16 Cara Budidaya Kopi Arabika yang Baik Agar Menghasilkan Buah yang Melimpah
Cara budidaya kopi arabika untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan melimpah harus menggunakan cara-cara yang baik dan benar, karena dengan melakukan cara yang baik dan benar akan mendapatkan hasil yang bagus dan berkualitas. Oleh karena itu, maka simaklah cara budidaya kopi arabika berikut ini.

Kata.co.id – Kopi Arabika merupakan tanaman kopi yang banyak tumbuh di Indonesia dan tersebar dibeberapa daerah di tanah air sehingga pertumbuhan kopi arabika tersebut sangat meningkat dan bagus untuk dijadikan sebagai peluang usaha yang sangat menjanjikan.

Budidaya kopi arabika tersebut sangat mudah sekali dilakukan oleh para petani kebun, karena caranya yang sederhana dan tidak memerlukan modal yang cukup tinggi, dengan kemauan sendiri maka budidaya kopi arabika tersebut akan berjalan dengan lancar.

Tanaman kopi arabika tersebut merupakan jenis kopi yang berasal dari Brazil dan Ethiopia yang sampai sekarang tanaman kopi arabika tersebut sudah tersebut dibeberapa wilayah di tanah air. Berikut cara budidaya kopi arabika yang baik agar cepat menghasilkan buah yang sangat berkualitas.

1. Siapkan Modal

Budidaya kopi arabika tersebut tidak terlepas dari yang namanya mempersiapkan modal terlebih dahulu dengan tujuan agar tanaman kopi arabika yang akan dibudidayakan tersebut menjadi tidak terganggu. Modal sangat berperan penting terhadap budidaya kopi arabika tersebut. Oleh karena itu, sebelum menanam kopi arabika siapkanlah modal yang cukup agar proses budidaya menjadi lancar.

2. Siapkan Bibit

Siapkan Bibit
Siapkan Bibit

Kopi arabika yang bagus dijadikan sebagai bibit adalah buah yang sudah benar-benar matang, alangkah baiknya bibit yang digunakan untuk disemai yakni biji kopi yang sudah jatuh dari tangkainya. Bibit yang harus disiapkan tergantung lahan yang akan dijadikan sebagai tempat budidaya kopi arabika.

3. Syarat Tumbuh

Tahap selanjutnya adalah dengan dengan mengetahui terlebih dahulu syarat tumbuh kopi arabika di tempat tertentu agar mendapatkan hasil yang lebih bagus dan berkualitas. Berikut syarat tumbuh kopi arabika.

  • Kopi arabika bagus tumbuh dan berbuah di tempat dataran tinggi sekitar 800-2000 meter dpl.
  • Kopi arabika bagus tumbuh dengan suhu 15-25 derajat Celcius.
  • Kopi arabika bagus tumbuh dengan curah hujan antara 1800-3000 mm/tahun
  • Kopi arabika bagus tumbuh dalam keadaan pH tanah sekitar 5-6,5.

Itulah syarat tumbuh tanaman kopi arabika yang perlu diketahui terlebih dahulu agar dalam proses pembudidayaan kopi arabika dapat berjalan dengan lancar. Apabila menanam kopi arabika di tempat yang tidak sesuai seperti yang di atas maka akan tumbuh seperti biasanya, namun tidak akan mendapatkan hasil yang berkualiatas.

4. Siapkan Lahan

Siapkan Lahan
Siapkan Lahan

Lahan yang akan dijadikan tempat budidaya kopi arabika haruslah dipersiapkan terlebih dahulu dengan baik dan benar. Lahan yang harus disiapkan tersebut harus sesuai dengan syarat tumbuh kopi arabika agar mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Pengolahan Lahan

Pengolahan lahan dapat dilakukan dengan membersihkan kotoran dan semak-semak yang ada dilahan yang akan dijadikan sebagai tempat budidaya kopi arabika. Pengolahan lahan tersebut harus sesuai dan bersih dengan menggunakan berbagai alat seperti cangkul dan alat lainnya.

6. Persiapkan Tempat Penyemaian

Persiapkan Tempat Penyemaian
Persiapkan Tempat Penyemaian

Sebelum melanjutkan tahap selanjutnya, perlu diperhatikan terlebih dahulu sebelum menanam kopi arabika ke lahan yang sudah disiapkan tersebut. Lakukanlah persiapan tempat penyemaian untuk melakukan pembibitan dari biji supaya menjadi tumbuh bibit kopi arabika dengan membuat tempat penyemaian secukupnya.

7. Siapkan Media Tanam

Media tanam yang akan dijadikan sebagai tempat penyemaian yang menggunakan plastik maka diisi dengan tanah gembur dan campuran pupuk kompos seperti bubuk kayu dan lain sebagainya. Persiapan media tanam tersebut harus dilakukan dengan baik dan benar agar dalam proses pertumbuhan biji kopi yang ditanam nantinya menjadi tumbuh dengan cepat.

8. Penyemaian

Penyemaian
Penyemaian

Penyemaian dilakukan dengan memasukan biji kopi arabika kedalam tempat semaian plastik tersebut dengan baik dan diisi setiap plastik setiap biji agar dalam proses pertumbuhan nantinya dapat berjalan dengan lancar.

9. Pemindahan Bibit Semaian

Ketika bibit kopi arabika yang sudah disemai tersebut sudah besar dan tumbuh dengan baik maka lakukanlah pemindahan dengan tepat dan baik agar proses pertumbuhan nantinya menjadi bagus dan cepat besar.

10. Pembuatan Lubang Tanam

Pembuatan Lubang Tanam
Pembuatan Lubang Tanam

Baca Juga : Cara Budidaya Singkong Yang Tepat

Tahap selanjutnya adalah dengan membuat lubangan yang cukup untuk menanam bibit kopi arabika dengan ukuran 30 x 30 x 30 cm setiap lubangnya. Kemudian jarak antara lubang dengan lubang sekitar 1,5 meter dengan tujuan agar kopi arabika tersebut dengan baik dan cepat.

11. Penaburan Pupuk Kompos

Penaburan Pupuk Kompos
Penaburan Pupuk Kompos

Setelah dilakukan pembuatan lubang untuk menanam bibit kopi arabika maka taburlah pupuk kompos dan yang lainnya dengan tujuan agar bibit kopi arabika tersebut dapat tumbuh dengan cepat dan baik. Pupuk kompos tersebut bisa dimasukan setiap lubanganya 1 kg.

12. Lakukan Penanaman

Lakukan Penanaman
Lakukan Penanaman


Tahap selanjutnya adalah dengan melakukan penanaman ke dalam lubang yang sudah disiapkan pupuk kompos tersebut. Bibit kopi arabika yang sudah disemai tersebut lebih bagus di copot bungkusnya agar dalam proses pertumbuhan nantinya menjadi cepat dan tidak layu.

13. Pemupukan

Pemupukan
Pemupukan

Setelah tahap sebelumnya sudah dilakukan maka lakukanlah pemupukan terhadap kopi arabika yang sudah ditanam tersebut dengan pupuk Urea, Kcl, TSP dan tahap pemupukan dilakukan setelah umur 6 bulan setelah penanaman bibit kopi arabika.

14. Penyemprotan

Penyemprotan dapat dilakukan dengan tujuan memberantas hama yang dapat menyerang tanaman kopi arabika seperti hama daun, batang, akar dan buah. Penyemprotan tersebut harus dilakukan dengan baik agar proses pertumbuhan nantinya menjadi lebih baik. Penyemprotan tersebut dapat menggunakan obat-obatan khusus untuk tanaman biji kopi, jeruk dan sejenisnya.

15. Pemeliharaan

Pemeliharaan
Pemeliharaan

Dalam budidaya kopi arabika sangatlah penting sekali dalam proses pemeliharaan, maka dengan melakukan pemeliharaan tanaman kopi arabika akan jauh dari serangan hama dan penyakit. Pemeliharaan tersebut bisa dilakukan seperti membersihkan rerumputan sekitar yang mengganggu pertumbuhan tanaman kopi arabika.

16. Panen

Panen
Panen

Apabila kopi arabika sudah berbuah dan matang maka lakukanlah pemanenan dengan baik sebelum biji kopi arabika terjatuh ke bawah tanah. Kopi yang sudah siap dipanen adalah biji kopi yang sudah tua dan berwarna merah maka lakukanlah panen dengan segera sebelum dimakan oleh hewan liar.

Itulah cara budidaya kopi arabika yang sangat mudah dan sederhana dan dapat dijadikan sebagai peluang usaha yang sangat menjanjikan dan dapat dilakukan oleh para petani dengan cara tersebut.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.