15 Cara Menanam Labu Siam Yang Benar
Cara menanam labu siam ternyata gampang sekali dan bisa dilakukan oleh siapa saja, tetapi dengan cara yang biasa akan menghasilkan hasil yang kurang menjanjikan. Tetapi jika menggunakan cara-cara tertentu maka akan mendapatkan hasil yang melimpah, maka simaklah cara menanam labu siam agar mendapatkan hasil yang melimpah.

Menanam labu siam merupakan pekerjaan yang sangat bagus karena angka permintaan labu siam ini sangat tinggi dari pasaran. Labu siam ini banyak dibudidayakan diberbagai daerah di tanah air, sehingga banyak perbedaan penyebutan namanya, kalau di daerah garut selatan itu penyebutannya adalah labu cina, karena berwarnanya yang hijau itu memberikan ciri khas sebutan terhadap tiap-tiap daerah.

Cara Menanam labu siam ini ternyata sangat mudah sekali dan bisa dilakukan oleh siapa saja tentunya harus dengan keinginan yang bagus, maka akan dilakukan. Budidaya labu siam ini sangatlah mudah dan bagus untuk dijadikan sebagai peluang usaha yang sangat menjanjikan karena bisa menghasilkan labu siam yang banyak.

Para petani labu siam terkadang hal tersebut sering kali dirasakan ada yang berhasil ada yang tidak, itu semua karena hal dan cara yang berbeda dilakukan oleh para petani. Maka dari itulah simak cara-cara budidaya labu siam yang mendapatkan hasil yang sangat melimpah dan bisa anda lakukan dengan tradisional.

1.Siapkan Bibit

Siapkan Bibit
Siapkan Bibit

Untuk memulai budidaya labu siam ternyata harus dimulai dengan persiapan bibit, pilihlah bibit labu siam yang bagus dan tidak terkena oleh penyakit, biasanya labu siam ini banyak bibitnya sehingga anda sebagai para petani berpintar-pintarlah dalam memilih bibit labu siam yang bagus supaya dalam membudidayakannya mendapatkan hasil yang bagus dan melimpah.

2. Siapkan Lokasi

Siapkan Lahan
Siapkan Lahan

Persiapan lokasi untuk membudidayakan labu siam ini sangatlah penting sekali, karena jangan asal tanam labu siam dimana saja karena hasilnya akan kurang baik dan tidak bagus, maka dari itu sebelum anda menanam labu siam tersebut siapkan terlebih dahulu lokasi yang bagus dan strategis agar dalam pertumbuhan tersebut cepat berkembang dengan maksimal dan baik.

3. Siapkan Bambu

Siapkan bambu
Siapkan bambu

Dalam menanam labu siam ternyata diperlukan bambu, yakni untuk membuat jaring diatas agar buah labu siam tersebut menjadi tergantung ke bawah dan mudah ketika anda atau para petani labu siam memanen labu siam tersebut.  Anda bisa membuat jaring tersebut tidak terlalu kecil namun besar juga bisa. Tujuan dalam memakai bambu tersebut agar labu siam ini tidak mudah busuk dan mudah besar, maka jika anda belum memakai penunjang bambu tersebut maka gunakanlah dari sekarang dan patut di coba.

4. Pengolahan lahan

Pengolahan Lahan
Pengolahan Lahan

Lahan yang disiapkan harus di olah terlebih dahulu agar terlihat rapih dan bagus untuk ditanami buah labu siam tersebut. Pengolahan lahan tersebut bisa anda lakukan dengan cara membersihkan semak-semak agar hilang dari lahan tersebut dan bagus untuk dijadikan sebagai tempat menanam labu siam.

5. Pemilihan Pupuk Kandang

Pemilihan Pupuk Kandang
Pemilihan Pupuk Kandang

Baca Juga : 18 Cara Menanam Tomat Dengan Tepat

Pemilihan pupuk kandang tersebut sangat penting sekali, karena labu siam tersebut sangat bagus ketika di pupuk dengan pupuk kandang, bahkan tumbuhnya juga akan sangat bagus dan hijau, maka perlu anda lakukan cara tersebut agar mendapatkan hasil yang sangat bagus bagi pertumbuhan labu siam nanti. Pupuk kandang tersebut bisa gunakan pupuk kotoran domba, kotoran ayam dan yang lainnya.

6. Pemilihan Pupuk Kimia

Pemilihan Pupuk Kimia
Pemilihan Pupuk Kimia

Pupuk kimia juga sangat penting  untuk proses mempercepat pertumbuhan labu siam tersebut, namun pupuk kimia ini akan memiliki jangka waktu yang cepat habis ketika di berikan ke tanaman labu siam, namun ketika anda gunakan pupuk kandang maka akan lama habisnya, maka bagus sekali untuk proses pertumbuhan labu siam.

7. Buat Jaring Dari Bambu

Jaring Bambu
Jaring Bambu

Pembuatan jaring tersebut harus sesuai dengan ukuran yang akan ditanam oleh tanaman labu siam, apabila tanaman labu siam banyak maka anda buat jaring dari bambu tersebut dengan luas juga agar dalam perayapan labu siam nanti lebih baik dan bagus.

8. Penanaman

Penanaman
Penanaman

Penanaman labu siam ini berbeda sekali dengan tanaman lainnya dan hampir tidak ada, karena penanaman labu siam ini diperlukan keterampilan khusus dalam modifikasi menanamnya, jarak yang bisa digunakan untuk menanam labu siam sekitar 1 meter tiap benih labu siam, tetapi jika lebih dekat juga tidak akan apa-apa, maka bisa anda lakukan semau anda juga, tetapi jangan terlalu banyak.

9. Perawatan

Perawatan
Perawatan

Perawatan labu siam juga ternyata lebih diutamakan agar buah yang dihasilkan banyak dan bagus, yaitu harus memetik kumisnya yang bisa membuat nempel ke tempat lain. Dan tidak hanya itu saja perawatan juga harus dalam dan luar, karena hama bisa saja menyerang labu siam.

10. Penyemprotan

Penyemprotan
Penyemprotan

Penyemprotan ini bisa anda lakukan 1 bulan sekali atau 1 bulan dua kali, karena dalam membudidayakan labu siam ini perlu perawatan dan pemeliharaan yang bagus juga agar buah labu siam tersebut tetap baik dan berkualitas.

11. Penyiraman

Penyiraman
Penyiraman

Jika musim panas maka sebaiknya anda melakukan penyiraman terhadap labu siam tersebut, karena labu siam ini butuh juga penyiraman dalam musim kemarau, agar lebih baik terhadap tumbuhan labu siam tersebut ketika menyiram maka campur air tersebut dengan obat penyubur maka akan berpengaruh baik jika anda melakukan hal tersebut.

12. Sabar

Sabar mungkin saja dibutuhkan, karena dalam membudidayakan labu siam ini perlu waktu yang agak lama dan cukup menyita waktu, tetapi jika satu kali sudah berbuah maka akan terus menghasilkan buah lagi.

13. Pemupukan Ulang

Pemupukan ulang bisa anda lakukan baik dengan pupuk kandang maupun pupuk kimia, maka hal tersebut akan bagus juga dikala dilakukan oleh para petani labu siam. Namun jangan terlalu dekat ketika memupuk labu siam karena akan berakibat buruk jika itu terjadi.

14. Panen

Panen
Panen

Ketika panen labu siam seharusnya anda pilih buah yang sudah besar saja dan buah yang masih kecil biarkan menjadi besar. Buah labu siam ini bisa anda panen ketika buah sudah cukup, maka anda bisa memanen buah labu dengan semangat.

15. Pemasaran

Pemasaran
Pemasaran

Proses pemasaran bisa anda lakukan dengan menjualnya ke pasar atau ke mana saja, tetapi anda juga bisa menjualnya khusus ke para bandar yang mencari labu siam tersebut. Dalam proses pemasaran tersebut adalah langkah terakhir dalam membudidayakan labu siam ini dan akan menghasilkan baik atau buruknya keuntungan yang akan didapatkan oleh para petani labu siam tersebut.    

Baca Juga