16 Cara Budidaya Apel Hijau Dengan Benar Agar Mendapatkan Hasil Yang Melimpah
Budidaya Apel hijau banyak dilakukan oleh para petani kebun untuk mendapatkan keuntungan yang banyak dan menjanjikan, karena harganya yang mahal maka akan mendapatkan hasil yang melimpah dan besar. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil yang banyak dalam budidaya apel hijau berikut cara budidayanya.

Kata.co.id - Apel Hijau merupakan jenis buah-buahan yang banyak tumbuh di asia tenggara bahkan banyak juga di indonesia yang membudidayakan untuk mendapatkan penghasilan yang melimpah. Buah apel tersebut memiliki rasa yang yang manis dan berbentuk bulat lonjong.

Cara budidaya apel hijau sangat mudah sekali dilakukan oleh para petani bahkan pemula juga bisa membudidayakan apel hijau tersebut, hanya saja harus memerlukan cara yang baik dalam membudidayakan apel hijau tersebut. Para petani membudidayakan apel hijau banyak dijadikan sebagai peluang usaha yang sangat bagus dan baik, karena selain mendapatkan keuntungan yang banyak harga apel hijau tersebut tetap stabil. Maka dari itu, budidaya apel hijau tersebut bagus dijadikan sebagai sebuah pekerjaan yang tetap yang akan menjadikan para petani sukses.

Berikut cara budidaya apel hijau dengan teknik-teknik sederhana akan tetapi mendapatkan hasil yang melimpah.

1. Persiapkan Modal

Sebelum menanam apel hijau alangkah baiknya dan seharusnya memiliki dan mempersiapkan modal terlebih dahulu agar dalam proses selanjutnya tetap lancar dan tidak akan terjadi hal yang demikian. Modal akan sangat berperan penting dalam membudidayakan apel hijau tersebut untuk membeli pupuk dan obat-obatan dan masih banyaknya lagi. Oleh karena itu, sebelum menanam apel hijau maka siapkan terlebih dahulu modal yang secukupnya.

2. Syarat Tumbuh

Syarat tumbuh apel hijau tidak jauh berbeda dari apel menanam apel hijau. Persyaratan tumbuh apel hijau harus diperhatikan juga karena akan berpengaruh besar terhadap pertumbuhan apel hijau nantinya.

  • Tanaman apel hijau bagus tumbuh di dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 1000-1200 meter dpl.
  • Tanaman apel hijau bagus tumbuh dalam keadaan suhu antara 15-27 derajat Celcius.
  • Tanaman apel bagus tumbuh dalam curah hujan antara 1000-2600 mm/tahunnya.
  • Tanaman apel hijau bagus tumbuh dalam tanah yang subur dan banyak unsur haranya.

Itulah syarat tumbuh tanaman apel hijau.

3. Persiapkan Bibit

Persiapkan Bibit
Persiapkan Bibit

Bibit apel hijau harus dipersiapkan terlebih dahulu bibit yang bagus dan tidak terkena hama dan penyakit. Bibit apel hijau harus dipersiapkan dengan baik sebelum menanam tanaman apel tersebut, karena apel yang dipilih tersebut akan sangat berpegaruh terhadap panen yang akan dij=hasilkan tersebut. Bibit apel hijau harus dipersiapkan yang sudah teruji menghasilkan buah yang super dan berkualitas.

4. Persiapkan Lahan

Persiapkan lahan
Persiapkan lahan

Langkah selanjutnya adalah dengan mempersiapkan lahan yang akan di jadikan sebagai tempat budidaya apel hijau, lahan yang harus disiapkan tentunya harus yang terhindar dari bencana longsor dan banjir. Apabila ingin mendapatkan buah apel yang sangat banyak, maka siapkan juga lahan yang luas dan bagus.

5. Pemilihan Media Tanam

Pemilihan Media Tanam
Pemilihan Media Tanam

Pemilihan media tanam juga sangat penting sekali apabila tidak memiliki lahan yang luas, pemilihan media tanam yang tepat untuk mebudidayakan apel hijau bisa menggunakan drum pot dan polybag, karena dengan itu akan menunjang hal dengan baik dalam proses penanaman nantinya. Apabila ingin mendapatkan apel hijau yang maksimal maka gunakanlah lahan khusus untuk budidaya apel yang luas dan baik.

6. Pengolahan Lahan

Apabila budidaya apel tersebut dilakukan di daerah yang luas dan perkebunan khusus untuk apel hijau maka hal yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan rerumputan dan bebatuan yang mengganggu untuk proses pertumbuhan apel hijau nantinya. Pengolahan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan alat cangkul dan sejenisnya.

7. Pembuatan bedengan

Pembuatan Bedengan
Pembuatan Bedengan

Pembuatan bedengan memang sangat penting sekali agar dalam proses penanaman nantinya tidak terganggu oleh air hujan yang mengalir, karena dari itulah pentingnya pembuatan bedengan dengan baik agar air yang turun dari hujan tidak mengganggu proses pertumbuhan apel hijau nantinya.

8. Pembuatan Lubang

Pembuatan Lubang
Pembuatan Lubang

Baca Juga : 16 Cara Budidaya Markisa Agar Cepat Berbuah Lebat

Setelah melakukan pembuatan bedengan maka tahap selanjutnya adalah dengan membuat lubang untuk tempat menanam apel hijau. Pembuatan lubang tersebut bisa dilakukan dengan memiliki ukuran yang tepat 40 x 40 x 40 cm setiap lubangnya. Dan jarak antara lubang sekitar 2 meter sampai 3 meter agar dalam proses pertumbuhan nantinya baik dan bagus.

9. Penaburan Pupuk Organik

Setelah melakukan pembuatan lubang, maka lakukanlah penaburan pupuk organik yang secukupnya ke dalam lubang dengan ukuran sampai 2 kg. Pupuk organik yang bisa digunakan dengan pupuk kotoran domba dan ayam.

10. Penanaman

Penanaman
Penanaman

Setelah selesai penaburan pupuk kandang, maka tahap selanjutnya adalah dengan melakukan penaman apel hijau ke dalam lubang yang sudah disiapkan dan timbunlah apel hijau tersebut dengan tanah yang gembur dan injaklah sesuai aturan agar tanaman apel tersebut tidak roboh ketika musim hujan.

11. Penyiraman

Penyiraman dapat dilakukan ketika sudah melakukan penanaman apel hijau tersebut dengan cara meniram dengan baik sekeliling apel yang sudah di tanam tersebut kemudian lakukanlah setiap hari antara pagi dan sore hari agar dalam proses pertumbuhan apel hijau cepat.

12. Penyulaman

Penyulaman
Penyulaman

Penyulaman dapat dilakukan ketika bibit yang ditanam banyak yang mati dan alangkah baiknya segera melakukan penyulaman dengan menanam bibit baru lagi agar dalam proses pemanenan nanti menjadi tepat.

13. Penyiangan

Penyiangan
Penyiangan

Penyiangan tidak kalah pentingnya yang harus dilakukan, karena dengan melakukan penyiangan maka apel hijau tersebut tidak akan terserang penyakit dan hama, maka dari itu lakukanlah penyiangan yang baik dan benar.

14. Pemupukan Ulang

Pemupukan Ulang
Pemupukan Ulang

Pemupukan ulang harus dilakukan agar dalam proses pertumbuhan dan pembuahn cepat, maka pemupukan tersebut harus dilakukan secara berkala dan ketika masih kecil. Pupuk yang bisa digunakan adalah pupuk mutiara dan pupuk urea.

15. Pengendalian Hama dan Penyakit

Pengendalian Hama dan Penyakit
Pengendalian Hama dan Penyakit

Pengendalian hama dan penyakit tidak kalah pentingnya dalam pembudidayaan apel hijau, pengendalian hama tersebut bisa dilakukan dengan cara mengontrol tanaman apel setiap hari dan melihat perkembangan bagaimana. Hal yang harus dilakukan untuk pengendalian hama yakni dengan melakukan penyemprotan daun, buah dan yang lainnya agar tidak terserang penyakit.

16. Panen

Panen
Panen

Panen apel memang sangat dinantikan oleh para petani untuk mendapatkan hasil yang melimpah, maka dari itu apel yang bisa dipanen tersebut adalah warnanya yang sudah pudar kusam dan besar maka lakukanlah proses pemanenan yang baik sebelum di makan oleh hama atau hewan liar.

Itulah 16 cara budidaya apel hijau yang mudah dan sederhana yang dapat memberikan hasil yang melimpah.  

Loading...

Baca Juga