16 Cara Budidaya Pisang Dengan Benar dan Tepat
Budidaya pisang merupakan salah satu pekerjaan yang sangat bagus untuk mendapatkan penghasilan yang sangat bagus dan melimpah karena untuk membudidayakan pisang caranya juga sangat mudah dan efesian. Berikut cara budidaya pisang agar mendapatkan hasil yang melimpah.

Kata.co.id -Pisang merupakan salah satu jenis buah yang banyak tumbuh di indonesia dengan banyak penyebarannya di berbagai di daerah. Buah pisang banyak ditemukan dipasaran baik pasaran modern atau pasar sederhana, pisang sangat banyak dijumpai karena yang membudidayakan pisang tersebut sangat banyak.

Cara budidaya pisang tersebut bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk pemula dan banyak para petani yang membudidayakan pisang tersebut untuk mendapatkan penghasilan yang melimpah. Pisang tidak hanya satu jenis saja, bahkan banyak sekali jenis nama pisang sehingga bentuk buah pisang dan rasanya juga berebda. Tetapi dalam proses membudidayakan pisang tersebut sama, namun pisang yang dijadikan budidaya bisa berbeda sekali.

Untuk mendapatkan hasil yang baik dan melimpah dari budidaya pisang maka simaklah cara berikut ini yang perlu dilakukan agar mendapatkan hasil yang bagus dan melimpah.

1. Persyaratan Tumbuh

Persyaratan tumbuh pisang memang harus diperhatikan juga karena tidak sedikit yang membudidayakan pisang ada yang berhasil dan ada yang gagal. Hal tersebut karena tidak mengetahui persyaratan pertumbuhan pisang. Berikut persyaratan pertumbuhan pisang yang perlu diketahui.

  • Tanaman pisang dapat tumbuh di berbagai jenis tanah karena tanaman pisang mudah sekali di budidayakan.
  • Tanaman pisang dapat tumbuh sampai ketinggian 2000 m dpl.
  • Tanaman pisang bagus tumbuh dalam suhu 21-29 Derajat Celcius.
  • Tanaman pisang bagus tumbuh dalam curah hujan yang sedang dengan kemarau 4 bulan dalam setiap tahunnya.
  • Tanaman pisang bagus tumbuh dalam iklim yang lembab dan pH tanah 4-7.

2. Persiapan Modal

Tahap selanjutnya adalah dengan dengan mempersiapkan modal yang cukup dan tepat. Tidak menutup kemungkinan dalam budidaya modal tidak memerlukan modal sama sekali. Tetapi kenyataan tersebut modal memang diperlukan sekali dalam membudidayakan pisang untuk biaya proses selanjutnya.

3. Persiapan lahan

Persiapan lahan
Persiapan lahan

Persiapan lahan mungkin sangat diperhatikan karena dengan itu, lahan yang harus disiapkan harus yang benar baik dan terhindar dari longsor dan banjir agar dalam proses pemanenan nantinya dapat berjalan dengan lancar dan seperti apa yang di inginkan. Apabila ingin mendapatkan hasil buah pisang yang banyak dan melimpah maka siapkan juga lahan yang luas.

4. Pemilihan Bibit

Pemilihan Bibit
Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit pisang memang sangat berpengaruh besar terhadap hasil yang akan di dapatkan, bibit pisang tersebut banyak sekali jenisnya sehingga hal tersebut kembali lagi kepada petaninya pisang apa yang mereka mau di tanam. Dalam pemilihan bibit pisang harus benar-benar terhindar dari penyakit dan hama agar dalam proses penanaman nantinya berjalan dengan baik dan lancar.

5. Pengolahan Lahan

Pengolahan lahan yang sudah disiapkan memang sangat perlu sekali dilakukan supaya bibit yang di tanam tersebut tidak terkena hama dan penyakit. Pengolahan lahan bisa dilakukan dengan membersihkan rerumputan sekitar sampai dengan bersih serta bebatuan yang dapat mengganggu pertumbuhan pisang nantinya.

6. Pembuatan Lubang

Pembuatan Lubang
Pembuatan Lubang

Tahap selanjutnya adalah dengan pembuatan lubang ketika lahan sudah dilakukan pengolahan terlebih dahulu. Pembuatan lubang untuk menanam bibit pisang harus berkukuran minimal 80 x 80 x 80 cm atau bisa juga lebih dari ukuran tersebut.

Jarak untuk setiap lubang minimal 2-3 meter agar dalam proses pertumbuhan baik dan bagus.

7. Penaburan Pupuk Kandang

Penaburan Pupuk Kandang
Penaburan Pupuk Kandang

Baca Juga : 17 Cara Budidaya Kakao dengan Mudah Agar Mendapatkan hasil Melimpah

Setelah melakukan pembuatan lubang, maka tahap selanjutnya adalah dengan melakukan penaburan terlebih dahulu pupuk kandang yang sudah dipili salah satunya jerami atau kotoran domba agar lebih cepat dalam proses pertumbuhan nantinya.

8. Pilih Waktu Tepat menanam Pisang

Agar dalam proses pertumbuhan pisang normal dan bagus alangkah baiknya menanam pisang dilakukan pada awal musim hujan agar dalam proses pertumbuhan pisang tersebut lebih optimal dan bagus.

9. Cara Menanam

Cara Menanam
Cara Menanam

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan penanaman pisang dengan memasukan pisang ke dalam lubang yang sudah dibuat dan timbun dengan tanah sampai dengan padat agar ketika hujan turun tanaman pisang tersebut tidak roboh.

10. Penyiraman atau pengairan

Penyiraman tau Pengairan
Penyiraman tau Pengairan

Penyiraman juga tidak kalah pentinya apabila melakukan penanaman pada musim kemarau, maka lakukanlah peniraman yang baik dan tepat dan dapat dilakukan pagi atau sore hari secara berkala.

11. Pemupukan Ulang

Pemupukan ulang tidak kalah pentingnya dilakukan, untuk mendapatkan buah yang bagus dan berkualitas maka lakukanlah pemupukan ulang dengan dilakukan secara berkala agar buah yang dihasilkan besar dan bagus. Pemupukan ulang tersebut bisa menggunakan pupuk kandang atau pupuk buatan, tetapi lebih baiknya di campur sedikit pupuk kandang dengan pupuk kimia dan taburkanlah secara merata.

12. Penyiangan

Penyiangan
Penyiangan


Penyiangan harus dilakukan agar tanaman pisang tidak terkena hama dan penyakit dan mati. Penyiangan tersebut dapat dilakukan secara berkala agar pertumbuhan pisang tersebut bagus dan baik maka lakukanlah penyiangan dengan bagus dan baik.

13. Pemangkasan

Pemangkasan
Pemangkasan

Pemangkasan pisang memang sangat dianjurkan untuk membersihkan daun yang sudah tua dan kemudian pangkas menggunakan alat bantuan seperti pisau atau lainnya.

14. Penjarangan

Penjarangan
Penjarangan

Penjarangan pisang memang sangat penting sekali, apabila anak pisang yang ada di bawah banyak sekali maka seharunya dilakukan penjarangan dengan membuangnya atau memindahkan lagi ke lahan yang masih kosong agar pisang tersebut menghasilkan buah yang bagus dan berkualitas.

15. Pengendalian hama dan Penyakit

Pengendalian hama dan penyakit memang sangat penting sekali dilakukan oleh petani agar pisang tersebut terhindar dari penyakit dan hama.

16. Pemanenan

Pemanenan
Pemanenan

Pemanenan pisang dapat dilakukan apabila sudah berbuah dan buahnya sudah tua dan matang, maka siap untuk di panen. Pemanenan tersebut harus dilakukan dengan benar agar pisang yang masih muda dibiarkan saja dan hanya yang tuanya saja dipanen dan di jual ke para bandar pisang untuk mendapatkan penghasilan yang sudah ditunggu-tunggu sebelumnya.

Itulah 16 cara budidaya pisang dengan mudah agar mendapatkan hasil yang bagus dan melimpah.

Baca Juga