15 Cara Budidaya Manggis Yang Tepat dan Benar
Cara budidaya manggis sangat mudah sekali dilakukan oleh para petani, selain itu juga para petani akan mendapatkan hasil yang sangat melimpah dari budidaya manggis tersebut. Oleh karena itu, simaklah cara berikut ini untuk membudidayakan manggis yang tepat dan benar.

Kata.co.id - Buah manggis adalah jenis buah yang banyak tumbuh di Asia Tenggara termasuk indonesia. Manggis banyak tumbuh di wilayah indonesia karena daerahnya yang tropis, maka bagus untuk pertumbuhan tanaman manggis tersebut. Buah manggis memiliki rasa yang manis dan di dalamnya berwarna putih serta bentuk buah manggis bulat seperti buah markisa, akan tetapi buah manggis tersebut memiliki kulit yang tebal.

Cara budidaya manggis tersebut sangat mudah sekali dilakukan oleh siapa saja termasuk pemula. Budidaya manggis tersebut banyak dijadikan sebagai peluang usaha yang sangat bagus dan menjanjikan, karena permintaan dari pasaran sangat tinggi serta harganya juga tetap mahal, maka bagus untuk dijadikan sebagai usaha yang menjanjikan.

Berikut cara budidaya tanaman manggis agar mendapatkan buah yang lebat dan berkualitas.

1. Persyaratan Tumbuh

  • Tanaman manggis bagus tumbuh dalam daerah dataran rendah antara ketinggian 100-1000 m dpl.
  • Manggis bagus tumbuh dalam curah hujan yang ideal dan merata pertahunnya.
  • Tanaman manggis bagus tumbuh dalam suhu sekitar 20-32 derajat Celcius.
  • Tanaman manggis tumbuh bagus dalam tanah dengan keasaman atau pH 5-7.

Itulah persyaratan tumbuh tanaman manggis agar mendapatkan hasil yang bagus.

2. Persiapkan Modal

Modal yang harus disiapkan untuk menanam manggis harus dipersiapkan dengan baik agar dalam proses pembudidayaan manggis nantinya mendapatkan proses yang baik dan tidak ada kendala. Karena dengan modal maka budidaya manggis tersebut akan lancar.

3. Cara Pembibitan

Cara Pembibitan
Cara Pembibitan

Cara pembibitan manggis banyak sekali caranya, namun yang banyak digunakan oleh para petani kebun yakni dengan proses penyemaian biji dan cara sambung pucuk. Penyemaian dengan biji akan membuat panen yang akan di dapatkan akan lebih lama dari biasanya, namun akan memiliki batang yang baik dan besar dan untuk melakukan penanaman dari biji akan membutuhkan waktu 10-15 tahun untuk mulai berbuah. Tetapi jika dilakukan dengan sambung pucuk biasanya akan memerlukan waktu sekitar 5-7 tahun untuk menghasilkan buah.

4. Pemilihan Bibit

Pemilihan Bibit
Pemilihan Bibit

Bibit yang akan dijadikan sebagai indukan maka pilihlah bibit manggis yang sudah teruji kualitas buahnya yang besar serta bagus. Dengan melakukan pemilihan bibit manggis tersebut akan berpeluang besar terhadap keberhasilan yang akan di dapatkan. Maka dari itu, pilihlah bibit manggis yang akan dijadikan indukan dalam membudidayakannya.

5. Persiapkan Lahan

Lahan yang harus disiapkan juga adalah lahan yang bagus dan khusus untuk menanam manggis agar dalam proses pembuahan nantinya tidak diserang oleh hama atau hewan pemakan manggis. Tidak hanya itu juga lahan harus terhindar dari bahaya atau longsor dan banjir agar dalam proses pertumbuhan nantinya tidak terganggu.

6. Pengolahan Lahan

Pengolahan Lahan
Pengolahan Lahan

Pengolahan lahan yang akan dijadikan tempat budidaya manggis adalah dengan melakukan pembersihan rerumputan yang dapat mengganggu pertumbuhan manggis nantinya. Pengolahan lahan dapat menggunakan alat seperti cangkul dan sejenis lainnya dan usahakan pengolahan lahan tersebut harus benar-benar bersih dari rerumputan dan bebatuan.

7. Pembuatan Sanitasi

Pembuatan sanitasi tersebut sangat penting sekali agar bibit manggis yang sudah ditanam tersebut tidak tergenangi oleh air hujan yang akan menyumbat proses pertumbuhan nantinya. Maka dari itu, perhatikan juga dalam proses pembuatan sanitasi air.

8. Pembuatan Lubang Tanam

Pembuatan Lubang Tanam
Pembuatan Lubang Tanam

Baca Juga : 16 Cara Budidaya Lada Agar Cepat Berhasil


Pembuatan lubang tanam memang sangat diperhatikan sekali dalam budidaya manggis, karena dengan itu bibit manggis bisa dimasukan ke dalam lubang dengan baik dan bagus. Pembuatan ukuran lubang tanam manggis sekitar 50 x 50 x 50 cm dan jarak antara lubang antara 3-5 meter.

9. Penaburan Pupuk Kandang

Penaburan pupuk kandang tidak kalah pentingnya lagi, karena dengan itulah pupuk kandang tersebut dapat bertujuan agar tanaman manggis dapat tumbuh dengan cepat. Penaburan pupuk kandang bisa dilakukan menggunakan kotoran sapi, kotoran domba, dan yang lainnya. Setelah dimasukan ke dalam lubang maka kotoran tersebut aduk dengan campuran tanah sampai dengan merata.

10. Penanaman

Penanaman
Penanaman

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan penanaman bibit manggis yang sudah dilakukan sebelumnya dengan cara pembibitan. Penanaman tersebut dapat dilakukan dengan baik agar dalam proses pertumbuhan menjadi baik dan cepat. Langkah penanaman manggis adalah dengan memasukan bibit ke lubang kemudian timbun dengan tanah sampai dengan merata dan padat.

11. Penyiraman

Penyiraman dapat dilakukan secara berkala ketika dari awal menanam sampai dengan tumbuh subur. Penyiraman tersebut dapat dilakukan secara berkala dengan tujuan agar proses pertumbuhan tanaman manggis menjadi cepat.

12. Penyiangan

Penyiangan
Penyiangan

Setelah langkah sebelumnya sudah selesai, maka tahap selanjutnya adalah dengan melakukan penyiangan di daerah tanaman manggis yakni dengan membersihkan gulma dan rumput liar yang ada di sekitar lahan tersebut dengan bersih agar dalam proses pertumbuhan manggis tidak terganggu serta tanaman manggis juga akan terhindar dari hama dan penyakit.

13. Pemupukan Ulang

Pemupukan Ulang
Pemupukan Ulang

Pemupukan ulang tidak kalah pentingnya lagi, karena dengan itu pemupukan dilakukan maka tanaman manggis yang masih kecil akan cepat tumbuh besar dan berbuah. Pemupukan bisa dilakukan secara berkala dan bagus karena dengan itulah manggis akan cepat menghasilkan buah yang baik dan berkualitas. Penggunaan pupuk buatan yakni pupuk mutiara, npk dan campuran yang lainnya.

14. Pengendalian Hama dan Penyakit

Pengendalian Hama dan Penyakit
Pengendalian Hama dan Penyakit

Tahap pengendalian hama dan penyakit memang sangat penting sekali karena dengan itu jika dilakukan pengendalian maka hama dan penyakit tidak akan menyerang tanaman manggis. Salah satu penanggulangannya adalah dengan melakukan penyemprotan terhadap manggis ketika masih kecil serta menanam manggis dalam lahan yang khusus agar tidak diserang oleh hama atau hewan liar.

15. Panen

Panen
Panen

Panen manggis tergantung pada cara pembibitan, apabila pembibitan tersebut dengan biji maka panen akan dilakukan antara 10-15 tahun. Apabila pembibitan dilakukan dengan cara sambung pucuk maka panen akan dilakukan sekitar 5-7 tahun. Buah manggis yang siap untuk dipanen adalah dengan memiliki ciri berwarna merah tua dan sudah ada yang jatuh, maka lakukanlah pemanenan secara cepat dan benar.

Itulah 15 cara budidaya manggis dengan mudah agar mendapatkan hasil yang berkualias dan melimpah.

Loading...

Baca Juga