19 Cara Budidaya Lengkeng Agar Menghasilkan Buah Yang Lebat
Budidaya lengkeng merupakan salah satu cara yang sangat bagus dalam membudidayakan lengkeng untuk mendapatkan penghasilan yang melimpah. Cara budidaya lengkeng tersebut banyak dijadikan sebagai peluang usaha yang sangat menjanjikan karena harganya yang mahal, petani akan mendapatkan penghasilan yang berlipat ganda.

Kata.co.id –Lengkeng merupakan salah satu buah-buahan yang banyak dijumpai diberbagai daerah di tanah air. Sehingga tidak heran kalau lengkeng tersebut banyak sekali penggemarnya baik dikalangan anak-anak mapun dewasa. Karena buah kelengkeng tersebut rasanya yang manis sehingga membuat semua orang ketagihan makan buah lengkeng tersebut.

Cara budidaya lengkeng tersebut sangat banyak dilakukan oleh petani karena akan mendapatkan penghasilan yang banyak dan melimpah. Banyak petani juga yang sengaja melakukan budidaya buah lengkeng sebagai peluang usaha yang sangat menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan yang sangat banyak dan melimpah.

Budidaya lengkeng tersebut dapat dilakukan oleh siapa saja, karena caranya yang mudah dan tidak sulit. Oleh karena itu, untuk mendapatkan buah lengkeng yang banyak dan melimpah maka simaklah cara berikut ini.

1. Persiapkan Modal

Langkah pertama dalam membudidayakan lengkeng ternyata harus memiliki modal terlebih dahulu agar mendapatkan hasil yang sangat baik dalam proses pemanenan nanti. Modal akan sangat berperan penting selama proses pembudidayaan nanti, karena itu siapkan modal yang cukup agar dalam proses pembudidayaan nantinya menjadi lancar.

2. Persyaratan Tumbuh

Persyaratan pertumbuhan lengkeng sangat penting diperhatikan agar tidak salah tempat dalam membudidayakan lengkeng tersebut.

  • Tanaman lengkeng lebih bagus tumbuh di dataran rendah dengan ketinggian antara 200-600 m dpl
  • Tanaman lengkeng bagus tumbuh dalam curah hujan 1500-3000 m/tahun.
  • Tanaman lengkeng lebih bagus tumbuh dalam keadaan tanah yang subur dan pH 5-7.
  • Tanaman lengkeng bagus tumbuh dengan suhu antara 15-20 derajat celcius.

Itulah persyaratan pertumbuhan lengkeng agar lebih bagus dalam proses perkembangan  

3. Pemilihan Bibit

Pemilihan Bibit
Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit lengkeng ternyata lebih penting sekali untuk dijadikan sebagai bibit budidaya, karena bibit yang dipilih tersebut akan sangat berpengaruh terhadap proses pemanenan nanti. Maka dari itu pilihlah bibit lengkeng yang bagus dan berkualitas yakni bibit yang tidak terkena penyakit dan hama.

4. Cara Pembibitan

Cara Pembibitan
Cara Pembibitan

Dalam melakukan pembibitan lengkeng ternyata banyak sekali caranya salah satunya adalah dengan di cangkok, di stek dan dari biji. Cara pembibitan tersebut bisa dilakukan dengan baik dan benar. Untuk memilih cara pembibitan untuk budidaya maka pilihlah cara cangkok karena akan menghasilkan tanaman lengkeng yang cepat berbuah dibandingkan dari biji.

5. Persiapkan Lahan

Persiapkan lahan
Persiapkan lahan

Lahan yang akan dijadikan sebagai tempat budidaya lengkeng alangkah baiknya menggunakan lahan yang bagus dan subur. Lahan yang bagus tersebut yakni terhindar dari gangguan seperti longsor dan banjir. Apabila dalam panen ingin mendapatkan hasil buah lengkeng yang bagus dan melimpah maka siapkan juga lahan yang luas.

6. Pengolahan Lahan

Pengolahan lahan bisa dilakukan dengan cara membersihkan semak-semak dan bebatuan yang ada disekitar lahan yang akan dijadikan sebagai tempat budidaya lengkeng. Pengolahan lahan tersebut bisa digunakan alat seperti cangkul dan sejenisnya.

7. Pengapuran

Tahap selanjutnya adalah dengan melakukan pengapuran apabila tanah yang akan dijadikan sebagai tempat budidaya tidak subur. Kapur yang bagus digunakan adalah kapur demolit.

8. Pembuatan Lubang

Pembuatan Lubang
Pembuatan Lubang

Baca Juga : 16 Cara Budidaya Markisa Agar Cepat Berbuah Lebat

Setelah tahap sebelumnya sudah selesai maka langkah selanjutnya adalah dengan membuat lubang tanam bibit lengkeng. Lubang yang dapat dibuat tersebut adalah dengan membuat ukuran sekitar 50 x 50 x 50 cm dan jarak antara lubang 3 meter.

9. Pembuatan Sanitasi

Pembuatan sanitasi air adalah hal yang penting juga, karena dengan membuat sanitasi air yang besar akan mengalir ke bawah dan tidak akan menggenangi lagi tanaman bibit lengkeng yang sudah di tanam tersebut.

10. Penaburan Pupuk Organik

Penaburan Pupuk Organik
Penaburan Pupuk Organik

Setelah selesai melakukan pembuatan sanitasi, maka tahap selanjutnya adalah dengan menabur pupuk organik atau kandang ke dalam lubang yang sudah disediakan dengan tujuan agar bibit yang akan ditanam tersebut dapat tumbuh dengan baik dan cepat. Jangan lupa juga pupuk yang ditabur tersebut aduk dengan tanah sampai dengan merata.

11. Penaburan Pupuk Kimia

Tidak lupa juga taburkan dan tambahkan pupuk kimia ke dalam lubang serta pupuk kandang tersebut secukupnya dengan tujuan agar merangsang proses pertumbuhan lengkeng.

12. Menanam

Menanam
Menanam

Apabila langkah sebelumnya sudah selesai, maka tahap ini adalah dengan melakukan penanaman dengan baik ke dalam lubang dan di timbun dengan tanah dan padatkan. Dengan tujuan agar bibit lengkeng tersebut tidak roboh saat datang hujan lebat dan angin besar.

13. Penyiraman

Penyiraman
Penyiraman

Penyiraman dapat dilakukan ketika bibit lengkeng tersebut sudah di tanam ke tanah dan kemudian siramlah secara merata dan benar. Hal tersebut lakukanlah secara berkala agar proses pertumbuhan lengkeng semakin cepat dan normal. Penyiraman tersebut dapat dilakukan pagi atau sore hari.

14. Penyiangan

Penyiangan
Penyiangan

Penyiangan dapat dilakukan secara berkala dan baik. Maka dari itu penyiangan dapat dilakukan dengan tujuan tujuan agar tanaman lengkeng tersebut terhindar dari hama dan penyakit. Hama dan penyakit dapat datang dan menyerang ketika lahan tersebut tidak dilakukan penyiangan.

15. Pemangkasan

Pemangkasan
Pemangkasan

Pemangkasan dapat dilakukan dengan cara memangkas pohon yang tingginya saja dan yang tidak berguna maka pangkaslah secara benar dan tidak mengganggu yang lainnya. Pemangkasan tersebut bertujuan agar pohon lengkeng tidak menjadi terlelu tinggi dan mempercepat pembuahan dengan lebat.

16. Pemupukan Ulang

Langkah selanjutnya lagi lakukanlah pemupukan secara berkala dan tanaman lengkeng masih kecil. Pemupukan juga bertujuan agar tumbuhan lengkeng tersebut cepat tumbuh dengan besar dan menghasilkan buah yang bagus dan lebat.

17. Pengendalian Hama dan Penyakit

Pengendalian hama dan penyakit
Pengendalian hama dan penyakit

Pengendalian hama dan penyakit sangat dipentingkan sekali karena dengan cara yang bagus dan benar maka tanaman lengkeng tersebut tidak akan terkena penyakit. Pengendalian tersebut dapat dilakukan dengan cara mengontrol tanaman 2 kali dalam seminggu apakah pertumbuhan lengkeng tersebut baik atau buruk.

18. Penyemprotan

Penyemprotan
Penyemprotan

Penyemprotan bisa dilakukan untuk cara pencegahan hama dan penyakit serta untuk merangsang proses pertumbuhan tanaman lengkeng menjadi cepat dan baik. Penyemprotan bisa dilakukan dengan menggunakan insektisida dengan cara teratur.

19. Panen

Panen
Panen

Panen buah lengkeng memang sangat ditunggu oleh para petani agar cepat mendapatkan hasil yang bagus dan melimpah. Buah lengkeng yang bagus dan siap untuk panen adalah dengan melihat ciri kulitnya yang sudah lembut dan tipis maka siap untuk dipanen sebelum buah lengkeng tersebut di makan oleh hewan liar.

Itulah 19 cara budidaya lengkeng dengan baik dan benar dan dapat dilakukan dengan mudah.  

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.