15 Cara Budidaya Kurma Agar Cepat Berbuah Dengan Baik
Cara budidaya kurma merupakan salah satu pekerjaan yang sangat bagus dalam membudidayakan tanaman tersebut, karena selain akan mendapatkan buah yang bagus maka pendapatan juga akan dihasilkan. Berikut cara budidaya kurma dengan baik agar tumbuh maksimal dan cepat berbuah.

Kata.co.id - Kurma merupakan sejenis tanaman yang memiliki buah manis yang banyak tumbuh di daerah arab, karena tanaman tersebut membutuhkan iklim yang kering dan panas, sehingga berbeda sekali dengan tanaman yang ada di indonesia. Tetapi tidak menutup kemungkinan tanaman kurma tersebut dapat tumbuh di daerah indonesia karena kurma juga toleran terhadap macam-macam tanah bahkan tanah basah sekalipun.

Budidaya kurma sering kali terpikir oleh para budidaya untuk melakukan budidaya tanaman kurma di wilayah indonesia, tidak sedikit para petani khusus yang belajar membudidayakan kurma di indonesia berhasil, namun tidak sebagus kurma tumbuh seperti di arab. Tetapi tidak menutup kemungkinan walau cuaca di indonesia tidak seperti di arab tetapi banyak yang berhasil dalam membudidayakan tanaman kurma tersebut.

Berikut cara menanam tanaman kurma agar mendapatkan buah yang baik.

1. Siapkan Modal

Untuk menanam kurma modal sangat berperang penting dalam budidaya tersebut, karena dengan itu modal akan menjadi salah satu faktor penunjang keberhasilan suatu budidaya kurma pada saat panen tiba. Modal yang harus disiapkan juga adalah dengan modal yang besar karena untuk membeli segala kebutuhan mulai dari bibit sampai pemeliharaan pasti memerlukan modal yang cukup besar. Oleh karena itu, sebelum menanam tanaman kurma siapkanlah modal yang cukup agar dalam proses budidaya kurma berjalan dengan lancar.

2. Persyaratan Tumbuh

Persyaratan Tumbuh
Persyaratan Tumbuh
  • Tanaman kurma bisa tumbuh bagus dalam dataran 500-2000 m dpl
  • Tanaman kurma lebih bagus tumbuh dalam keadaan cuaca ekstrim/panas.
  • Tanaman kurma bagus dengan curah hujan yang rendah.
  • Tanaman kurma bagus tumbuh dalam daerah yang tandus/padang pasir.
  • Tanaman kurma tetap membutuhkan cukup air agar menghasilkan buah yang bagus.

Itulah syarat tumbuh tanaman kurma secara umum, namun tidak menutup kemungkinan tanaman kurma juga akan tumbuh di daerah yang beriklim tropis, salah satunya sudah banyak yang membudidayakan kurma di thailand, bahkan di indonesia juga sudah ada yang berhasil dan mendapatkan buah yang banyak. Tidak salah juga kalau di indonesia belajar menanam tanaman kurma untuk dijadikan sebagai peluang usaha yang masih sedikit persaingan.

3. Persiapkan Bibit Kurma

Persiapkan Bibit Kurma
Persiapkan Bibit Kurma

Persiapkan bibit kurma adalah dengan cara dikembangbiakan dengan cara perkecambahan biji dan untuk mendapatkan biji kurma bisa saja membeli kepada petani kurma khusus dengan memilih bibit unggu walaupun mengumpulkannya secara manual.

Bibit kurma yang ada di dunia bahkan lebih dari 1500 jenis, namun dari itu kurma yang lain dapat tumbuh di indonesia layaknya seperti di arab dan madinah. Semua rasa kurma rasanya tetap sama manis dan yang membedakan kurma dengan jenis yang lainnya adalah bentuk dan warnanya namun selain itu rasanya tetap sama manis.

Untuk mendapatkan bibit kurma yang sudah tumbuh, maka carilah penyedia bibit kurma di beberapa daerah di tanah air karena sudah banyak yang melakukan pembibitan dari biji. Sehingga petani tidak perlu melakukan pembibitan dari awal yang akan membuat budidaya kurma sampai panen waktunya lama. Pilihlah bibit kurma yang benar-benar bagus dan baik.

4. Persiapkan Lahan

Persiapkan Lahan
Persiapkan Lahan

Untuk menanam kurma alangkah baiknya mempersiapkan lahan yang cukup luas apabila bibit yang akan di tanam tersebut banyak, karena untuk melakukan budidaya kurma tidak jauh dalam proses penanamannya seperti pohon sawit. Maka dari itu, lahan yang disiapkan untuk membudidayakan kurma terhindar dari banjir dan longsor.

5. Pengolahan Lahan

Pengolahan lahan alangkah baiknya dengan melakukan pengolahan menggunakan berbagai alat seperti mesin atau cangkul pada ummnya. Pengolahan tersebut bisa dilakukan dengan membersihkan rerumputan dan semak-semak yang ada disekitar lahan tersebut.

6. Pembuatan Bedengan

Pembuatan Bedengan
Pembuatan Bedengan

Tidak kalah pentingnya untuk membudidayakan kurma lakukanlah pembuatan bedengan yang cukup dan bagus. Pembuatan bedengan dapat dilakukan dengan  cara yang baik menggunakan alat seperti cangkul agar dalam proses pertumbuhan menjadi bagus dan lancar.

7. Pembuatan Sanitasi

Pembuatan sanitasi di indonesia merupakan penting sekali dilakukan, mengingat curah hujan yang tinggi maka sanitasi tersebut harus dibuat agar dalam proses pertumbuhan kurma tetap baik.

8. Pemilihan Media Tanam

Pemilihan Media Tanam
Pemilihan Media Tanam

Baca Juga : 15 Cara Budidaya Manggis Yang Tepat dan Benar

Pemilihan media tanam, bisa dilakukan juga ketika masih tanaman kurma kecil dan bisa melakukan pertumbuhan di dalam pot atau polibag tetapi jika sudah besar maka lakukanlah pemindahan tanaman kurma ke dalam tanah yang sudah disiapkan agar bisa tumbuh dengan baik dan bagus.

9. Pembuatan Lubang Tanam

Ketika tanaman kurma sudah tumbuh besar maka tahap selanjutnya untuk memindahkan kurma ke lahan yang luas dari pot maka lakukanlah pembuatan lubang tanam untuk kurma dilahan yang sudah disiapkan tersebut. Lubang bisa di buat sekitar 70 x 70 x 70 cm dan jarak setiap lubangnya sekitar 3-4 meter.

10. Penaburan Pupuk Organik

Penaburan Pupuk Organik
Penaburan Pupuk Organik

Penaburan pupuk organik tidak kalah pentingnya, setelah melakukan pembuatan lubang tanam maka tahap yang diperlukan adalah dengan melakukan penaburan terlebih dahulu pupuk organik atau pupuk kompos buatan ke dalam setiap lubang secukupnya kemudian aduk dengan campuran tanah sampai merata.

11. Penanaman

Penanaman
Penanaman

Setelah semua penaburan pupuk kompos selesai, maka lakukanlah penanaman bibit kurma tersebut ke dalam lubang yang sudah disiapkan sebelumnya dan kemudian masukan ke dalam lubang dan timbun dengan tanah sampai padat supaya ketika hujan lebat atau angin kencang datang tidak mudah roboh.

12. Penyiraman

Ketika bibit kurma masih kecil alangkah baiknya melakukan penyiraman dengan air yang secukupnya untuk mencegah tanaman tersebut mati. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara menyiraman pagi atau sore hari.

13. Pemupukan

Pemupukan
Pemupukan

Pemupukan tidak kalah pentingnya dilakukan kerena dengan pemupukan maka akan membuat tanaman kurma yang ditanam tersebut cepat tumbuh dan berkembang. Namun selain pemupukan juga penyerbukan penting sekali sehingga serangga yang ada disekitar lahan tersebut berperan penting dalam proses penyerbukan tersebut.

14. Penyiangan

Penyiangan
Penyiangan

Penyiangan harus dilakukan apabila banyak tumbuhan gulma yang mengganggu pertumbuhan kurma, maka lakukanlah penyiangan secara berkala dan bagus agar tumbuhan kurma dapat tumbuh dengan baik. Tidak terlepas dari itu penjagaan buah sangatlah penting karena bisa saja buah yang dihasilkan akan dimakan oleh burung atau hewan lainnya. Maka dari itu lakukanlah pembungkusan buah kurma untuk menjaga buah dari berbagai gangguan.

15. Pemanenan

Panen
Panen

Pemanenan kurma bisa dilakukan apabila tanaman kurma sudah menghasilkan buah yang sudah matang dan benar-benar sudah berubah warna. Panen kurma bisa dilakukan ketika buah kurma sudah memiliki kulit lembut maka lakukanlah pemanenan secara cepat agar tidak di makan oleh hama.

Itulah 15 cara budidaya tanaman kurma agar bisa berbuah bagus dan optimal

Baca Juga