16 Cara Budidaya Buah Kedongdong Agar Cepat Berbuah
Cara budidaya kedongdong bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang sangat bagus dan menjanjikan, selain itu budidayanya juga sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk pemula. Maka dari itu simaklah cara budidaya buah kedongdong yang benar dan tepat.

Kata.co.id - Buah kedongdong merupakan buah yang banyak tumbuh seluruh daerah di indonesia, keberadaan tanaman ini sangatlah merata karena banyak yang membudidayakan untuk dijadikan peluang usaha yang bagus dan menjanjikan. Membudidayakan buah kedongdong sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja karena cara yang digunakan sangatlah mudah dan sederhana, namun perlu teknik-teknik tertentu dalam membudidayakannya.

Cara budidaya buah kedongdong bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk pemula, karena cara yang sederhana. Buah kedongdong banyak dibudidayakan karena memiliki rasa yang manis dan asam, serta memiliki banyak khasiat lainnya yang berguna untuk kesehatan.

Sebelum anda membudidayakan kedongdong maka anda harus mengetahui terlebih dahulu persyarata tumbuh kedongdong agar dalam proses pembudidayaan nantinya dapat berjalan dengan baik.

Persyaratan tumbuh

  • Buah kedongdong lebih bagus di dataran rendah sampai dengan ketinggian sekitar 700 meter dpl.
  • Kedongdong juga bagus di tanam di lahan yang memiliki tanah gembur, organik dan lainnya.
  • Bagus dalam cuaca hujan yang sedang antara 1.000-1.500 mm/tahunnya.
  • Keadaan suhu yang bagus untuk kedongdong antara 20O – 30OC.  

Oleh karena itu, simaklah cara-cara budidaya kedongdong agar mendapatkan hasil yang melimpah dan berkualitas.

1. Pemilihan Bibit

Pemilihan Bibit
Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit kedongdong sangatlah penting sekali karena akan berpengaruh terhadap hasil yang akan di dapatkan. Maka untuk mendapatkan hasil yang bagus dan melimpah dalam membudidayakan buah kedongdong maka pilihlah bibit kedongdong yang bagus dan mempunyai buah yang berkualitas juga agar nantinya ketika panen tersebut bisa menghasilkan buah yang banyak dan bagus.

2. Cara Pembibitan

Cara Pembibitan
Cara Pembibitan

Cara pembibitan kedongdong juga tidak jauh beda dengan pembibitan yang lainnya, bisa dari cangkok, karena akan cepat berbuah. Cara pembibitan tersebut merupakan cara yang bagus dan lebih baik dalam membudidayakan kedongdong.

3. Persiapkan Lahan

Persiapkan Lahan
Persiapkan Lahan

Sebelum anda menanam kedongdong maka siapkanlah dari sekarang lahan yang akan dijadikan sebagai tempat menanam kedongdong. Apabila anda ingin mendapatkan hasil yang banyak maka siapkanlah juga lahan yang luas serta bibit yang banyak.

4. Pengolahan Lahan

Pengolahan Lahan
Pengolahan Lahan

Pengolahan lahan merupakan tahap yang paling penting juga, karena harus diperhatikan bagaimana baiknya untuk tempat kedongdong. Cara pengolahan tersebut bisa anda lakukan dengan membersihkan rumput liar serta bebatuan yang ada disekitar lahan yang akan dijadikan budidaya kedongdong.

5. Pembuatan Saluran Air

Pembuatan saluran air tidak kalah pentingnya, karena hal tersebut harus diperhatikan agar bibit kedongdong yang akan di tanam tersebut tidak busuk ketika tergenang air, baik air hujan atau air yang ada di tanah.

6. Pembuatan lubang

Pembuatan Lubang
Pembuatan Lubang

Pembuatan lubang sangat penting juga dalam proses pembudidayaan kedongdong agar bibit kedongdong nanti dapat tumbuh dengan baik ketika sudah ditanam. Pembuatan lubang tersebut harus secukupnya dan tidak terlalu besar sekitar 60 cm x 60 cm x 60 cm.

7. Penaburan Pupuk Kandang

Penaburan Pupuk Kandang
Penaburan Pupuk Kandang

Penaburan pupuk kandang tersebut bisa anda lakukan ketika anda sudah membuat lubang, taburlah pupuk kandang yang bagus tersebut ke dalam lobang dan campurkan dengan tanah aduk sampai merata.

8. Penanaman

Penanaman
Penanaman

Baca Juga : 16 Cara Budidaya Buah Nangka Agar Mendapatkan Hasil Melimpah

Penanaman bisa anda lakukan dengan cara dipindahkan dari cangkokan ke tanah langsung dengan syarat sudah memiliki akar yang banyak maka siap untuk di tanam kedalam tanah. Penanaman tersebut akan sangat berpengaruh terhadap hasil yang akan didapat pada panen, maka dalam menanam kedongdong harus dengan baik dan bagus agar dalam proses pertumbuhan nanti menjadi cepat.

9. Penyiraman

Penyiraman
Penyiraman

Penyiraman dapat dilakukan ketika pada musim kemarau tiba, maka penyiraman harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Ketika musim hujan anda tidak perlu menyiram kedongdong karena dari hujan juga sudah banyak air yang akan diserap oleh tanaman kedongdong.

10. Pemupukan

Pemupukan
Pemupukan

Pemupukan tidak kalah pentingnya, apabila bibit kedongdong yang sudah ditanam tersebut sudah baik dan tumbuh berkembang maka anda juga sudah siap untuk melakukan pemupukan ulang dengan pupuk kimia mutiara, za dan yang lainnya.

11. Penyemprotan

Penyemprotan
Penyemprotan

Penyemprotan dilakukan untuk mencegah dan membasmi hama yang menyerang tanaman kedongdong, karena hama ini bisa menyerang pohon dan daunnya, maka antisipasinya dengan memberikan semprotan dengan obat khusus membasmi hama.

12. Pemeliharaan

Pemeliharaan
Pemeliharaan

Pemeliharaan yang bagus ketika anda lakukan dengan cara melihat keadaan serta membersihkan tanaman gulma yang dapat mengganggu pertumbuhan kedongdong.

13. Pemangkasan

Pemangkasan
Pemangkasan

Dalam pembudidayaan kedongdong juga, pemangkasan harus dilakukan agar pohon kedongdong tersebut tidak terlalu tinggi serta pemangkasan tersebut dapat memberikan keadaan postif terhadap buah yakni dapat mempercepat proses pembuahan. Dalam pemangkasan ini perlu dilakukan hanya tangkai yang sekiranya tidak berlaku dan tidak bagus untuk proses pembuahan.

14. Pengendalian Hama

Pengendalian Hama
Pengendalian Hama

Pengendalian hama merupakan cara yang harus dilakukan oleh semua para petani, karena bisa saja baik pohon, buah atau daun kedongdong bisa terserang hama dan penyakit. Maka sebelum anda banyak buah terkena hama harus anda lakukan cara mengatasinya dengan diberi penghalang khusus dari berbagai hama seperti kelelawar dan sejenisnya.

15. Pemanenan

Pemanenan
Pemanenan

Buah kedongdong bisa dipanen ketika usianya sudah tua dan matang, bauh kedongdong yang sudah siap dipanen dengan memiliki ciri warnanya yang sudah kuning dan besar, maka siap untuk dipanen. Apalagi harga kedongdong tersebut relataif mahal maka anda akan berpeluang bagus dalam mendapatkan penghasilan yang cukup dan besar. Pemanenan harus dilakukan hanya yang sudah tua saja, dan yang masih muda biarkan saja tunggu hingga matang.

16. Pemasaran

Pemasaran
Pemasaran

Pemasaran buah kedongdong bisa dilakukan dengan banyak berbagai cara, salah satunya anda menjual ke pasar ataupun anda menjualnya dengan menjadikan manisan ataupun dengan cara lain, maka anda akan berpeluang besar kalau anda olah sendiri sebelum anda pasarkan.

Itulah 16 cara budidaya buah kedongdong yang mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Baca Juga