16 Cara Budidaya Buah Mangga yang Tepat
Budidaya mangga merupakan salah satu cara yang sangat bagus dilakukan dalam dunia pertanian, selain mendapatkan penghasilan mendapatkan ilmu budidaya mangga tersebut sangatlah bagus dan baik. Maka untuk mendapatkan budidaya buah mangga yang bagus dan berkualitas maka simaklah cara berikut ini.

Kata.co.id - Buah mangga merupakan buah yang banyak tumbuh di indonesia yang keberadaannya tersebar di berbagai daerah. Buah mangga ini memiliki rasa yang sangat manis dan ada juga yang asam, itu semua tergantung terhadap bibit yang ditanam.

Budidaya buah mangga sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan pemula saja bisa sukses dalam membudidayakan buah mangga tersebut. Menjadi petani mangga bisa meraup keuntungan dari apa yang dihasilkan dari mangga tersebut, karena buah yang harganya tetap stabil dan banyak juga peminatnya.

Dalam membudidayakan buah mangga ternyata harus diperhatikan kondisi serta keadaan iklim yang ada di suatu daerah tertentu.

Persyaratan tumbuh mangga.

Buah mangga di berbagai daerah banyak tumbuh bagus, namun yang perlu diperhatikan adalah hasil buahnya, terkadang disuatu tempat pohon mangga itu bagus tetapi tidak menghasilkan buah. Nah untuk itu, tempat yang bagus untuk dijadikan tempat budidaya buah mangga adalah

  • Mangga dapat bagus tumbuh dan berbuah dalam ketinggian 100 m sampai 1.500 m dpl
  • Mangga juga bagus dalam suhu antara 20 derajat sampai 35 derajat C.
  • Mangga bagus berbuah dalam keadaan iklim seimbang antara hujan dan kemarau.

Oleh karena itu, untuk membudidayakan buah mangga agara mendapatkan hasil yang melimpah dan berkualitas maka simaklah cara-cara berikut ini.

1. Persiapkan modal

Tahap pertama yang harus dimiliki oleh petani mangga yakni modal, modal bisa dijadikan sebagai alat untuk memperlancar bahan kebutuhan lainnya agar dalam proses pembudidayaan buah mangga tersebut lancar dan baik.

2. Pemilihan Bibit

Pemilihan Bibit
Pemilihan Bibit

Bibit yang harus dipilih oleh petani yakni bibit mangga yang memiliki kualitas buah yang bagus dan terhindar dari penyakit. Pemilihan bibit ini akan berpengaruh besar terhadap keberhasilan panen petani nanti.

3. Cara Pembibitan

Cara Pembibitan
Cara Pembibitan

Ada banyak cara dalam pembibitan buah mangga tersebut ada yang memilih pembibitan dari biji langsung dan ada pula yang di cangkok, semua cara tersebut memang bagus sekali. Namun ada teknik tertentu yang harus diketahui bahwa dalam menanam mangga lebih bagus dengan cara di cangkok terlebih dahulu. Kenapa ? karena bibit yang hasil cangkokan akan lebih cepat berbuah dibandingkan dari biji harus menunggu bertahun-tahun untuk berbuah.

4. Persiapkan Lahan

Persiapkan Lahan
Persiapkan Lahan

Sebagai petani khusus mangga, alangkah baiknya siapkanlah tempat budidaya mangga yang luas agar mendapatkan hasil yang fantastis dan banyak. Lahan yang harus dipersiapkan ternyata harus yang bagus dan terhindar dari berbagai ancaman seperti ancaman longsor dan yang lainnya.

5. Pengolahan Lahan

Pengolahan Lahan
Pengolahan Lahan

Sebelum anda menanam bibit mangga yang telah dicangkok maka anda harus bisa mengolah lahan baik anda membersihkan rumput liar atau bebatuan yang dapat mengganggu pertumbuhan mangga nantinya. Dalam pengolahan lahan ini bisa anda gunakan alat khusus seperti cangkul ataupun yang lainnya.

6. Pembuatan Saluran Air

Pembuatan Saluran Air
Pembuatan Saluran Air

Pembuatan saluran air alangkah pentingnya dalam budidaya mangga, karena bibit mangga akan mati ketika situasi di bawahnya tergenang air yang berlebihan, maka dari itu buatlah saluran air yang secukupnya agar ketika musim penghujan bibit mangga yang ditanam tersebut tidak tergenang air.

7. Pembuatan Lubang

Pembuatan Lubang
Pembuatan Lubang

Pembuatan lubang bisa dilakukan ataupun bisa bersamaan ketika menanam mangga tersebut. Dalam membuat lubang sebaiknya anda buatlah ukuran lubang yang secukupnya sekitar 50 cm x 50 cm x 50 cm, lebar, panjang dan kedalamannya.

8. Penanaman

Penanaman
Penanaman

Baca Juga : 16 Cara Budidaya Buah Kedongdong Agar Cepat Berbuah

Tahap selanjutnya adalah penanaman yang dimana proses penanaman tersebut akan berpengaruh besar terhadap pertumbuhan nantinya, maka dari itu ketika menanam bibit mangga yang sudah di cangkok tanamlah sebaik mungkin agar dalam proses pertumbuhan nanti menjadi cepat dan baik.

9. Penyiraman

Penyiraman
Penyiraman

Tidak kalah pentinganya dalam membudidayakan mangga tersebut harus digunakan penyiraman terhadap bibit yang telah ditanam tersebut agar proses pertumbuhannya menjadi cepat dan tepat. Penyiraman bisa anda lakukan ketika musim kemarau yakni pada pagi hari atau sore hari. Tetapi jika pada musim penghujan tidak perlu melakukan penyiraman.

10. Pemilihan Pupuk

Pemilihan Pupuk
Pemilihan Pupuk

Ketika anda sudah menanam bibit mangga maka anda harus persiapan dalam memilih pupuk unggulan untuk buah mangga. Pupuk yang ditaburkan ditanaman bibit mangga tersebut akan berpengaruh besar terhadap proses pembuahan nantinya, maka dari itu pilihlah pupuk yang bagus dan berkualitas untuk buah mangga. Salah satu pupuk yang bagus untuk mangga yakni dengan pupuk mutiara buah, poska, za.

11. Pemupukan

Pemupukan
Pemupukan

Pemupukan harus dilakukan dengan baik, karena pemupukan yang hanya sekedar biasa akan merusak tanaman mangga. Pemupukan dilakukan jangan terlalu dekat dengan pohon mangganya akan tetapi beri jarak sekitar 15 cm dari pohon mangga untuk menaruh pupuknya.

12. Pemangkasan

Pemangkasan
Pemangkasan

Tahap selanjutnya adalah tahap pemangkasan yang dimana pohon mangga sudah besar, anda sebagai petani agar melakukan pemangkasan pohon mangga tersebut, pemangkasan tersebut adalah bertujuan untuk membuat mangga agar tetap bertujuan berbuah. Pemangkasan ini lebih baik ketika pohon mangga sudah tinggi.

13. Penggemburan

Penggemburan
Penggemburan

Tahap yang selanjutnya adalah tahap penggemburan tanah yang ada disekitar pohon mangga, agar tujuan tersebut tanah bisa kembali lagi memiliki kualitas yang bagus dan bisa mempermudah penyerapan air. Namun ketika anda melakukan penggemburan ini seharusnya anda memberikan lagi pupuk kandang secukupnya agar pohon mangga menjadi lebih hijau dan bagus.

14. Pengendalian Hama dan penyakit

Pengendalian Hama dan Penyakit
Pengendalian Hama dan Penyakit

Pengendalian hama dan penyakit bisa anda lakukan dengan melihat keadaan pohon dan daun mangga, ketika daun mangga diserang oleh ulat maka sebaiknya anda gunakanlah penyemprotan khusus untuk mencegah hama ulat tersebut.

15. Pemanenan

Pemanenan
Pemanenan

Pemanenan merupakan tahap dimana para petani bahagia dalam proses budidaya tersebut. Pemanenan harus anda lakukan dengan melihat bauh mangga tersebut sudah matang atau belum. Buah mangga yang sudah matang memiliki ciri sudah berwarna licin dan menguning, maka anda harus langsung memanennya agar tidak dimakan oleh hama.

16. Penjualan

Penjualan
Penjualan

Penjualan dilakukan dipasaran atau di tempat khusus untuk penjualan buah, penjualan harus dilakukan dengan murah hati agar buah yang anda miliki cepat laku dan habis. Tahap ini akan menentukan penghasilan anda dari persiapan modal sampai dengan pemanenan berhasil atau tidaknya.

Itulah 16 cara budidaya buah mangga yang mudah dan tepat.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.