16 Cara Budidaya Srikaya Agar Cepat Berhasil
Cara budidaya srikaya merupakan salah satu pekerjaan yang sangat bagus dan menjanjikan, karena angka peminatnya sangat banyak. Maka dari itu pekerjaan budidaya srikaya bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang baik. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil yang melimpah simaklah cara berikut ini.

Kata.co.id - Srikaya merupakan jenis tanaman yang sangat banyak dibutuhkan oleh semua orang karena banyak memiliki khasiat yang sangat banyak dari mulai akar sampai daun, buah sangat berguna sekali untuk mengobati berbagai penyakit tubuh. Maka tidak heran kalau banyak para petani sengaja membudidayakan tanaman jenis ini untuk menjadikan sebagai sumber pendapatan yang sangat tinggi.

Budidaya srikaya ternyata sangat mudah sekali dan tidak berbeda dengan menanam sirsak. Budidaya srikaya tersebut banyak yang dijadikan sebagai peluang usaha yang sangat bagus dan menjanjikan, karena harganya yang mahal membuat para petani memiliki banyak keuntungan yang besar.

Cara menanam srikaya tentunya sangat banyak di internet, namun disini akan dibahas langkah demi langkah sampai dengan melakukan pemanenan, terutama untuk mendapatkan buah srikaya yang banyak dan melimpah.

Cara Menanam Srikaya agar mendapatkan hasil melimpah diantaranya.

1. Persyatan Pertumbuhan

Persyaratan Pertumbuhan
Persyaratan Pertumbuhan

Sebelum melakukan penanaman srikaya alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu persyaratan tumbuh buah srikaya baik di dalam daerah seperti apa. Maka disini anda harus mengetahui lebih jelasnya.

  • Tanaman Srikaya bagus tumbuh dalam dataran 800 meter dpl.
  • Tanaman Srikaya tersebut dapat tumbuh dalam tanah yang berpasir dan lempung.
  • Tanaman Srikaya bagus tumbuh dalam tanah yang memiliki pH 5-7.
  • Tanaman srikaya bagus tumbuh dalam suhu 20-30 derajat Celcius.
  • Tanaman Srikaya bagus tumbuh dengan curah hujan antara 500-1.000 mm/tahun.

Itulah syarat pertumbuhan tanaman srikaya yang perlu diperhatikan agar tidak salah tempat untuk dijadikan sebagai tempat budidaya tanaman srikaya.

2. Persiapkan Modal

Tahap selanjutnya jika persyaratan pertumbuhan bagus, maka anda sebagai petani bisa langsung mempersiapkan modal untuk menanamnya. Modal tersebut bisa dijadikan untuk membeli berbagai bahan dan peralatan yang akan digunakan untuk menanam srikaya, salah satunya untuk membeli pupuk, obat dan yang lainnya.

3. Persiapkan Bibit

Persiapkan Bibit
Persiapkan Bibit

Langkah selanjutnya adalah dengan mempersiapkan bibit yang akan di tanam tersebut terhindar dari penyakit dan terhindar dari hama. Bibit tersebut bisa petani siapkan dan dapatkan dari penjual atau dengan stek, cangkok dan dari biji.

4. Persiapkan Lahan

Persiapkan Lahan
Persiapkan Lahan

Setelah anda siapkan cara sebelumnya, maka anda siapkan lahan yang akan dijadikan sebagai tempat menanam srikaya. Lahan yang akan dijadikan tempat menanam srikaya tersebut harus sesuai dengan persyaratan pertumbuhan agar menghasilkan hasil yang melimpah dan berkualitas.

5. Pengolahan Lahan

Pengolahan lahan
Pengolahan lahan

Setelah anda lakukan persiapan lahan maka hal selanjutnya adalah dengan mengolah lahan yang akan dijadikan sebagai tempat menanam srikaya. Pengolahan lahan bisa dilakukan dengan membersihkan berbagai rumput liar yang ada di lahan yang akan digunakan serta membersihkan bebatuan yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman srikaya.

6. Pembuatan Saluran Air

Pembuatan Saluran Air
Pembuatan Saluran Air

Ketika tahap sebelumnya sudah selesai, maka anda buat bedengan dan saluran air. Yakni dengan tujuan agar air yang turun dari hujan mengalir ke bawah dan tidak terjadi genangan yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman srikaya.

7. Pembuatan Lubangan

Tahap selanjutnya adalah dengan membuat lubangan yang cukup untuk tempat menanam srikaya tersebut. Pembuatan lubangan bisa dilakukan dengan cangkul atau alat yang lainnya. Lubangan tersebut bisa dibuat dengan ukuran 40 x 40 x 40 cm.

8. Penaburan Pupuk Organik

Penaburan Pupuk Organik
Penaburan Pupuk Organik

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan penaburan pupuk organik ke dalam lubangan yang sudah dibuat dengan ukuran seperti itu. Kemudian aduk sampai dengan merata dengan tanah dan biarkan pupuk organik tersebut sampai 2 hari agar racun dan hama tersebut menghindar.

9. Penanaman

Penanaman
Penanaman

Baca Juga : 16 Cara Budidaya Buah Mangga yang Tepat

Penanaman srikaya sangat dianjurkan dengan baik agar tidak terjadi perusakan ketika sudah di tanam. Penanaman tersebut harus sesuai dengan aturan dengan memasukan akar ke dalam tanah dan kemudian di timbun dengan tanah, namun jangan terlalu padat agar pertumbuhan akar tidak terganggu.

10. Penyiraman

Penyiraman
Penyiraman


Setelah anda menanam srikaya maka anda harus menyiramnya langsung agar tanaman srikaya tidak layu dan tidak mati ketika kepanasan. Penyiraman selanjutnya bisa dilakukan dengan cara menyiram pagi atau sore hari dengan tujuan agar cepat dalam proses pertumbuhan nanti.

11. Pemilihan Pupuk Kimia

Tahap selanjutnya dalam membudidayakan srikaya yakni harus melakukan pemilihan pupuk kimia yang bagus untuk tanaman srikaya, tentunya harus bagus juga untuk buah yang akan dihasilkan nanti. Pupuk tersebut bisa dari pupuk mutiara, npk, urea, ponska.

12. Pemupukan

Pemupukan
Pemupukan

Lakukanlah tahap selanjutnya dengan pemupukan yang baik dan benar. Cara pemupukan yang baik dan benar itu dengan menabur pupuk disekeliling tanaman srikaya dengan merata kemudian timbun dengan mulsa seperti jerami ataupun tanah, agar pupuk tersebut tidak mengalir ketika hujan lebat.

13. Penyiangan

Penyiangan
Penyiangan

Penyiangan dalam membudidayakan srikaya ternyata tidak kalah pentingnya juga, penyiangan tersebut bisa dilakukan dengan cara berkala dengan tujuan agar tanaman srikaya tersebut terhindar dari penyakit dan hama yang dapat menyerang pertumbuhan tanaman srikaya.

14. Pengendalian Hama dan penyakit

Pengendalian Hama dan Penyakit
Pengendalian Hama dan Penyakit

Pengendalian hama dan penyakit harus dilakukan cara pengontrolan tiap hari atau seminggu 2x agar tanaman srikaya terhindar dari penyakit. Langkah yang bisa dilakukan juga dengan melakukan penyemprotan hama untuk memberantas segala penyakit yang akan menyerang srikaya.

15. Pemangkasan

Pemangkasan
Pemangkasan

Langkah selanjutnya adalah melakukan pemangkasan terhadap tanaman srikaya, dengan tujuan agar tanaman srikaya tidak tumbuh tinggi dan membuat tanaman srikaya agar berbuah lebat. Pemangkasan tersebut harus dilakukan dengan baik dan benar serta memangkas dahan yang tidak diperlukan saja.

16 Panen

Panen
Panen


Langkah terakhir dalam proses pembudidayaan adalah dengan memanen buah srikaya yang sudah tua dan besar. Panen buah srikaya ternyata tidak serentak matang semuanya, namun matang secara individu, maka petani harus memanennya secara bertahap.

Itulah 16 cara budidaya buah srikaya yang mudah untuk dilakukan dan bisa mendapatkan hasil yang melimpah.

Baca Juga