16 Cara Budidaya Buah Nangka Agar Mendapatkan Hasil Melimpah
Cara budidaya nangka bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, karena dalam membudidayakan buah nangka hanya diperlukan teknik-teknik yang benar serta kemauan dalam membudidayakannya. Oleh karena itu, simaklah teknik-teknik budidaya nangka agar mendapatkan hasil yang melimpah.

Kata.co.id - Nangka adalah buah yang banyak tumbuh di berbagai wilayah indonesia, buah ini memiliki rasa yang sangat manis dan buahnya juga sangat besar. Maka tidak heran kalau banyak orang yang mencarinya untuk dijadikan sebagai makanan yang banyak mengandung khasiat bagi tubuh.

Cara budidaya buah nangka sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk oleh pemula, apalagi kalau dibudidayakan oleh petani khusus maka akan semakin bagus dalam budidaya nangka tersebut.

Budidaya buah nangka tersebut sering kali dijadikan sebagai peluang usaha yang sangat bagus karena harganya yang relatif sedang, budidayanya juga sangat mudah.

Persyaratan Tumbuh Buah Nangka.

  • Pohon nangka bagus tumbuh di daerah hujan yang bagus dengan rata-rata 1.500-2.500 mm dalam setiap tahunnya.
  • Pohon nangka apat bertahan dalam musim kemarau yakni 3-4 bulanan.
  • Pohon nangka bangus berada di tempat dengan memiliki suhu sekitar 16 derajat sampai dengan 30 derajat C.
  • Pohon nangka dapat tumbuh di dataran rendah sampai yang sedang antara 100 m sampai 1.300 m dpl.

Nangka tersebut lebih bagus tumbuh di dataran rendah karena dapat menyerap air yang banyak, nangka ini juga dapat tumbuh di dataran tinggi namun tidak akan menghasilkan buah yang bagus dan berkualitas. Karena dipengaruhi oleh suhu dan tempat. Oleh karena itu, agar dalam budidaya buah nangka menjadi melimpah maka simaklah cara berikut.

1. Pemilihan Bibit

Pemilihan Bibit
Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit nangka merupakan cara yang paling penting dalam membudidayakan buah nagka tersebut, karena bibit yang ditanam akan berpengaruh besar terhadap buah yang akan dihasilkan tersebut. Maka dari itu pilihlah bibit nangka yang bagus dan berkualitas serta terhindar dari penyakit.

2. Cara pembibitan

Cara Pembibitan
Cara Pembibitan

Cara pembibitan buah nangka ternayata mudah sekali, banyak semua orang yang tidak sadar ketika memakan buahnya biji yang ada di dalam tersebut di buang, maka biji tersebut akan menjadi tumbuh. Cara pembibitan tersebut bisa dilakukan secara khusus ataupun tidak.

Selain itu, cara pembibitan buah nangka bisa dilakukan dengan cara di cangkok, nah dengan cara tersebut akan semakin cepat dalam proses pembuahan nanti ketika sudah di tanam ke lahan yang sudah dipersiapkan.

3. Persiapkan Lahan

Persiapkan Lahan
Persiapkan Lahan

Persiapan lahan harus anda lakukan setelah mencangkok nangka tersebut, dengan tujuan lahan yang dipersiapkan tersebut harus sesuai yang diharapkan, apabila bibit nagka banyak maka lahan yang dibutuhkan juga akan luas, maka dari itu, siapkanlah lahan yang cukup untuk budidaya nangka.

4. Pengolahan Lahan

Pengolahan Lahan
Pengolahan Lahan

Pengolahan lahan bisa anda lakukan dengan membersihkan terlebih dahulu rumput yang ada di sekitar lahan yang akan dikelola. Lahan yang akan dikelola tersebut gunakan dengan cangkul ataupun dengan alat lainnya.

5. Pembuatan Bedengan

Pembuatan Bedengan
Pembuatan Bedengan

Pembuatan bedengan harus dilakukan setellah lahan yang dikelola selesai, pembuatan bedengan ini bisa digunakan untuk mencegah air yang berada di lahan tersebut menggenangi pohon nangka dan tujuan pembuatan bedengan tersebut agar air yang turun dari hujan menjadi mengalir.

6. Pembuatan Lubang

Pembuatan Lubang
Pembuatan Lubang

Baca Juga : 15 Cara Budidaya Buah Delima Agar Mendapatkan Hasil Melimpah

Pembuatan lubang tersebut sebenarnya penting sekali sebagai tempat menyimpan pupuk kandang sebelum nangka tersebut di tanam ke tanah. Lubang yang dibuat untuk menanam nangka sebaiknya buat lubang secukupnya.

7. Penaburan Pupuk Kandang

Penaburan Pupuk Kandang
Penaburan Pupuk Kandang

Setelah anda buat lubang yang cukup, maka anda taburkanlah pupuk kandang yang cukup dan banyak agar dalam proses pertumbuhan nangka nanti menjadi cepat berbuah.

8. Penanaman

Penanaman
Penanaman

Penanaman bibit nangka alangkah baik ditanam dalam musim penghujan tiba supaya dalam pertumbuhan nanti tidak menjadi terganggu oleh panas sinar matahari.

9. Penyiraman

Penyiraman
Penyiraman

Penyiraman dilakukan dengan bertujuan nangka yang ditanam tersebut cepat berkembang dan menjadi besar, penyiraman tersebut bisa dilakukan pada pagi hari dan sore hari.

10. Pemilihan Pupuk kimia

Pemilihan Pupuk Kimia
Pemilihan Pupuk Kimia

Pemilihan pupuk kimia ternyata akan sangat berpengaruh penting terhadap budidaya nangka karena, pupuk yang digunakan baik atau tidak buat nangka, tetepi jika pupuk tersebut baik maka nagka akan cepat besar dan berbuah, tetapi jika pupuk tersebut kurang baik maka yang akan dihasilkan adalah nangka menjadi besar namun menhasilkan buah kurang.

Maka dari itu sebagai para petani nangka agar cepat berpikir dan merubah pola pemupukan dari yang biasanya buruk menjadi bagus. Pupuk kimia yang bagus untuk proses pembuahan nangka adalah pupuk mutiara, pupuk poska, ZA.

11. Pemupukan

Dalam proses pemupukan harus diperhatikan juga, supaya dalam proses perkembangan nangka tersebut menjadi bagus, pemupukan yang dianjurkan untuk nangka jangan terlalu dekat dengan pohonnya, karena akan berakibat buruk terhadap pertumbuhan nangka nantinya.

12. Penyiangan

Penyiangan
Penyiangan

Hal yang perlu dilakukan dalam pembudidayaan nangka ternyata penyiangan harus diperhatikan karena tidak semua pembudidaya memperhatikan hal tersebut, maka sebagai petani hal tersebut harus diperhatikan supaya dalam proses pertumbuhan dan pembuahan nantinya tidak akan terganggu. Lakukannlah penyiangan dengan membersihkan gulma yang ada disekitar tanaman nangka.

13. Pemangkasan

Pemangkasan
Pemangkasan

Tidak menutup kemungkinan pemangkasan harus diperhatikan juga supaya dalam proses perkembangan nanti tidak tumbuh tinggi, namun pendek tetapi buah yang dihasilkannya sangat banyak. Oleh karena itu perhatikanlah dalam proses pemangkasan tersebut agar pohon nangka tetap pendek dan menghasilkan buah yang berkualitas.

14. Pengendalian hama dan penyakit

Pengendalian Hama dan Penyakit
Pengendalian Hama dan Penyakit

Pengendalian hama dan penyakit sering kali dijumpai dalam proses pembudidayaan apa saja, termasuk dalam budidaya nangka. Pengendalian hama tersebut harus dilakukan agar ketika nangka berbuah tidak ada penyakit yang menghampirinya.

Pengendalian ini harus dilakukan dengan menyemprotkan obat khusus untuk penyakit yang dapat mengganggu pertumbuhan nangka tersebut.

15. Pembungkusan

Pembungkusan
Pembungkusan

Proses yang salah satu ini sangatlah penting sekali untuk menjaga buah nangka terhindar dari berbagai hama yang akan menghampirinya. Bungkuslah buah nangka yang sudah besar oleh apa saja yang bisa menutupi buahnya, tujuan dari cara ini agar buah nangka tersebut tidak dimakan oleh hewan liar dan jenis hewan lainnya. Dalam pembungkusan buah tersebut harus diperhatikan juga setiap hari agar buah nangka yang dibungkus tidak terkena berbagai hama dan penyakit.

16. Pemanenan

Pemanenan
Pemanenan

Pemanenan dilakukan apabila buah nangka tersebut sudah matang, ciri buah nangka yang sudah matang tersebut adalah warnanya yang sudah kuning pekat dan tercium aroma manisnya, maka nangka tersebut siap untuk di panen.

Itulah 16 cara budidaya buah nangka agar mendapatkan hasil yang melimpah.

 

Baca Juga