16 Cara Budidaya Blueberry yang Tepat dan Benar
Cara budidaya blueberry sangat bagus sekali dijadikan sebagai peluang usaha yang sangat menjanjikan, karena banyak sekali yang mencari dan membelinya, maka dari itu para petani yang membudidayakan blueberry akan berpeluang mendapatkan hasil yang melimpah.

Kata.co.id – Cara budidaya blueberry merupakan salah satu budidaya yang banyak dilakukan oleh petani untuk mendapatkan keuntungan yang banyak. Cara budidaya blueberry tersebut banyak dilakukan oleh siapa saja termasuk pemula, karena cara yang dilakukan untuk melakukan budidaya blueberry sangat mudah tidak susah.

Budidaya blueberry sering kali dijadikan sebagai peluang usaha dan menjadikan sebagai salah satu pekerjaan sampingan, karena sambil budidaya blueberry dapat juga membudidayakan yang lainnya. Walaupun harga blueberry tidak mahal seperti pedas, namun peminat dan pencari buah blueberry sangat banyak. Maka dari itu budidaya blueberry dapat memberikan salah satu pendapatan yang lumayan besar.

Budidaya blueberry perlu dilakukan cara-cara berikut untuk mendapatkan hasil buah yang melimpah dan berkualitas.

1. Persiapkan Bibit

Persiapkan Bibit
Persiapkan Bibit

Sebelum petani menanam tanaman blueberry sebaiknya mempersiapkan terlebih dahulu bibit blueberry yang baik dan bagus. Karena bibit yang disiapkan dan dijadikan sebagai pilihan utama maka akan berpengaruh besar terhadap penghasilan yang akan di dapatkan setelah panen tiba. Maka dari itu persiapkan bibit yang bagus dan tidak terkena penyakit dan hama agar proses pertumbuhan nantinya menjadi baik dan cepat.

2. Persyaratan Tumbuh

Budidaya blueberry tidak terlepas dari persyaratan tumbuh, karena persyaratan tumbuh tersebut akan sangat berpengaruh terhadap proses perkembangan nantinya. Oleh karena itu perhatikan oleh para petani tentang syarat pertumbuhan.

  • Tanaman blueberry bagus tumbuh dengan banyak sinar matahari
  • Tanaman blueberry bagus dalam dataran tinggi
  • Tanaman blueberry bagus tumbuh dalam tanah dengan pH 4-5.

3. Persiapkan Modal

Langkah selanjutnya adalah dengan mempersiapkan modal yang cukup untuk membudidayakan blueberry, karena untuk membudidayakan blueberry pasti memerlukan modal yang cukup, maka dari itu untuk memperlancar budidaya blueberry persiapkanlah modal yang secukupnya.

4. Persiapkan Lahan

Persiapkan Lahan
Persiapkan Lahan

Sebelum menanam blueberry maka tahap selanjutnya pasti harus dipersiapkan juga lahan yang cukup untuk budidaya blueberry, karena untuk mendapatkan hasil yang banyak dan melimpah maka siapkan juga lahan yang luas dan bagus, karena lahan yang disiapkan akan berpengaruh juga terhadap hasil yang akan didapatkan oleh petani. Oleh karena itu, siapkanlah lahan yang bagus dan layak untuk dijadikan tempat budidaya blueberry.

5. Persiapkan Media Tanam

Persiapkan Media Tanam
Persiapkan Media Tanam

Dalam budidaya blueberry, persiapan media tanam juga bisa dilakukan apabila menanam blueberry di dalam pot, polybag dan yang lainnya. Maka dari itu apabila memilih menanam blueberry dengan menggunakan pot dan polybag maka persiapkan juga dengan banyak, agar sama-sama mendapatkan hasil yang melimpah.

6. Pengolahan Lahan

Pengolahan Lahan
Pengolahan Lahan

Apabila menanam blueberry di daerah perkebunan khusus, maka tahap selanjutnya tersebut yakni dengan melakukan pengolahan yang baik dan benar. Pengolahan tersebut bisa menggunakan alat seperti cangkul dan sejenisnya, karena dengan melakukan pengolahan dengan baik maka akan baik pula ketika dijadikan tempat budidaya blueberry.

Pengolahan tersebut bisa dilakukan dengan membersihkan rerumputan dan bebatuan yang ada disekitar lahan yang akan dijadikan sebagai tempat budidaya blueberry.

7. Pembuatan Lubang Tanam

Pembuatan Lubang Tanam
Pembuatan Lubang Tanam

Setelah melakukan pengolahan yang baik dan benar, maka tahap selanjutnya adalah dengan melakukan pembuatan lubang tanam yang baik dan bagus, tujuan tersebut yakni supaya dalam proses penanaman dan pertumbuhan menjadi baik dan cepat.  Ukuran lubang yang dapat dibuat yakni 50 x 50 x 50 cm.

8. Penaburan Pupuk Kandang

Penaburan Pupuk Kandang
Penaburan Pupuk Kandang

Setelah melakukan pembuatan lubang untuk media tanam, maka anda harus membuat dan melakukan penaburan pupuk kandang kedalam lubang secukupnya dan kemudian anda aduk pupuk kandang tersebut dengan tanah sampai dengan merata dan ketika sudah selesai maka biarkan terlebih dahulu selama 2 hari agar gas beracun yang ada di tanah dan lubang menjadi menghilang.

9. Penanaman

Penanaman
Penanaman

Baca Juga : 17 Cara Budidaya Buah Sirsak dengan Mudah dan Tepat

Tahap selanjutnya adalah dengan melakukan penanaman bibit blueberry yang sudah dipilih dan berkualitas ke dalam lubang yang telah disediakan pupuk kandang, kemudian masukan dan tabur dengan tanah sampai padat, namun jangan terlalu padat sekali karena akan terganggu pertumbuhan akar.

10. Penyiraman/Pengairan

Penyiraman / Pengairan
Penyiraman / Pengairan

Setelah petani melakukan penanaman bibit blueberry, maka lakukanlah penyiraman yang cukup dan benar agar dalam proses pertumbuhan blueberry cepat dan mudah tumbuh dengan baik, penyiraman bisa dilakukan secara berkala dan dapat dilakukan setiap pagi atau sore hari dalam sehari agar bagus dalam proses pertumbuhan tanaman blueberry.

11. Pemupukan Ulang

Pemupukan Ulang
Pemupukan Ulang

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pemupukan secara berkala dan ulang dengan pupuk kimia yang bagus dan berkualitas untuk tanaman blueberry. Pupuk tersebut dapat menggunakan pupuk mutiara dan npk, urea dan yang lainnya. Penggunaan pupuk kimia tersebut barguna untuk proses mempercepat pertumbuhan tanaman blueberry.

12. Penyiangan

Penyiangan
Penyiangan

Tahap selanjutnya adalah dengan melakukan penyiangan secara berkala juga, karena dengan melakukan penyiangan, maka tanaman blueberry akan terhindar dari berbagai ancaman seperti hama dan penyakit.

13. Pemangkasan

Pemangkasan tanaman blueberry apabila sudah memiliki batang besar dan tinggi, maka petani bisa melakukan pemangkasan dengan memotong batang yang tidak berguna. Tujuan pemangkasan tersebut adalah agar tanaman blueberry tetap pendek dan berbuah lebat.

14. Pengendalian Hama dan Penyakit

Pengendalian Hama dan Penyakit
Pengendalian Hama dan Penyakit

Hal yang salah satu ini adalah dengan melakukan pengendalian hama dan penyakit, biasanya para petani jarang sekali melakukan hal seperti ini, seharusnya petani bisa melakukan pengendalian hama dan penyakit dengan mengontrol tanaman blueberry 2x dalam seminngu agar kelihatan baik buruknya pertumbuhan tanaman blueberry.

15. Penyemprotan

Hal yang perlu dilakukan lagi adalah dengan melakukan penyemprotan, yakni dengan bertujuan agar tanaman blueberry dapat cepat tumbuh dan terhindar dari berbagai hama yang menyerangnya. Penyemprotan dapat dilakukan setiap berkala 4x selama setiap bulan.

16. Panen

Panen
Panen

Panen dapat dilakukan oleh petani ketika buah blueberry sudah benar-benar matang dan berubah warna menjadi lebih pudar tua, maka petani siap memanennya dengan baik dan segera dilakukan sebelum buah blueberry tersebut dimakan oleh hewan liar.

Itulah 16 cara budidaya blueberry dengan mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja agar mendapatkan hasil yang melimpah.

Baca Juga