15 Jenis Kaktus Mini Terbaik Yang Bisa Menjadi Hiasan Untuk Rumah
Kaktus adalah tumbuhan liar yang awalnya hanya menjadi tumbuhan yang tidak lebih dari pohon berduri. Namun bila dibandingkan sekarang. Kaktus menjadi salah satu tumbuhan favorit untuk tanaman rumahan. Nah bagi kalian yang ingin melihat jenis-jenis kaktus yang sesuai untuk rumah mari simak artikel bawah ini.

Kaktus merupakan jenis tanaman yang mampu hidup dikondisi lingkungan panas, kering, dan, kurang air. Habitat asli kaktus adalah di gurun pasir, sehingga mengharuskan kaktus beradaptasi dengan lingkungannya agar bisa bertahan hidup. Cara dia beradaptasi adalah dengan memiliki daun yang berbentuk duri untuk mengurangi penguapan, memiliki batang berlapis lilin untuk mempertahankan kadar air, memiliki batang yang tersusun oleh jaringan spon untuk menyimpan cadangan air, serta memiliki akar yang sangat panjang dan tersebar di tanah untuk menyerap air dan unsur hara. Kaktus hias ini tidak membutuhkan area tanam yang besar, sebuah pot kecil saja sudah cukup untuk mereka.

Untuk kamu yang mengaku pecinta tanaman, inilah 15 jenis kaktus mini yang wajib untuk mempercantik rumah. 

1. Astrophytum
Astrophytum
Astrophytum

Kaktus mini jenis Astrophytum ini bentuknya menyerupai bintang atau buah belimbing. Bunganya ada yang berwarna kuning, merah, dan, pink. Bagian batangnya membentuk seperti bola. Kaktus mini jenis ini termasuk yang cukup mudah berbunga. Untuk memancing pertumbuhan bunganya, kamu bisa meletakkan kaktus hias ini di ruangan dengan suhu sekitar 40º Celcius namun tidak terlalu banyak mendapat paparan sinar matahari.

2. Echinocactus Grusonii
Echinocactus Grusonii
Echinocactus Grusonii

Kaktus mini jenis Echinocactus Grusonii ini bentuknya menyerupai gentong. Kaktus yang berasal dari Meksiko dan Texas ini sering juga disebut sebagai golden barrel alias gentong emas.

Baca juga : 15 Cara Merawat Bunga Anggrek Dengan Baik dan Benar

3. Cereus Tetragonous
Cereus Tetragonous
Cereus Tetragonous

Kaktus mini jenis Cereus Tetragonous merupakan kaktus asli Amerika, yang tingginya bisa mencapai hampir 2 meter. Kaktus ini memiliki bentuk seperti kastil dan paling cocok untuk tanaman pot atau tanaman pagar.

4. Ferocactus
Ferocactus
Ferocactus

Kaktus mini jenis ini memiliki batang bulat berlekuk-lekuk dan duri tajam berwarna merah jambu. Keunikan dari jenis kaktus ini dibandingkan dengan jenis kaktus lain adalah jika jenis kaktus lain menggunakan bunga sebagai daya tariknya, maka jenis ini menggunakan duri sebagai daya tariknya.

5. Echinofossulocactus
Echinofossulocactus
Echinofossulocactus

Kaktus mini yang satu ini terlihat unik karena batangnya yang berwarna hijau tua dikelilingi dengan duri yang cukup besar. Kaktus mini Echinofossulocactus ini termasuk kaktus yang pertumbuhannya lambat. Ia membutuhkan waktu sekitar 3 tahun untuk mengeluarkan bunga. Bunganya sendiri ada yang berwarna putih, merah, dan kuning.

6. Gymnocalycium
Gymnocalycium
Gymnocalycium

Kaktus mini jenis Gymnocalycium ini memiliki bentuk yang menyerupai buah labu dengan tanduk sebagai tempat tumbuhnya bunga. Lucunya, bagian tanduk tempat bunga muncul ini tidak dipenuhi oleh duri. Bunganya bermekaran dengan indah di beberapa sisi dan warnanya sangat cerah.

7. Melocactus
Melocactus
Melocactus

Kaktus mini jenis Melocactus merupakan jenis kaktus yang tumbuh di daerah panas dan mempunyai tampilan nyetrik serta menarik. Dengan duri-duri yang panjang tidak membuat penanamnya tertusuk karena duri itu lemas ketika tersentuh, terkecuali dengan duri-duri yang kecil justru lebih keras dan tajam. Tidak semua bagian tubuhnya memiliki duri, namun hanya dibagian sudut-sudutnya saja yang berada diluar.

8. Ball Cactus
Ball Cactus
Ball Cactus

Kaktus mini jenis Ball Cactus memiliki nama latin magnifica yang mana merupakan spesies kaktus berbunga berasal dari Brazil selatan, tanaman kaktus tersebut dapat tumbuh hingga 7-15 cm. Bentuknya terdiri dari beberapa rusuk, berambut dan menghasilkan bunga yang berwarna kuning agak pucat. Seperti dengan namanya Ball Cactuss, tanaman tersebut adalah spesies kaktus yang berbentuk seperti bola dikelilingi duri.

9. Haworthia Attenuata
Haworthia Attenuata
Haworthia Attenuata

Kaktus mini jenis Haworthia Attenuata ini sering disebut-sebut sebagai tanaman zebra sekaligus lidah buaya mini. Kaktus yang satu ini memiliki duri-duri kecil di bagian pinggir batangnya. Kaktus yang berasal dari Afrika Selatan ini mampu bertahan hidup dengan sedkit cahaya sehingga cocok dijadikan penghias coffee table di ruang keluarga atau dapur.

10. Pincushion Cactus
Pincushion Cactus
Pincushion Cactus

Kaktus Pincushion Caktus merupakan tanaman kaktus yang miliki duri halus. Kaktus tersebut biasanya tumbuh dalam kelompok yang minim perawatan. Pincushion Cactus sendiri merupakan nama pasaran yang diberikan hampir kepada semua jenis kaktus berukuran kecil namun memiliki bentuk menarik dan beragam. Kamu dapat mencari lebih dari 175 jenis spesies kaktus kecil di seluruh belahan dunia.

11. Mamillaria Elongata
Mamillaria Elongata
Mamillaria Elongata

Kaktus Mamillaria Elongata habitat aslinya berasal dari Meksiko, seluruh permukaan pada tanaman hias ini diselimuti oleh duri halus yang memiliki warna kuning secara menyeluruh. Tidak hanya duri berwarna kuning, namun juga terdapat duri berwarna merah dibagian ujung-ujungnya. Bagian batang kaktus tersebut hampir tidak terlihat karena kerapatan duri halus yang menutupi secara meluruh.

12. Chepalocereus Senilis
Chepalocereus Senilis
Chepalocereus Senilis

Kaktus mini jenis ini mendapatkan julukan old man cactus karena penampakannya mirip manusia yang seluruh permukaan tubuhnya tertutup rambut panjang berwarna putih seperti uban mirip orang tua. Rambut putihnya bisa mencapai panjang 12 cm. Agar kaktus jenis ini bisa tumbuh secara optimal, maka harus diletakkan di tempat yang mempunya panas yang cukup dengan suhu berkisar 32o-40oC.

13. Parodia
Parodia
Parodia

Kaktus mini jenis ini memiliki bentuk seperti bola berduri. Untuk meletakkan kaktus jenis ini sebaiknya di tempat yang teduh, karena kaktus ini termasuk kaktus yang tidak suka terkena sinar matahari secara langsung. Bunga dari kaktus ini sangat indah dan memiliki beberapa macam warna seperti merah, kuning dan pink.

14. Mammillaria Fraileana
Mammillaria Fraileana
Mammillaria Fraileana

Kaktus mini jenis ini juga berasal dari genus yang sama dengan Mammillaria elongata dan Mammillaria elongata var intertexta. Memiliki batang berwarna hijau dan ditutupi oleh duri halus berwarna coklat kemerahan. Ciri khasnya adalah terdapat bercak putih dan bunga yang berukuran besar. Disekitar batang utama akan tumbuh anak-anak kaktus, sehingga seperti hidup berkelompok.

15. Lobivia Oganmaru
Lobivia Oganmaru
Lobivia Oganmaru

kaktus mini jenis ini dapat tumbuh hingga setinggi 5 cm. Bentuk Lobivia Oganmaru sangat unik cantik dan berwarna kuning alami mencolok, sangat cocok sekali jika dijadikan hiasan di atas meja kerja, ruang tamu dan tempat-tempat beraktivitas yang mana akan menambah semangat bekerja kamu.

Baca Juga