16 Cara Budidaya Sawo Agar Cepat Berbuah
Budidaya sawo merupakan salah satu pekerjaan petani yang sangat bagus untuk dijadikan salah satu pekerjaan dan peluang usaha yang sangat bagus, karena budidaya sawo tersebut sangatlah mudah dan juga harganya tetap stabil. Oleh karena itu, simaklah cara budidaya sawo berikut ini.

Kata.co.id - Buah sawo merupakan salah satu buah yang banyak terkenal diasia tenggara, buah yang jenis memiliki rasa yang sangat manis dan berbentuk lonjong seperti buah melon namun buah sawo masih kecil dari melon. Buah sawo ini banyak sekali jenisnya karena dengan persebaran yang begitu banyak sehingga bentuk dari buahnya juga berbeda ada yang bulat dan lonjong.

Budidaya sawo sangat bagus dijadikan sebagai peluang usaha yang sangat baik dan menjanjikan. Tidak menutup kemungkinan para petani sawo sukses dan banyak mendapatkan penghasilan yang sangat luar biasa. Maka tidak salah pekerjaan ini bisa dijadikan pekerjaan utama, karena harga sawo juga tetap normal sehiggga anda sebagai para petani sawo akan berpeluang berhasil.

Cara budidaya sawo ini bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk pemula bisa membudidayakan sawo tersebut dengan cara melakukan langkah-langkah berikut.

1. Syarat Tumbuh

Syarat Tumbuh
Syarat Tumbuh

Tanaman sawo bisa saja tumbuh di berbagai tempat apapun, namun yang membedakan akan menghasilkan buah bagus apa tidak berbuah. Maka sebelum anda menanam sawo alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu syarat tumbuh bagi tanaman sawo.

  • Tanaman sawo dapat tumbuh dengan baik dalam daerah dataran rendah sampai menengah, dengan kisaran ketinggian 10 hingga 900 m dpl.
  • Sawo akan sangat bagus dalam curah hujan 1.200 hingga 2.500 mm/tahun.
  • Tanaman sawo bagus tumbuh dalam daerah yang memiliki area panas seperti di daerah pesisir.
  • Sawo dapat hidup di daerah berpasir dan lempung.
  • Kualitas tanah bagus memiliki Ph 6 sampai 7.

2. Persiapkan Modal

Langkah selanjutnya adalah dengan memulai mempersiapkan modal secukupnya, agar dalam proses selanjutnya bisa menjadi bagus dan lancar. Sebelum menanam sawo modal sering kali menjadi tahap pertama untuk melakukan pembudidayaan, karena modal bisa dipakai untuk membeli bibit, obat, pupuk dan yang lainnya.

3. Persiapkan Bibit Sawo

Persiapkan Bibit Sawo
Persiapkan Bibit Sawo

Untuk memilih bibit sawo alangkah baiknya anda mencari benih sawo yang sudah teruji kualitas buahnya bagus apa tidaknya. Jangan sampai memilih bibit sawo tersebut salah. Bibit sawo yang bagus adalah bibit yang tidak terkena penyakit, memiliki buah yang manis, besar, selalu berbuah.

4. Cara Pembibitan

Cara Pembibitan
Cara Pembibitan

Cara pembibitan sawo bisa dilakukan dengan cara mencangkok tangkainya yang sudah bagus, karena sawo yang dijadikan sebagai budidaya kebanyakan hasil cangkok, karena bisa mendapatkan buah secara cepat.

5. Siapkan Lahan

Siapkan Lahan
Siapkan Lahan

Untuk menanam sawo tidak terlepas dari persiapan lahan yang harus disediakan oleh para petani kebun sawo. Lahan yang harus disiapkan tersebut harus terhindar dari berbagai ancaman longsor dan banjir. Lahan yang bagus digunakan adalah lahan yang luas datar seperti di area dekat dengan pantai jayanti.

6. Pengolahan Lahan

Pengolahan Lahan
Pengolahan Lahan

Sebelum anda menanam sawo alangkah baiknya anda melakukan pengolahan terlebih dahulu seperti membersihkan area rumput liar serta pepohonan yang dapat mengganggu pertumbuhan biah sawo. Pengolahan lahan tersebut bisa memakai alat seperti cangkul atau pekakas lainnya.

7. Pembuatan Lubang

Pembuatan Lubang
Pembuatan Lubang

Setelah anda mengolah lahan maka anda harus bisa membuat lubang yang digunakan untuk menanam bibit sawo yang sudah di cangkok tersebut. Ukuran lubang yang harus dibuat adalah 50 x 50 x 50 cm. Dan jarak antara lubang dengan lubang sekitar 2 sampai 3 meter, agar setelah pohon sawo besar tidak terlalu rimbun.

8. Penaburan pupuk Kandang

Penaburan Pupuk Kandang
Penaburan Pupuk Kandang

Tahap selanjutnya adalah dengan menabur terlebih dahulu pupuk kandang organik yang kualitas super dan kemudian diaduk dengan merata dengan tanah dan biarkan selang beberapa hari sebelum bibit sawo tersebut di tanam.

9. Penanaman

Penanaman
Penanaman

Baca Juga: 16 Cara Budidaya Buah Nangka Agar Mendapatkan Hasil Melimpah

Ketika sudah siap untuk ditanam maka anda tanamlah bibit sawo yang sudah di cangkok tersebut sesuai kebutuhan banyaknya lahan yang harus di tanami. Bibit sawo tersebut masukan kedalam lubang dan timbunlah akarnya sampai semua selesai dan lebih baik jangan terlalu dijejal tanah untuk penimbunannya supaya akar sawo tidak terganggu.

10. Pembuatan Saluran Air

Dalam proses selanjutnya anda harus bisa membuat saluran pembuangan air supaya air yang turun dari hujan atau mata air tidak menggenangi pohon sawo. Saluran air tersebut dapat berguna sekali ketika terjadi musim hujan tiba.

11. Penyiraman

Penyiraman
Penyiraman


Lakukanlah penyiraman jika pohon sawo tersebut masih kecil dan kemarau tiba agar tidak mati. Penyiraman tersebut bisa dilakukan pagi hari atau sore hari, tetapi ketika musim hujan tiba anda tidak perlu menyiram sawo.

12. Pemilihan Pupuk

Pemilihan Pupuk
Pemilihan Pupuk

Pemilihan pupuk sangat penting sekali karena pupuk yang digunakan akan berpengaruh besar terhadap proses pembuahan nantinya. Pupuk yang bagus untuk tanaman sawo yakni dengan pupuk mutiara khusus sawo karena akan berpotensi bagus terhadap buah yang akan dihasilkan.

13. Pemupukan

Pemupukan
Pemupukan

Pemupukan bisa anda lakukan dengan cara menabur pupuk yang sudah dicampur dengan pupuk lainnya. Penaburan pupuk tersebut harus sekeliling pohon sawo agar semuanya merata dan bagus. Jangan menabur pupuk dekat sekali dengan pohon sawo karena akan berdampak buruk terhadap pohon atau buahnya. Maka taburlah dengan jarak yang secukupnya agar bagus hasil nantinya.

14. Penyemprotan

Penyemprotan bisa dilakukan baik untuk proses pertumbuhan maupun proses pembasmi hama. Penyemprotan tersebut bisa dilakukan ketika tanaman sawo kurang bagus dan terserang hama, maka anda harus bisa melakukan penyemprotan sesuai dosis yang ada di kemasan obat yang digunakan.

15. Penyiangan

Penyiangan
Penyiangan

Langkah berikutnya adalah penyiangan, langkah ini sangat penting sekali yang harus dilakukan agar sawo tersebut terhindar dari berbagai penyakit ataupun hama yang akan menyerang buah sawo. Maka dari itu agar mendapatkan hasil yang bagus lakukanlah penyiangan yang teratur.

16. Panen

Panen
Panen

Proses pemanenan buah sawo memang sangat dinanti-nantikan oleh para petani agar segera mendapatkan keuntungan, panen tersebut bisa dilakukan apabila buah sawo telah tua dan siap untuk di panen dan dilakukanlah pematangan dengan berbagai cara yang semua orang pasti mengetahuinya. Ada cara pematangan dengan cara disimpan di tempat khusus dan memakai bahan seperti karbit maka akan menjadi matang.

Itulah 16 cara budidaya sawo yang mudah dan bisa dilakukan dengan oleh siapa saja.

Baca Juga