidak memiliki modal tidaka akn berjalan dengan lancar. Maka bagi para petani leunca sebelum anda membudidayakan Leunca tersebut siapkan juga modalnhya.

2. Pemilihan Bibit

Pemilihan Bibit
Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit leunca adalah hal yang utama karena bibit harus jauh dari berbagai masalah baik terkena hama atau bibitnya kurang bagus, maka dari itu pilihlah bibit yang berkualitas dan bagus.

3. Lahan/Lokasi

Lokasi
Lokasi

Dalam menanam leunca tentunya harus bisa menyiapkan lahan yang cukup dan baik, Dalam mempersiapkan lahan harus dengan lahan yang berkualitas dan bagus untuk dijadikan lahan tempat menanam Leunca.

Lahan yang bagus untuk dijadikan sebagai tempat menanam Leunca adalah yang memiliki tempat yang subur dan memiliki tanah yang gembur serta tanahnya juga terlihat masih hitam atau terlihat merah kekuningan, itu tandanya masih banyak sekali mineral yang yang ada dalam kandungan tanahnya.

4. Pembuatan Tempat Penyemaian

Tempat penyemaian
Tempat penyemaian

Pembuatan penyemaian tersebut bisa anda lakukan dengan membuat bedengan penyemaian yang khusus dan bagus, anda bisa gunakan sedikit pupuk organik kandang yang bagus untuk proses penyemaian.

5. Pengelohan Lahan

Pengolahan Lahan
Pengolahan Lahan

Proses pengolahan lahan tanah adalah hal utama yang dilakukan oleh para petani untuk menanam Leunca. Tanah yang sudah siap untuk ditanam maka harus  dicangkul terlebih dahulu agar dalam proses penanaman mudah dan baik

6. Penyemaian Benih Leunca

Dalam penyemaian benih terong alangkah baiknya anda taburkan ke tempat yang sudah dibuat dan taburkan secara merata dan jangan lupa benih Leunca tersebut ditutupi dengan tanah yang secukupnya dan jangan terlalu tebal.

7. Pembuatan Bedengan

Bedengan Leunca
Bedengan Leunca

Setelah anda melakukan pengolahan lahan maka anda buat bedengan agar terlihat rapi dan mudah dalam proses selanjutnya , tetapi jangan lupa agar membuat lubang untuk menanam Leunca tersebut setelah anda buat bedengan.

8. Pemilihan/Penaburan Pupuk Organik

Pemilihan pupuk organik
Pemilihan pupuk organik

Penaburan pupuk organik anda bisa lakukan setelah anda buat lubang tersebut, maka ketika sudah membuat lubang maka tabur pupuk organik secukupnya sesuai aturan para petani yang sudah memiliki pengalaman. Pupuk organik tersebut bisa anda gunakan kotoran domba atau kotoran ayam yang sudah bagus.

9. Penaburan Pupuk Kimia

Setelah anda masukan pupuk organik maka anda masukan juga pupuk kimia seperti  Mutiara, Poska dan pupuk lainnya, namun jangan terlalu banyak tetapi taburkan secukupnya agar tidak berpotensi buruk dan mati pada proses penanaman Leunca nanti.

Setelah anda tabur pupuk kimia tersebut, campur dengan bantuan alat untuk diaduk rata dengan pupuk organik dan tanah. Biarkan pupuk kimia dan organik tersebut tercampur merata selama 2 sampai 4 hari.

10. Cara Menam Leunca

Menanam Leunca
Menanam Leunca

Baca Juga : 17 Cara Menanam Terong Apel yang Benar

Setelah anda biarkan 4 hari pupuk tersebut merata dengan tanah, maka anda siap untuk menanam bibit Leunca yang sudah disemai tersebut dan alngkah baiknya anda tanam bibit Leunca umur 1 bulan atau lebih, karena dalam perkembangan nantinya akan menjadi lebih baik dan akan tumbuh dengan baik dan hijau.

11. Pemeliharaan Leunca

Pemeliharaan
Pemeliharaan

Pemeliharaan Leunca dapat anda lakukan setelah anda menanam Leunca ke lahan yang sudah anda buat, pemeliharaan adalah cara dimana anda mengecek setiap hari perkembangan Leunca tersebut. Pemeliharaan tersebut bisa anda lakukan dengan berbagai cara seperti penyemprotan atau yang lainnya.

12. Penyiangan Tanaman Leunca

Penyiangan
Penyiangan

Penyiangan anda lakukan dengan cara membersihkan rumput yang ada disekitar Leunca, karena rumput tersebut dapat mengganggu pertumbuhan Leunca, maka dalam penyiangan tersebut harus diperhatikan juga dan bisa anda lakukan 2 minggu sekali dalam penyiangan.

13. Penyemprotan

Penyemprotan
Penyemprotan

Penyemprotan adalah dimana anda lakukan untuk mencegah atau membasmi hama yang ada ditanaman Leunca tersebut. Penyemprotan juga harus sesuai dosis yang dianjurkan oleh para pembuat obat-obatan yang sudah tertera di dalam kemasan. Dalam penyemprotan harus anda lakukan 1 atau 2 minggu sekali agar pertumbuhan terong tersebut tidak terserang berbagai penyakit.

14. Pemberian Pupuk Ulang

Pemberian Pupuk Ulang
Pemberian Pupuk Ulang

Pemberian pupuk ulang ini dilakukan dalam umur 10 hari setelah ditanam ke lahan, maka anda bisa lakukan dengan pemberian pupuk ulang lagi baik pupuk untuk batang, daun dan buah, tetapi labih baiknya juga pupuk tersebut lengkap digunakan, namun dengan dosis yang sesuai.

Namun perlu diperhatikan dalam proses pemupukan jangan terlalu banyak karena Leunca sangat berbeda dari yang lain, kelebihan pupuk atau kelebihan obat penyubur maka akan layu dan mati, maka berilah secukupnya.

15. Penyiraman

Penyiraman
Penyiraman

Penyiraman perlu dilakukan dikala anda menanam Leunca dimusim kemarau, maka anda coba menyiram dengan sesuai kebutuhan misal pagi dan sore hari.

16. Panen Leunca

Panen
Panen

Panen Leunca dilakukan dengan cara yang berbeda dari panen yang lainnya. Ketika buahnya sudah cukup besar dan masih kelihatan muda, maka anda bisa lakukan panen ketika sudah cukup besar.

17. Pemasaran

Pemasaran
Pemasaran

Leunca bisa anda pasarkan dimana saja, bisa anda lakukan dengan menjual dipasaran atau perorangan, bahkan anda juga bisa menjualnya ke para bandar Leunca khusus agar lebih mudah dalam proses penjuanya.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.