Pengertian Windows, Fungsi, Sejarah Perkembangan, dan Kelebihannya
Windows merupakan sistem operasi buatan Microsoft, di mana sistem operasi ini menyediakan antarmuka grafis agar lebih mudah digunakan oleh user. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian Windows berikut ini.

Sistem operasi (OS) merupakan perangkat lunak yang diperlukan agar suatu komputer bisa berfungsi dengan baik. Ada banyak jenis sistem operasi, salah satu yang paling sering digunakan masyarakat adalah Windows. Lantas, apa itu pengertian Windows yang sebenarnya? Simak pembahasan lengkap tentang pengertian Windows, fungsi Windows, sejarah perkembangan Windows, dan kelebihan Windows berikut ini.

Pengertian Windows

Pengertian Windows, Fungsi, Sejarah Perkembangan, dan Kelebihannya
Pengertian Windows

Windows merupakan sistem operasi buatan Microsoft, di mana sistem operasi ini menyediakan antarmuka grafis agar lebih mudah digunakan oleh user. Dengan adanya Windows, user tak perlu lagi mengetik perintah melalui command line seperti yang ada pada MS-DOS. User cukup menggunakan mouse atau keyboard untuk memberi perintah kepada komputer untuk membuka menu, menjalankan perintah tertentu, mengedit file, menghapus file, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah pengertian Windows menurut para ahli:

1. Menurut Rico Syarif

Pengertian Windows menurut Rico Syarif adalah sistem operasi yang dibuat oleh Bill Gates dari perusahaan ternama yaitu Microsoft.

2. Menurut Ikhlasul

Pengertian Windows menurut Ikhlasul adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan masyarakat di seluruh dunia.

3. Menurut Wikipedia

Pengertian Windows menurut Wikipedia adalah sistem operasi yang dibangun dan dipasarkan oleh Microsoft. Hingga kini, ada banyak sekali versi Windows, yang terbaru adalah Windows 10.

Fungsi Windows

Pengertian Windows, Fungsi, Sejarah Perkembangan, dan Kelebihannya
Fungsi Windows

Berikut ini adalah beberapa fungsi yang dimiliki sistem operasi Windows:

1. Menghubungkan aplikasi dan perangkat keras sehingga bisa terintegrasi serta bekerja dengan stabil dan konsisten.

2. Mengontrol dan mengelola sumber daya yang sedang dijalankan, termasuk software dan hardware yang ada pada komputer.

3. Mengelola sejumlah proses yang terdiri atas proses persiapan, penjadwalan, dan juga pemantauan program yang sedang dijalankan user.

4. Mengelola data input, mengelola data output, serta mengontrolnya.

Sejarah Perkembangan Windows

Pengertian Windows, Fungsi, Sejarah Perkembangan, dan Kelebihannya
Sejarah Perkembangan Windows

Windows awalnya diperkenalkan ke publik pada tahun 1985. Seiring berjalannya waktu, Windows terus mengalami perkembangan. Untuk lebih jelasnya, simak perkembangan Windows berikut ini.

1. Windows 1 (November 1985)

Windows ditemukan oleh Bill Gates. Pada tahun 1985, Windows 1 diluncurkan sebagai percobaan pertama terhadap antarmuka grafis versi 16 bit. Ciri khas dari Windows ini adalah sangat tergantung pada penggunaan mouse. Demi membantu user agar terbiasa dengan penggunaan mouse, Microsoft pun menyediakan sebuah game bernama Reversi. Cara memainkan game ini sangat bergantung pada kontrol mouse, sehingga user diharapkan terbiasa dalam menggerakkan mouse.

2. Windows 2 (Desember 1987)

Dua tahun kemudian, diluncurkanlah Windows 2. Windows ini mampu meminimalkan atau memaksimalkan diri, yang dilakukan dengan cara iconising atau zooming. Selain itu, control panel dan sejumlah pengaturan lainnya dijadikan satu sehingga memudahkan user.

3. Windows 3 (Mei 1990)

Pada tahun 1990, diluncurkan Windows 3 yang memerlukan hard drive. Windows 3 sukses tersebar luas di kalangan publik dan bersaing dengan Macintosh milik Apple Inc. Windows ini menjalankan program MS-DOS dan juga mendukung 256 warna sehingga antarmukanya terlihat lebih berwarna. Tak hanya itu saja, Windows 3 juga memperkenalkan permainan kartu Solataire sebagai salah satu inovasinya.

4. Windows 3.1 (1992)

Pada tahun 1992, Windows 3.1 diluncurkan ke publik dengan ciri khas utama berupa font TrueType. Windows yang satu ini bisa memainkan permainan Minesweeper dengan RAM sebesar 1 MB, serta menjadi windows pertama yang disebarluaskan melalui CD-ROM.

5. Windows 95 (Agustus 1995)

Hal yang paling menonjol dari Windows 95 adalah adanya tombol Start dan Menu Start yang ada hingga saat ini. Windows 95 juga memperkenalkan sistem 32 bit yang mendukung kegiatan multitasking. Selain itu, Windows 95 juga memiliki taskbar sehingga pengguna akan lebih mudah dalam menggunakan sistem operasi ini. Aplikasi browser seperti Internet Explorer juga mulai diperkenalkan pada versi ini.

6. Windows 98 (Mei 1998)

Windows 98 semakin lengkap karena memiliki Internet Explorer, Outlook Express, Windows Address Book, Microsoft Chat, dan lain sebagainya. Windows 98 juga mendukung penggunaan USB, termasuk USB hubs dan USB mice. Windows ini juga memiliki Windows Driver Model untuk komponen komputer dan aksesoris.

7. Windows 2000 (Februari 2000)

Windows ini diciptakan pada tahun 2000. Hal yang paling menonjol dari Windows 2000 adalah hibernation, yang letaknya bersamaan dengan shutdown, restart, dan stand by.

8. Windows XP

Pengertian Windows, Fungsi, Sejarah Perkembangan, dan Kelebihannya
Windows XP

Pada Windows XP, menu Start berwarna hijau dan tampilan visual pada taskbar sudah cukup baik. Selain itu, ada aplikasi ClearType, yang dirancang untk memudahkan suatu teks dibaca pada layar komputer. Sayangnya, kekurangan terbesar dari Windows XP adalah tingkat keamanannya.

9. Windows Vizta (2006)

Pada Windows Vizta, tampilan Windows lebih fokus pada unsur transparan, seperti pencarian dan fitur keamanan di dalamnya. Kendati demikian, sistem operasi ini membuat user agak terganggu karena sering menawarkan berbagai jenis aplikasi. Windows Vista juga agak lambat jika dijalankan pada komputer lama sehingga banyak yang menjulukinya sebagai produk gagal.

10. Windows 7

Windows 7 menjadi solusi tepat yang mengatasi segala bentuk masalah dan kritik yang diterima Windows Vizta. Desain dari Windows 7 lebih baik, sistem operasinya berjalan dengan cukup cepat, stabil, dan lebih mudah digunakan oleh user sehingga banyak orang yang berpaling ke Windows 7.

11. Windows 8 (2012)

Hal yang paling menonjol dari Windows 8 adalah adanya widget untuk menggantikan daftar program di tombol Start. Kendati demikian, tampilannya masih mirip dengan Windows 7. Kelebihan dari Windows 8 adalah dilengkapi dengan USB 3.0, serta dapat dijalankan dengan lebih cepat daripada versi sebelumnya.

12. Windows 10 (2015)

Windows 10 diluncurkan pada Juli 2015. Tampilannya lebih elegan dan minimalis sehingga user akan lebih nyaman saat menggunakannya. Ada beberapa fitur yang menarik di Windows 10, salah satunya adalah kemampuan untuk mengganti keyboard menjadi mode mouse dan mode tablet.

Baca Juga: Pengertian Modernisasi, Ciri, Syarat, Dampak, dan Contohnya.

Kelebihan Windows

Pengertian Windows, Fungsi, Sejarah Perkembangan, dan Kelebihannya
Kelebihan Windows

Kelebihan yang dimiliki oleh Windows antara lain sebagai berikut:

1. Memiliki interface yang user friendly atau lebih mudah digunakan oleh user.

2. Memiliki banyak sekali aplikasi, mulai dari aplikasi gratis hingga berbayar.

3. Memiliki fitur troubleshooting yang sangat membantu user.

4. Mendukung banyak sistem partisi.

5. Compatible dengan aplikasi office.

6. Banyak programmer yang memahami Windows sehingga lebih mudah untuk dikembangkan dan diperbaiki.

7. Mendukung berbagai jenis hardware jaringan komputer.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian Windows, fungsi Windows, sejarah perkembangan Windows, dan kelebihan Windows yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai Windows.

Baca Juga