15 Cara Budidaya Salak Agar Cepat Berbuah
Cara budidaya salak sangatlah bagus dijadikan sebagai peluang usaha yang sangat menjanjikan, karena budidaya salak tersebut bisa mendapatkan keuntungan yang sangat banyak bagi para petani. Ada beberapa cara budidaya salak agar cepat berbuah yang perlu anda ketahui diantaranya.

Kata.co.id - Salak merupakan buah asli indonesia yang banyak dibudidayakan diberbagai daerah di tanah air, membudidayakan salak salak bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang sangat menjanjikan, karena dengan caranya yang mudah serta tidak susah menunggu salak tersebut berbuah.

Cara budidaya salak tersebut sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk pemula bisa membudidayakannya. Petani banyak yang sukses dari budidaya salak tersebut, sehingga tidak salah kalau budidaya salak bisa dijadikan sebagai pekerjaan tetap dan bagus untuk dikerjakan.

Ada beberapa cara yang harus diperhatikan dalam budidaya salak agar cepat berbuah lebat dan berkualitas diantaranya.

1. Modal

Modal dalam memulai budidaya salak sangatlah diperlukan untuk mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan, seperti untuk membeli bibit, pengolahan lahan dan sebagainya, maka dari itu sebagai para petani salak baik pemula ataupun yang sudah lama, maka modal pertama itu sangatlah penting untuk menunjang kesuksesan budidaya salak nantinya.

2. Syarat Tumbuh

Syarat Tumbuh
Syarat Tumbuh

Tahap kedua sebelum anda menanam salak alangkah baiknya mengetahui tempat serta bagaimana iklim yang bagus untuk budidaya salak tersebut, maka silahkan anda perhatikan dibawah ini.

  • Salak bagus tumbuh di dataran rendah dan sedang dengan ketinggian antara 50-800 meter diatas permukaan laut (dpl),
  • Lahan yang akan ditanami pohon salak yankni dengan memiliki ph antara 4-8
  • Salak bagus dalam keadaan suhu atau iklim yang normal seperti di indonesia dengan memiliki suhu antara 20-30 derajat C.

3. Pemilihan Bibit

Pemilihan Bibit
Pemilihan Bibit

Tahap selanjutnya yang perlu anda ketahui ternyata pemilihan bibit salak akan sangat berpengaruh besar terhadap panen yang akan didapatkan, maka dari itu pilihlah bibit salak yang memiliki buah kualitas super dan terhindar dari penyakit tentunya sudah menghasilkan buah salak yang besar dan sudah teruji.

4. Persiapan lahan

Persiapan Lahan
Persiapan Lahan

Dalam budidaya salak ternyata persiapan lahan sangat penting sekali, karena untuk lahan salak harus tempat yang terhindar dari genangan air, maka anda harus coba buat dan siapkan lahan yang jauh dai sumber mata air langsung, karena akan membuat salak menjadi jelek atau kurang baik. Lahan yang harus dipersiapkan oleh anda adalah dengan membersihkan rumput yang akan mengganggu pertumbuhan salak.

5. Pengolahan Lahan

Pegolahan Lahan
Pegolahan Lahan

Pengolahan lahan harus diperhatikan juga agar dalam proses penanaman nantinya menjadi mudah dan baik, salah satu cara pengolahan lahan yang bagus dan baik adalah membuang segala kotoran yang ada di lahan yang sudah disiapkan serta membersihkan bebatuan yang ada disekitarnya. Pengolahan lahan tersebut bisa menggunakan cangkul atau alat sejenisnya lagi.

6. Penaburan Pupuk Organik

Penaburan Pupuk Organik
Penaburan Pupuk Organik

Baca Juga : 16 Cara Budidaya Buah Mangga yang Tepat

Penaburan pupuk organik sangatlah penting sekali yang harus diperhatikan agar salak yang akan ditanam tersebut mudah berkembang dan bagus dalam pertumbuhannya. Pupuk organik yang harus disediakan adalah pupuk organik yang memiliki kualitas bagus seperti kotoran domba, kotoran ayam dan jerami dan juga kotoran yang lainnya.

7. Penanaman Bibit Salak

Penanaman Bibit Salak
Penanaman Bibit Salak

Penanaman bibit salak adalah awal dari budidaya salak yang anda lakukan, maka ketika anda melakukan penanaman salak harus dilakukan dengan tepat dan bagus agar hasil nantinya tetap bagus dan berkualitas. Tanam salak sesuai aturan yang biasa petani lakukan dengan memasukan benih salak ke lubang yang telah dibuat kemudian anda tabur dengan tanah dan injak secukuonya agar tidak roboh.

8. Penyiraman

Penyiraman
Penyiraman

Yang perlu anda lakukan dalam pembudidayaan salak adalah dengan melakukan penyiraman, sejak masih kecil salak harus diberi air dan di siram agar cepat tumbuh, karena hal yang perlu dilakukan oleh anda adalah penyiraman dilakukan pada saat kemarau dan dilakukan pagi dan sore hari. Tetapi kalau musim penghujan maka anda tidak perlu melakukan penyiraman.

9. Pemupukan

Penyulaman
Penyulaman

Pemupukan tidak kalah pentingnya karena dengan melakukan pemupukan harus dilakukan dengan cara yang sesuai aturan yang sudah terkena di dalam kemasan, baik yang anda gunakan pupuk kimia, pupuk cairan ataupun puk kandang, karena dalam pembudidayaan dan melakukan pemupukan tersebut berbeda-beda namun yang perlu anda ketahui gunakanlah pupuk berkualitas untuk buah.

10. Penyulaman

Penyulaman
Penyulaman

Penyulaman dilakukan ketika masih kecil, penyulaman dilakukan ketika banyak benih salak yang mati maka anda harus lakukan penyulaman yang benar-benar agar nantinya sama-sama berbuah.

11. Penyiangan

Penyiangan
Penyiangan

Penyiangan salak ternyata lebih penting sekali agar buah salak nantinya tidak dimakan oleh hama yang memangsanya, oleh karena itu lakukanlah penyiangan yang bagus dan membersihkan tanaman yang tidak berguna dan merugikan tanaman salak.

12. Pemangkasan

Pemangkasan
Pemangkasan

Tahap pemangkasan juga perlu dilakukan ketika banyak batang salak yang sudah banyak dan tua, maka anda harus melakukan dengan pemangkasan agar salak tersebut tidak terganggu oleh batang salak yang tua dan bisa berdampak baik terhadap pembuahan salak ketika dilakukan pemangkasan.

13. Penyerbukan

Yang perlu anda ketahui adalah melakukan penyerbukan, yang dimana kembang salak yang sudah muncul disetiap masing-masing tangkai maka anda harus lakukan dengan cara penyerbukan seperti penyerbukan padi oleh angin, maka salak juga harus dilakukan penyerbukan oleh anda sebagai petani salak, agar buah yang dihasilkan tersebut berkualitas dan melimpah.

14. Pembungkusan Buah

Pembungkusan Buah
Pembungkusan Buah

Pembungkusan salak tak kalah pentingnya, karena bisa saja sesekali buah salak akan dimangsa oleh hewan apa saja, maka dari itu lakukanlah pembungkusan buah salak tersebut dengan kain atau apa saja yang penting bisa menutupinya salkan jangan plastik.

15. Pemanenan

Pemanenan
Pemanenan Salak

Langkah terakhir adalah pemanenan salak, salak yang siap untuk dipanen adalah salak yang sudah tua dan matang, pemanenan salak bisa dilakukan dengan secepat mungkin, cukup memanen dengan cara pakai pisau atau alat khusus pemanenan salak. Setelah anda melakukan pemanenan salak maka anda lakukanlah pemasaran keberbagai daerah.

Itulah 15 cara budidaya salak dengan mudah agar mendapatkan hasil yang melimpah.

Baca Juga