16 Cara Budidaya Lada Agar Cepat Berhasil
Cara Budidaya lada memang sangat mudah sekali dilakukan oleh siapa saja termauk pemula, namun dalam budidaya lada tersebut harus menggunakan teknik tertentu agar mendapatkan hasil yang melimpah dan bagus. berikut langkah-langkah yang harus dilakukan agar mendapatkan hasil buah lada yang banyak

Kata.co.id - Lada atau banyak disebut tanaman pedas (sunda) adalah sejenis buah yang kecil dan memiliki rasa pedas atau lada dan dapat dijadikan sebagai bahan bumbu masak dapur. Lada tersebut banyak tumbuh di daerah yang ada di indonesia dengan banyak persebarannya. Namun sedikit sekali yang membudidayakan lada tersebut karena masalah cara dan situasi yang banyak tidak cocok serta cara-cara budidaya lada yang masih salah.

Cara budidaya lada sangat berpeluang untuk berhasil karena dengan masih jarang yang membudidayakannya serta harga budidaya lada tersebut per kg nya sangat mahal harganya mencapai sekitar Rp 200.000,- per kg. Maka dari itu, budidaya lada dapat dijadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan dan dapat memberikan hasil yang snagat melimpah.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil yang melimpah dan berkualitas maka simaklah cara berikut ini secara baik-baik.

1. Persyaratan Tumbuh

Persyaratan Tumbuh
Persyaratan Tumbuh

Tahap pertama adalah dengan mengetahui terlebih dahulu persyaratan tumbuh tanaman lada atau pedas, dengan itu ketika sudah mengetahui maka bisa dilakukan dengan baik dan benar.

  • Tanaman lada/ pedas bagus tumbuh dalam area yang tropis dan basah.
  • Tanaman lada bagus tumbuh di dataran rendah dan tinggi dengan kebutuhan air cukup, 100-1000 m dpl.
  • Tanaman lada bagus tumbuh di tanah yang campur dengan batu atau pasir.
  • Tanaman lada bagus tumbuh dalam daerah yang lembab.
  • Curah hujan yang seimbang antara 4 bulan kemarau dan 8 bulan musim hujan.

Itulah persyaratan tumbuh tanaman lada agar bisa tumbuh dengan baik dan cepat.

2. Siapkan Modal

Untuk proses selanjutnya dalam membudidayakan tanaman lada maka hal yang perlu dilakukan adalah memiliki modal yang cukup dan benar. Modal tersebut bisa berguna untuk membiayai proses selanjutnya dalam membudidayakan tanaman lada. Karena dengan modal segala bentuk budidaya akan sangat berpengaruh besar.

3. Pemilihan Bibit

Pemilihan Bibit
Pemilihan Bibit

Tahap selanjutnya adalah dengan memilih bibit lada yang super dan sudah teruji menghasilkan buah yang banyak dan melimpah. Bibit yang bisa digunakan adalah bibit yang terhindar dari penyakit dan hama karena dengan itulah hasil panen nantinya akan berpengaruh terhadap proses pemilihan bibit lada tersebut.

4. Cara Pembibitan

Cara pembibitan
Cara pembibitan

Untuk menanam lada alangkah baiknya menggunakan cara tradisional yakni dengan di stek dan kemudian bisa dilakukan penyemaian terlebih dahulu menggunakan pot atau dari plastik agar dalam proses penanaman nantinya bisa langsung tumbuh dengan baik.

5. Siapkan Lahan

Siapkan Lahan
Siapkan Lahan

Lahan yang digunakan untuk membudidayakan pedas atau lada ternyata tidak perlu luas yang penting tanah bagus dan subur maka dalam teknik budidaya lada akan berjalan dengan baik. Lahan yang harus disiapkan untuk mendapatkan hasil yang banyak tentunya bisa cukup dan bagus.

6. Pengolahan lahan

Pengolahan lahan ternyata dalam membudidayakan pedas tidak terlalu susah karena hanya melakukan pembersihan rerumputan yang ada disekitar lahan tersebut. Pengolahan lahan tidak harus membersihkan bebatuan yang ada dislahan tersebut melainkan membereskan secara rapi, karena dengan teknik yang bagus lahan berbatu juga akan subur dan berhasil ketika ditanami tanaman lada atau pedas.

7. Pemilihan Media Tanam

Pemilihan Media Tanam
Pemilihan Media Tanam

Baca Juga : 16 Cara Budidaya Blueberry yang Tepat dan Benar

Pemilihan media tanam ternyata penting juga apabila tidak memiliki lahan yang bagus dan luas, maka pembuatan lahan alternatif adalah dengan membuat pot dan polybag secara banyak kemudian susun secara rapi dan bisa digunakan langsung untuk media tanam.

8. Pembuatan Jelujur atau Tiang

Pembuatan Jelujur atau Tiang
Pembuatan Jelujur atau Tiang

Pembuatan tiang tidak kalah pentingnya, karena dengan membuat tiang maka tanaman pedas akan menjulur ke atas dan melilit tiang tersebut sebagai cara tumbuhnya. Pembuatan jelujur bisa dilakukan dengan ukuran tinggi sampai dengan 3 meter.

9. Pembuatan Lubang

Pembuatan lubang bisa dilakukan dengan cara yang baik dan bagus, lubang yang dibuat untuk budidaya tanaman lada maka buatlah secukupnya dan apabila lahan tersebut banyak bebatuan maka buat juga lubang untuk menanam secukupnya saja.

10. Penaburan Pupuk Kandang

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan penaburan pupuk kandang ke dalam lubang yang sudah dibuat dan masukan secukupnya. Jangan lupa ketika sudah memasukan pupuk kandang tersebut aduk dengan campur tanah sampai merata.

11. Penanaman

Penanaman
Penanaman

Setelah tahap sebelumnya sudah selesai maka tahap selanjutnya adalah dengan melakukan penanaman yang baik dan benar dan jangan lupa ketika memindahkan bibit lada atau pedas yang sudah disemai tersebut. Ketika menanam bibit lada tersebut taburlah dengan tanah secukupnya sampai merata.

12. Lakukan Penyiraman

Penyiraman dapat dilakukan ketika sudah ditanam ke lahan yang luas yang sudah dijadikan sebagai lahan budidaya lada. Penyiraman dapat bertujuan untuk proses mempercepat pertumbuhan dan mencegah tanaman tersebut mati ketika kekeringan. Untuk melakukan penyiraman maka alangkah baiknya penyiraman tersebut dilakukan pada pagi atau sore hari agar pertumbuhan lada tetap terjaga dengan baik.

13. Penyiangan

Penyiangan
Penyiangan

Penyiangan dapat dilakukan dengan cara membersihkan rerumputan yang ada disekitar tanaman lada dengan menggunakan alat bantu dan bersihkan sampai tidak ada rumput yang mengganggu pertumbuhan lada.

14. Pemupukan Ulang

Pemupukan ulang dapat dilakukan dengan cara menggunakan pupuk yang bagus untuk buah dan tanaman lada. Pupuk yang banyak digunakan untuk pertumbuhan buah-buahan dan tanaman lada maka gunakanlah pupuk mutiara dan urea agar dalam proses pertumbuhan dan pembuahan semakin cepat.

15. Pengendalian Hama dan Penyakit

Pengendalian Hama dan Penyakit
Pengendalian Hama dan Penyakit

Pengendalian hama dan penyakit memang sangat penting sekali dilakukan oleh petani agar tanaman lada tersebut bagus dan terhindar dari berbagai marabahaya. Tentunya dari serangan hama dan penyakit. Pengendalian hama dan penyakit dapat dilakukan melalui penyemprotan dengan memakai obat insektisida khusus.

16. Panen

Panen
Panen

Panen lada ketika tanaman lada sudah menghasilkan buah dan buah yang sudah dapat dipanen tersebut yakni dengan melihat warnanya yang sudah tua dan berubah warna menjadi merah matang, kemudian bisa dilakukan pemanenan dengan baik sebelum buah lada atau pedas tersebut jatuh ke tanah dan dimakan oleh hewan liar.

Setelah dipanen bisa dilakukan penjualan atau diolah terlebih dahulu dengan memisahkan kulitnya dengan biji yang keras tersebut. Ketika kulit tersebut sudah terpisah dari biji maka lakukanlah pengeringan sampai semuanya kering dan bisa di jual.

Itulah 16 cara budidaya pedas atau lada yang sangat mudah dan akan mendapatkan hasil yang melimpah.

Baca Juga