15 Cara Budidaya Pala Agar Berbuah Lebat dan Bagus
Cara budidaya pala banyak dilakukan oleh petani indonesia untuk mendapatkan penghasilan yang berlipat dari menanam pala tersebut, bahkan petani banyak yang sengaja menjadikan budidaya pala sebagai peluang usaha yang sangat menjanjikan. Berikut cara budidaya pala agar mendapatkan hasil yang melimpah.

Kata.co.id -Pala adalah sejenis tumbuhan yang menghasilkan buah seperti tumbuhan lengkeng, tetapi pala tersebut memiliki keunggulan yang sangat khusus dan lebih dari yang lain. Bahkan pala tersebut termasuk rempah-rempah yang mahal di dunia sehingga budidaya pala tersebut berpeluang mendapatkan hasil yang banyak.

Pala adalah tumbuhan asli indonesia yang banyak tumbuh di berbagai wilayah di indonesia, salah satu tempat yang paling banyak tumbuh pala yakni adalah maluku, kepulauan banda. Karena pala tersebut sudah terkenal dari zaman penjajahan dahulu yang saat itu penjajah secara paksa harus menanam rempah-rempah salah satunya pala, cengkeh, dan lada. Buah pala tersebut bisa digunakan untuk bahan masakan dan obat lainnya, sehingga pala tersebut populer sampai benua Eropa.

Cara budidaya pala sangat berpeluang besar untuk ditanam di daearah indonesia karena harganya yang mahal maka akan mendapatkan penghasilan yang berlipat. Oleh karena itu, simaklah cara budidaya pala berikut ini dengan baik agar mendapatkan hasil panen yang melimpah.

1. Siapkan Bibit Pala

Siapkan Bibit Pala
Siapkan Bibit Pala

Untuk menanam pala, maka tahap awal adalah dengan mempersiapkan terlebih dahulu bibit pala yang akan di jadikan sebagai benihnya. Bibit pala yang bagus harus terhindar dari penyakit dan sudah teruji kualitas induk buahnya. Maka pemilihan bibit pala tersebut sangat penting sekali dilakukan sebelum penanaman tiba.

2. Siapkan Modal

Modal akan sangat berperan penting terhadap budidaya pala, karena dnegan modal maka proses budidaya pala akan berjalan dengan lancar, maka dari itu siapkan modal secukupnya dan sebagusnya agar dalam proses budidaya tahap selanjutnya bisa berjalan dengan lancar.

3. Persyaratan Tumbuh

  • Tanaman pala dapat tumbuh bagus dalam dataran rendah antara 200-700 m dpl.
  • Tanaman pala bagus tumbuh dengan membutuhkan sinar matahari minimal 7 jam setiap harinya.
  • Tanaman pala bagus tumbuh dalam tanah yang memiliki pH 5-7.
  • Tanaman pala bagus tumbuh dalam tanah yang banyak mengandung unsur hara.

4. Persiapkan Lahan

Persiapkan Lahan
Persiapkan Lahan

Tahap selanjutnya adalah dengan mempersiapkan lahan yang luas untuk mendapatkan hasil yang banyak pula. Apabila bibit yang disiapkan banyak maka lahan juga harus cukup luas untuk disiapkan. Lahan yang disiapkan harus benar-benar baik dan terhindar dari longsor dan banjir agar proses pertumbuhan pala tetap baik.

5. Pengolahan Lahan

Setelah lahan yang disiapkan sudah selesai, maka setelah itu lakukanlah pengolahan lahan dengan baik agar dalam proses pertumbuhan pala tetap berkembang dengan bagus pula. Pengolahan lahan bisa dilakukan dengan cara membersihkan semak dan rerumputan liar sampai bersih dan mengolah lahan sebagai mana berkebun dengan menggunakan alat seperti mesin atau cangkul.

6. Pembuatan Lubang Tanam

Pembuatan Lubang Tanam
Pembuatan Lubang Tanam

Baca Juga : 18 Cara Budidaya Jambu Kristal Yang Benar

Pembuatan lubang tanam harus dilakukan agar dalam proses penanaman dapat berjalan dengan lancar. Lubang yang dibuat untuk menanam bibit pala dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm dan jarak antara lubang tanam sekitar 3-4 meter karena tanaman pala akan tumbuh besar.

7. Penaburan Pupuk Kandang

Setelah melakukan pembuatan lubang, maka lakukanlah penaburan pupuk kandang dengan benar yang menggunakan kotoran sapi, domba dan yang lainnya dengan tujuan agar bibit pala yang ditanam tersebut bisa tumbuh dengan baik dan cepat.

8. Menanam

Menanam
Menanam

Setelah selesai semua tahap sebelumnya maka tahap ini harus dilakukan dengan baik yakni dengan menanam bibit pala ke dalam lubang yang sudah disiapkan terlebih, kemudian masukan bibit pala tersebut ke dalam lubang dan timbun dengan tanah secukupnya sampai dengan padat agar tidak roboh ketika angin datang dan turun hujan lebat.

9. Penyiraman

Penyiraman dapat dilakukan ketika bibit pala tersebut sudah di tanam di area lahan yang luas tersebut. Penyiraman tersebut dapat dilakukan secara berkala sampai bibit pala tersebut tumbuh dengan baik dan lakukanlah penyiraman pagi atau sore hari agar dalam proses pertumbuhannya menjadi cepat.

10. Penyiangan

Penyiangan
Penyiangan

Penyiangan dapat dilakukan dengan cara yang baik agar dalam proses pertumbuhan menjadi cepat dan tidak terganggu oleh tumbuhan lainnya. Penyiangan tersebut harus dilakukan secara berkala agar proses pertumbuhan pala tetap baik.

11. Penyulaman

Penyulaman
Penyulaman

Penyulaman dapat dilakukan ketika bibit pala banyak yang sudah mati, maka lakukanlah penyulaman dengan mengganti kembali bibit pala yang mati oleh yang baru lagi agar dalam proses pertumbuhan dan pemanenannya sama.

12. Pemupukan Ulang

Pemupukan ulang sangat penting sekali dilakukan dengan menaburkan pupuk kimia seperti mutiara, npk dan yang lainnya di sekeliling tanaman pala agar pala tersebut bisa menghasilkan buah yang bagus dan berkualitas.

13. Penggemburan Tanah

Penggemburan Tanah
Penggemburan Tanah

Tahap selanjutnya adalah dengan melakukan penggemburan tanah kembali disekitar tanaman pala agar tanah tersebut kembali subur dan bagus untuk pertumbuhan pala tersebut. Penggemburan bisa dilakukan dengan memakai alat cangkul.

14. Pengendalian Hama dan Penyakit

Pengendalian Hama dan Penyakit
Pengendalian Hama dan Penyakit

Pengendalian hama dan penyakit sering sekali diperhatikan, karena tidak sedikit pala yang sudah berbuah banyak dimakan oleh hama atau hewan liar dan akan merugikan petani kebun juga kalau seperti itu dibiarkan. Maka cara yang ampuh adalah dengan mengontrol setiap hari tanaman buah pala dan yang paling penting hal tersebut harus disiapkan dari awal dengan menanam pala di daerah yang khusus hanya pala saja, agar tidak ada hewan serta tumbuhan yang dapat mengganggu buah pala nantinya.

15. Panen

Panen
Panen

Panen pala dapat dilakukan ketika tanaman pala sudah berumur 7-8 bulan dari sejak berbunga. Pala yang sudah siap di panen adalah kulitnya yang sudah menguning, buah yang sudah empuk dan salah satu biji sudah jatuh dari pohon maka pala siap untuk dipanen.

Itulah 15 cara budidaya buah pala agar mendapatkan hasil yang melimpah.

Baca Juga