Workshop - Pengertian, Ciri, Tata Pelaksanaan, Jenis, Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Mempersiapkannya
Workshop merupakan tempat berkumpulnya para individu yang berkaitan dan berinteraksi satu sama lain dengan memaparkan gagasan yang mereka miliki, agar mereka bisa menyelesaikan suatu permasalahan. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian, ciri, tata pelaksanaan, jenis, kelebihan, kekurangan, dan cara mempersiapkan workshop berikut ini.

Masalah akan selalu ada dalam kehidupan kita. Biasanya masalah akan lebih cepat teratasi jika kita mau mencari jalan keluarnya bersama dengan orang lain. Salah satu caranya adalah dengan melakukan workshop. Apa kamu sudah paham dengan apa yang dimaksud dengan workshop? Simak pembahasan lengkap tentang pengertian, ciri, tata pelaksanaan, jenis, kelebihan, kekurangan, dan cara mempersiapkan workshop berikut ini.

Pengertian Workshop

Workshop - Pengertian, Ciri, Tata Pelaksanaan, Jenis, Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Mempersiapkannya
Pengertian Workshop

Workshop, atau yang sering disebut dengan istilah lokakarya, berasal dari kata "work" yang artinya kerja, dan "shop" yang artinya toko. Dengan demikian, workshop merupakan tempat berkumpulnya para individu yang berkaitan dan berinteraksi satu sama lain dengan memaparkan gagasan yang mereka miliki, agar mereka bisa menyelesaikan suatu permasalahan.

Kata workshop juga bisa diartikan sebagai tempat berkumpulnya sejumlah orang yang memiliki latar belakang yang sama, yang berdiskusi tentang suatu permasalahan dengan cara memberi gagasan / pendapat tentang masalah tersebut.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, workshop merupakan pertemuan yang dilakukan untuk saling bertukar ilmu pengetahuan dan pengalaman di antara para peserta yang memiliki profesi atau keahlian yang sama. Workshop berguna untuk menambah ilmu pengetahuan atau mendapatkan solusi terbaik atas permasalahan tertentu.

Ciri-Ciri Workshop

Workshop - Pengertian, Ciri, Tata Pelaksanaan, Jenis, Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Mempersiapkannya
Ciri-Ciri Workshop

Berikut ini adalah beberapa ciri workshop yang perlu kamu ketahui:

1. Membahas permasalahan tertentu yang berasal dari peserta workshop.

2. Cara yang digunakan peserta workshop untuk menyelesaikan masalah adalah dengan bermusyawarah dan melakukan penyelidikan.

3. Setiap peserta diwajibkan untuk aktif saat berpartisipasi dalam kegiatan workshop, dengan cara memberi gagasan atau pendapat yang ia miliki, sehingga pada akhirnya mereka bisa berdiskusi dan menentukan solusi terbaik atas permasalahan tersebut.

Tata Pelaksanaan Workshop

Workshop - Pengertian, Ciri, Tata Pelaksanaan, Jenis, Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Mempersiapkannya
Tata Pelaksanaan Workshop

Ada beberapa rangkaian acara yang biasanya dilakukan dalam suatu workshop, seperti:

1. Menjelaskan tujuan diadakannya workshop.

2. Menyebutkan masalah yang akan dibahas dalam workshop.

3. Menjelaskan prosedur teknis workshop.

4. Membahas permasalahan tersebut dengan beberapa orang.

5. Menentukan solusi / jalan keluar atas permasalahan tersebut.

Jenis-Jenis Workshop

Workshop - Pengertian, Ciri, Tata Pelaksanaan, Jenis, Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Mempersiapkannya
Jenis-Jenis Workshop

Ada banyak sekali jenis workshop jika dilihat dari berbagai sudut pandang. Berikut ini adalah jenis-jenis workshop yang perlu kamu ketahui:

1. Jenis-Jenis Workshop Berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan sifatnya, workshop dibedakan menjadi dua jenis:

  • Workshop Mengikat

Hasil dari workshop ini bisa mengikat seluruh peserta yang hadir di dalamnya. Contoh dari workshop mengikat adalah standarisasi ISO.

  • Workshop Tidak Mengikat

Hasil dari workshop ini tidak bisa mengikat seluruh peserta yang hadir di dalamnya. Peserta tidak diwajibkan untuk mengikuti hasil yang diperoleh dari workshop tersebut. Contoh workshop tidak mengikat adalah workshop mengenai zat kimia yang terkandung dalam asap kendaraan.

2. Jenis-Jenis Workshop Berdasarkan Waktunya

Berdasarkan waktunya, workshop dibagi menjadi dua jenis:

  • Workshop Beruntun

Workshop beruntun merupakan jenis workshop yang dilakukan selama periode waktu tertentu. Misalnya dilakukan selama tiga hari berturut-turut.

  • Workshop Berkala

Workshop berkala merupakan jenis workshop yang dilakukan dalam jangka waktu berkala seperti perminggu atau perbulan.

Kelebihan Workshop

Adapun kelebihan yang dimiliki workshop adalah sebagai berikut:

1. Peserta workshop memperoleh informasi atau keterangan teoritis yang mendalam tentang permasalahan tertentu.

2. Peserta workshop memperoleh berbagai petunjuk praktis guna melaksanakan tugasnya.

3. Peserta workshop dilatih untuk bersikap dan berpikir secara ilmiah.

4. Peserta workshop dilatih agar mampu bekerjasama dengan orang lain.

Kekurangan Workshop

Selain kelebihan, tentu saja workshop juga memiliki kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang dimiliki workshop:

1. Membutuhkan persiapan yang relatif lama untuk melakukan sebuah workshop.

2. Memerlukan banyak tenaga dan menghabiskan biaya yang cukup besar.

3. Jika workshop dilaksanakan di suatu sekolah, biasanya hal ini akan mengganggu guru dalam kegiatan belajar-mengajar siswa.

4. Bisa mengakibatkan perselisihan pendapat (pro dan kontra).

Baca Juga: Sosialisasi - Pengertian, Tujuan, Pola, Jenis, Tahap, dan Agennya.

Cara Mempersiapkan Workshop

Workshop - Pengertian, Ciri, Tata Pelaksanaan, Jenis, Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Mempersiapkannya
Cara Mempersiapkan Workshop

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk bisa melakukan sebuah workshop:

1. Buat Perencanaan

Pertama-tama, kamu harus menentukan tujuan diadakannya workshop. Apakah hanya memberikan informasi atau bimbingan tentang topik tertentu, atau untuk mendapatkan solusi atas permasalahan tertentu. Setelah itu, buatlah rancangan presentasi untuk workshop, serta perkiraan alokasi waktu yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk berlatih memberikan presentasi kepada rekan, teman atau kerabat dekatmu. Minta mereka untuk memberikan pendapat dan saran mengenai isi presentasi yang kamu lakukan.

2. Siapkan Bahan Pendukung Workshop

Siapkan bahan pendukung workshop seperti naskah tulisan, atau data penting yang nantinya akan dibagikan pada para peserta. Kamu juga bisa menggunakan alat peraga visual, misalnya dengan menunjukkan film atau video tertentu agar presentasimu terlihat menarik bagi peserta workshop.

3. Mendorong Partisipasi dari Peserta Workshop

Aturlah ruangan sedemikian rupa agar peserta bisa nyaman saat berdiskusi. Siapkan juga papan tulis untuk mencatat ide kreatif yang nantinya akan diajukan oleh para peserta. Jangan lupa untuk memasukkan kegiatan interaktif seperti games dalam kegiatan workshopmu. Hal ini akan meningkatkan tingkat partisipasi dari peserta workshop. Sertakan pula sesi tanya jawab agar peserta bisa mengajukan pertanyaan.

4. Selalu Siapkan Rencana Cadangan

Kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal penting yang bisa saja timbul di luar perkiraan, misalnya jumlah peserta yang hadir hanya sedikit, laptop rusak, dan lain sebagainya. Karena itulah, jika memungkinkan, ada baiknya kamu membuat rencana cadangan untuk mengantisipasinya. Misalnya saja dengan menyiapkan laptop ekstra, dan lain sebagainya.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian, ciri, tata pelaksanaan, jenis, kelebihan, kekurangan, dan cara mempersiapkan workshop yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai workshop.

Baca Juga