17 Cara Budidaya Apel Merah Agar Cepat Berhasil
Cara budidaya apel merah merupakan salah satu pekerjaan yang sangat bagus dan juga banyak para petani apel yang sukses terhadap budidaya apel merah tersebut. Budidaya apel merah harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar, berikut langkah-langkah yang akan harus diperhatikan.

Kata.co.id - Buah apel merupakan buah yang banyak dibudidayakan di indonesia dan tersebar di berbagai wilayah di tanah air yang memiliki suhu dingin. Buah apel tersebut merupakan buah yang berasal dari asia tengah yang penyebarannya semakin cepat. Buah apel memiliki rasa yang manis serta memiliki bentuk bulat  seperti terong.

Cara budidaya apel merah sangat mudah sekali dan bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang sangat bagus dan menjanjikan, sehingga tidak heran banyak para petani yang sukses dan banyak mendapatkan keunggulan serta penghasilan yang luarbiasa dari menanam apel tersebut.

Ada beberapa cara untuk menanam dan membudidayakan buah apel dengan cara berikut agar mendapatkan hasil yang bagus dan melimpah, tentunya dalam membudidayakan apel merah tersebut agar berhasil.

1. Siapkan Modal

Dalam membudidayakan apel merah pertama kali anda harus mempunyai modal terlebih dahulu baik modal kecil atau yang besar. Karena bagaimana pun modal akan dibutuhkan baik untuk membeli obat, pupuk dan yang lainnya. Maka dari itu sebagai petani apel pemula siapkan terlebih dahulu modal secukupnya.

2. Syarat Tumbuh

Syarat Tumbuh
Syarat Tumbuh

Syarat untuk tumbuh apel merah yakni;

  • Apel merah lebih baik ditanam yang memiliki suhu 15 sampai 27 derajat C.
  • Tanaman apel membutuhkan sinar matahari sekitar 50-60% setiap harinya.
  • Curah hujan yang ideal dan sedang adalah 1.000-2.600 mm/tahunnya.
  • Apel bagus dalam dataran tinggi sekitar 1000-1200 m dpl.

3. Pemilihan Bibit

Pemilihan Bibit
Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit apel sangat penting sekali dan perlu diperhatikan agar proses panen nantinya mendapatkan hasil yang bagus dan berkualitas. Pemilihan bibit apel tersebut harus apel yang benar-benar sudah menghasilkan buah yang bagus, besar dan manis, maka anda bisa menjadikan bibit apel tersebut sebagai pilihan.

4. Cara Pembibitan

Cara Pembibitan
Cara Pembibitan

Sebelum anda memulai penanaman ternyata dari beberapa petani yang sudah dilakukan yakni dengan cara penyetekan serta melakukan cara pemindahan bibit apel dari induknya dan dipisahkan serta harus memiliki akar yang akan dijadikan sebagai bibit apel baru.

5. Pemilihan media Tanam

Pemilihan Media Tanam
Pemilihan Media Tanam

Pemilihan media tanam ternyata lebih baik juga, ada yang menggunkan polybag, ada drum bekas, dan ada langsung ke tanah kebun khusus. Semua pilihan media tanam tersebut sangatlah bagus asalkan menggunakan tanah yang memiliki zat baik dan mengandung unsur organik.

6. Persiapkan Lahan

Persiapkan Lahan
Persiapkan Lahan

Persiapan lahan bisa anda lakukan dengan cara menyiapkan terlebih dahulu lahan yang akan dijadikan sebagai tempat budidaya apel kemudian siapkan juga bibit apel secukupnya. Apabila ingin mendapatkan buah apel yang bagus dan baik maka anda harus mempersiapkan terlebih dahulu lahan seluasnya dan bibitnya juga.

7. Pengolahan Lahan

Pengolahan Lahan
Pengolahan Lahan

Pengolahan lahan bisa anda lakukan sebelum anda menanam bibit apel yang sudah diseiapkan. Kelolalah lahan yang akan dijadikan sebagai tempat menanam apel dengan cara membersihkan rumput liar serta tanaman lain yang dapat mengganggu pertumbuhan buah apel tersebut.

8. Persiapkan Pupuk Organik

Persiapkan Pupuk Organik
Persiapkan Pupuk Organik

Dalam membudidayakan apel merah ternyata lebih bagus mempersiapkan pupuk organik yang dijadikan sebagai pupuk untuk mempercepat pertumbuhan apel merah tersebut. Pupuk organik yang bagus tersebut bisa anda gunakan seperti kotoran domba, sapi, ayam dan yang lainnya.

9. Pembuatan Bedengan

Pembuatan Bedengan
Pembuatan Bedengan

Budidaya apel merah ternyata pembuatan bedengan sangat diperlukan agar bedengan yang dibuat tersebut menjadi salah satu penunjang untuk saluran air atau sebagai tempat sanitasi air dan apabila hujan tiba maka tidak akan terjadi genangan air yang sangat besar.

10. Pengapuran

Pengapuran
Pengapuran

Sebelum anda menanam apel merah, alangkah baiknya anda menggunakan pengapuran terlebih dahulu agar tanah yang di beri kapur khusus menjadi subur dan menambah keasaman Ph nya. Lakukanlah pengapuran secukupya sesuai luas yang disiapkan.

11. Pemupukan

Pemupukan
Pemupukan

Budidaya apel merah memang bisa dibilang susah akan tetapi jika semua hal tersebut dijalani dan dilakukan dengan baik maka akan menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda. Tentunya sebelum menanam apel merah maka anda harus lakukanlah pemupukan atau penaburan terlebih dahulu ke tanah yang sudah diolah dan gunakanlah pupuk secukupnya.

12. Penanaman

Penanaman
Penanaman

Baca Juga : 19 Cara Budidaya Jambu Bol Agar Cepat Berbuah

Setelah anda melakukan tahap sebelumnya maka anda siap untuk menanam apel merah dan dimasukan kedalam tanah jika pembudidayaan apel merah tersebut dilakukan khusus di perkebunan luas. Akan tetapi jika melakukan penanaman di dalam drum atau polybag maka tanamlah bibit apel merah tersebut dengan baik dan benar.

13. Penyiraman

Penyiraman
Penyiraman

Setelah anda melakukan penyiangan, maka anda bisa menyiram bibit apel merah tersebut dengan air secukupnya agar proses pertumbuhan nanti menjadi bagus dan lancar. Penyiraman bisa dilakukan pada pagi atau sore hari, itu semua apabila pada musim kemarau, tetapi jika pada musim hujan tiba maka siramlah sesuai dan secukupnya saja, bahkan tidak perlu menyiramnya.

14. Penyiangan

Penyiangan
Penyiangan

Dalam budidaya apel merah ternyata masalah penyiangan perlu sekali dilakukan oleh para petani apel agar tanaman apel tersebut tidak terganggu oleh tanaman lain yang bisa merusak pertumbuhan buah apel. Penyiangan tersebut bisa dilakukan apabila berkebun di lahan yang luas dan terbuka. Maka dari itu lakukanlah penyiangan yang baik agar tanaman apel tersebut bisa bertumbuh dengan baik.

15. Pemupukan Ulang

Setelah sekian lama melakukan berbagai tahap, maka anda harus melakukan pemupukan ulang lagi terhadap tanaman apel agar apel tersebut bisa menghasilkan buah yang banyak dan berkualitas. Pupuk yang bagus dan bisa digunakan oleh petani yakni pupuk mutiara khusus buat buah apel.

16. Pengendalian Hama dan penyakit

Pengendalian Hama dan Penyakit
Pengendalian Hama dan Penyakit

Pengendalian hama yang dilakukan dalam budidaya buah apel ternyata lebih penting sekali karena buah apel bisa saja dimakan oleh hewan apa saja, maka dari itu jagalah buah apel dari gangguan hewan dan penyakit.

17. Panen

Panen
Panen

Tahap yang sangat di tunggu-tunggu oleh petani yakni dengan melakukan panen, panen apel ternyata harus dilakukan apabila sudah tua dan berubah warna. Maka anda siap untuk memanennya sebelum buah apel dimakan oleh hewan liar.

  • Ciri buah apel yang siap untuk dipanen tersebut adalah warna yang sudah berubah tua/pudar
  • Bentuk buah menjadi lebih licin mengkilap

Itulah 17 Cara budidaya buah apel merah dengan mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Baca Juga