18 Cara Budidaya Jambu Kristal Yang Benar Agar Cepat Berbuah Lebat
Cara budidaya jambu kristal sangat mudah sekali dilakukan oleh siapa saja karena tidak memerlukan cara yang khusus bahkan membudidayakan jambu kristal akan mendapatkan hasil yang sangat bagus dan melimpah. Untuk membudidayakan jambu kristal agar cepat berbuah dan melimpah simaklah cara berikut ini.

Kata.co.id - Jambu kristal merupakan jambu yang banyak tumbuh di indonesia dan persebarannya juga sampai asia tenggara. Jambu kristal memiliki bentuk yang bulat longjong serta rasa yang manis membuat sebagian orang menggemari buah tersebut untuk dijadikan makanan dan yang lainnya.

Cara budidaya jambu kristal sangat mudah sekali karena tidak memerlukan cara-cara yang aneh dan yang dilakukan bisa saja namun menghasilkan hasil yang bagus dan berkualitas. Jambu kristal banyak sebutan di indonesia ada yang menyebut jambu bangkok, jambu besar dan yang lainnya, yang sudah pasti memiliki bentuk besar dan daging yang renyah dan rasa lezat.

Banyak para petani yang membudidayakan jambu kristal tersebut untuk dijadikan sebagai peluang usaha yang sangat bagus dan menjanjikan, karena dengan harga yang mahal serta cara budidayanya juga sangat mudah. Berikut cara budidaya jambu kristal dengan baik dan benar agar mendapatkan hasil buah yang berkualitas.

1. Siapkan Bibit

Siapkan Bibit
Siapkan Bibit

Bibit jambu kristal harus disiapkan terlebih dahulu dengan baik agar dalam proses pemanenan nantinya tidak kecewa. Bibit jambu kristal yang harus disiapkan adalah yang benar-benar sudah teruji kualitas buahnya dan tentunya tidak terkena penyakit.

2. Cara Pembibitan

Sebeleum menanam bibit jambu kristal alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu cara pembibitan dengan cara cangkok, dan stek dan ada juga dari biji. Untuk menghasilkan tanaman jambu kristal agar cepat berbuah yakni dengan cara mencangkok, karena usia untuk menghasilkan buahnya juga tidak terlalu lama.

3. Persyaratan Tumbuh

  • Jambu kristal bagus tumbuh dalam ketinggian antara 400-1500 m dpl.
  • Tanaman jambu kristal bagus tumbuh dalam curah hujan yang seimbang atau tropis dengan kemarau 4 bulan dalam setiap tahunnya.
  • Tanaman jambu kristal bagus tumbuh dalam suhu sekitar 20-30 derajat celcius.
  • Tanaman jambu bagus tumbuh dalam tanah dengan pH 5-7.

Itulah persyaratan yang paling penting dalam membudidayakan jambu kristal.

4. Persiakan Modal

Tahap selanjutnya adalah dengan mempersiapkan modal yang cukup agar dalam proses pembudidayaan jambu kristal menjadi lancar, karena modal akan sangat penting sebagai peran dalam proses budidaya tersebut.

5. Persiapkan Lahan

Persiapkan Lahan
Persiapkan Lahan

Lahan yang harus disiapkan adalah lahan yang benar-benar bagus dan terhindar dari longsor dan banjir karena apabila hal tersebut terjadi maka bibit jambu kristal tersebut akan tidak akan tumbuh dengan baik. Untuk mendapatkan hasil yang banyak maka siapkan juga lahan yang luas.

6. Pengolahan Lahan

Setelah lahan yang disiapkan, maka lakukanlah pengolahan lahan dengan baik yakni dengan membersihkan rerumputan yang ada disekitar lahan dengan alat bantuan seperti cangkul dan alat sejenisnya. Pengolahan lahan tersebut harus dilakukan dengan baik agar nantinya tidak berpotensi buruk terhadap bibit jambu kristal yang di tanam tersebut.

7. Pemilihan Media Tanam

Pemilihan Media Tanam
Pemilihan Media Tanam

Baca Juga : 16 Cara Budidaya Pisang Dengan Benar dan Tepat

Pemilihan media tanam juga bisa dilakukan apabila lahan yang disiapkan sempit dan tidak bagus, maka hal yang harus dilakukan adalah dengan memilih media media tanam seperti pot, polibag dan drum agar dalam proses pertumbuhannya juga tetap baik dan bagus. Apabila lahan yang disiapkan luas maka pilihlah menanam jambu kristal secara langsung di lahan terbuka yang sudah di olah.

8. Pembuatan Sanitasi

Pembuatan sanitasi sangat penting sekali agar bibit jambu kristal yang sudah di tanam tersebut tidak tergenangi air dan berpotensi mati, maka dari itu lakukanlah pembuatan sanitasi air dengan baik agar ketika musim hujan tiba tidak terjadi hal yang demikian.

9. Pembuatan Lubang Tanam

Pembuatan Lubang Tanam
Pembuatan Lubang Tanam

Pembuatan lubang tanam sangat bagus dilakukan agar ketika menanam mudah sekali, ukuran untuk membuat lubang sebagai tempat budidaya jambu kristal adalah 40 x 40 x 40 cm. Kemudian jarak antara lubang dengan lubang sekitar 1-2 meter.

10. Penaburan Pupuk Kandang

Tahap selanjutnya adalah dengan melakukan penaburan pupuk kandang yakni dengan kotoran sapi, kotoran domba dan kotoran ayam. Dari beberapa kotoran tersebut pilihlah salah satu yang paling baik dan kemudian taburkan ke dalam lubang dan aduk sampai merata dengan tanah.

11. Penanaman

Penanaman
Penanaman

Penanaman bibit jambu kristal dapat dilakukan dengan memasukan bibit tersebut ke dalam lubang kemudian timbun dengan tanah secara merata dan sampai padat. Lakukanlah penanaman tersebut dengan baik agar ketika hujan tiba tidak roboh.

12. Penyiraman

Penyiraman
Penyiraman

Penyiraman dapat dilakukan secara berkala ketika masih kecil dan musim kemarau. Penyiraman dapat dilakukan pada pagi hari atau sore hari agar dalam proses pertumbuhan jambu kristal tetap baik dan cepat.

13. Pemupukan Ulang

Pemupukan ulang sangat penting sekali dilakukan oleh petani agar dalam proses pertumbuhan nya juga bagus dan cepat, pemupukan dapat dilakukan secara berkala ketika masih kecil. Pupuk yang harus di pakai adalah dengan pupuk npk, mutiara dan yang lainnya. Lakukanlah pemupukan ulang secara merata di sekeliling tanaman jambu kristal

14. Penyiangan

Penyiangan
Penyiangan

Proses penyiangan bertujuan agar jambu kristal tersebut tidak mudah terserang hama ataupun penyakit, karena itulah penyiangan harus dilakukan secara berkala sampai berbuah dan besar.

15. Pemangkasan

Pemangkasan
Pemangkasan

Pemangkasan tidak kalah pentingnya lagi, dengan melakukan pemangkasan tersebut maka buah jambu kristal akan berpotensi bagus dalam proses pembuahan. Maka dari itu pemangkasan harus batang yang tidak mulus saja dan di buang.

16. Penyemprotan

Langkah selanjutnya adalah dengan cara penyemprotan terhadap tanaman jambu kristal agar tidak ada penyakit dan hewan lainnya yang menyerang dan merusak pertumbuhan jambu kristal. Penyemprotan dapat dilakukan dengan memakai obat khusus buah-buahan dengan dosis yang dianjurkan.

17. Pengendalian Hama dan Penyakit

Pengendalian Hama dan Penyakit
Pengendalian Hama dan Penyakit

Pengendalian hama tidak kalah pentingnya juga, ketika jambu tersebut sudah berbuah alangkah baiknya buah tersebut dilakukan pembungkusan dengan kain atau yang lainnya dengan tujuan agar buah tersebut tidak diserang oleh hama dan penyakit.

18. Panen

Panen
Panen

Panen jambu kristal dapat dilakukan apabila buah tersebut sudah tua dan matang, maka bisa dilakukan dengan cara pemanenan. Ciri buah yang sudah matang adalah kulit jambu tersebut sudah berubah warna menjadi buram atau sedikit menguning dan terlihat lembut pada kulitnya. Maka ketika ciri tersebut sudah nampak merata maka lakukanlah pemanenan dengan baik.

Itulah 18 cara budidaya jambu kristal dengan baik dan benar agar mendapatkan hasil buah yang melimpah.

Baca Juga