Pengertian Westernisasi, Ciri, Contoh, Pola dan Media Penyebaran, Serta Dampaknya
Westernisasi adalah kecenderungan untuk menjadi sama seperti negara Barat. Bentuk dari westernisasi ini paling mudah dilihat dalam perilaku seseorang yang agak kebarat-baratan. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian westernisasi berikut ini.

Masyarakat seringkali menyamakan westernisasi dengan modernisasi. Keduanya dianggap memiliki arti yang sama, padahal keduanya jelas-jelas berbeda. Modernisasi merupakan proses yang mutlak ada dan dibutuhkan oleh setiap negara agar bisa berkembang ke arah yang lebih baik, sedangkan westernisasi merupakan proses penyebaran unsur-unsur budaya Barat yang seringkali bertentangan dengan kebudayaan setempat (budaya Timur). Simak pembahasan lengkap tentang pengertian westernisasi, ciri westernisasi, contoh westernisasi, pola dan media penyebaran westernisasi, serta dampak westernisasi berikut ini.

Pengertian Westernisasi

Pengertian Westernisasi, Ciri, Contoh, Pola dan Media Penyebaran, Serta Dampaknya
Pengertian Westernisasi

Secara umum, westernisasi diartikan sebagai kecenderungan untuk menjadi sama seperti negara Barat. Bentuk dari westernisasi ini paling mudah dilihat dalam perilaku seseorang yang agak kebarat-baratan. Berikut ini adalah pengertian westernisasi menurut para ahli:

1. Menurut Soerjono Soekanto

Pengertian westernisasi menurut Soerjono Soekanto adalah proses kehidupan yang mengutamakan industrialisasi dan juga sistem ekonomi kapitalis sehingga kehidupannya meniru atau berusaha sama persis dengan kehidupan masyarakat yang berada di negara Barat.

2. Menurut Koentjaraningrat

Pengertian westernisasi menurut Koentjaraningrat adalah peniruan gaya hidup orang barat yang dilakukan masyarakat secara berlebihan dalam bentuk gaya hidup, kebiasaan, gaya pergaulan, dan lain sebagainya. Westernisasi tidak cocok untuk diterapkan di negara Indonesia karena masyarakat kita masih menjunjung tinggi nilai-nilai budaya Timur.

3. Menurut Samuel P. Huntington

Pengertian westernisasi menurut Samuel P. Huntington dalam bukunya yang berjudul “The Clash of Civilization” adalah proses yang mengikuti segala bentuk gaya hidup masyarakat di dunia Barat.

Ciri-Ciri Westernisasi

Pengertian Westernisasi, Ciri, Contoh, Pola dan Media Penyebaran, Serta Dampaknya
Ciri-Ciri Westernisasi

Berikut ini adalah beberapa ciri dari westernisasi:

1. Gaya hidupnya mengikuti perkembangan yang terjadi di dunia Barat. Contohnya seperti bergaya hidup mewah, boros dalam belanja, dan lain sebagainya.

2. Terjadi hubungan sesama jenis, di mana hal ini tergolong sebagai hal yang sangat tabu di Indonesia.

3. Terjadi kasus pernikahan yang tidak sah.

4. Maraknya penyebaran video porno yang dikhawatirkan bisa merusak generasi bangsa.

5. Gemar minum minuman keras, menari dansa di bar, dan lain sebagainya.

Contoh Westernisasi

Pengertian Westernisasi, Ciri, Contoh, Pola dan Media Penyebaran, Serta Dampaknya
Contoh Westernisasi

Ada banyak sekali contoh westernisasi yang terjadi pada saat ini:

1. Banyaknya anak punk dan geng-geng motor yang dianggap gaul dan keren di mata masyarakat.

2. Nilai-nilai kebudayaan setempat yang mulai ditinggalkan masyarakat demi kesenangan pribadi. Buktinya, masyarakat di era modern ini lebih suka pergi menonton konser musik mancanegara daripada menonton pertunjukan seni tradisional.

3. Mengonsumsi makanan fast-food.

4. Bergaya hidup mewah.

5. Meniru gaya berpakaian masyarakat di negara Barat.

6. Mengubah warna rambut agar pirang seperti orang Barat.

7. Mencampur bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris demi terlihat keren.

Pola dan Media Penyebaran Westernisasi

Pengertian Westernisasi, Ciri, Contoh, Pola dan Media Penyebaran, Serta Dampaknya
Pola dan Media Penyebaran Westernisasi

Untuk menyebarkan westernisasi, biasanya dimanfaatkan sejumlah media dan pola penyebaran, baik itu melalui media hiburan, media informasi, dunia teknologi, media komunikasi, atau bahkan melalui media yang memegang kekuasaan di Indonesia. Perkembangan teknologi yang semakin lama semakin canggih membuat segala sesuatu bisa tersebar dengan mudah. Di satu sisi, perkembangan teknologi memang membawa dampak positif. Namun di sisi lain, perkembangan teknologi justru menjadi bumerang bagi budaya lokal yang terdapat di negara-negara Asia.

Dengan menggunakan sejumlah teknologi di bidang informasi dan komunikasi, budaya barat ditransfer dengan mudah ke seluruh penjuru dunia tanpa disadari secara langsung oleh pihak-pihak yang dipengaruhinya. Gaya berpakaian, gaya makan, gaya bahasa, gaya hidup, dan berbagai jenis elemen budaya Barat bisa dengan mudah mereka sebarkan lewat film atau media internet. Selain itu, di beberapa negara seperti Jepang, China, dan Afghanistan, kegiatan westernisasi ternyata pernah dilakukan dengan cara doktrin oleh para pemimpin yang memegang kekuasaan di negara tersebut.

Di Jepang misalnya, westernisasi pernah terjadi di era kekaisaran Meiji. Pada saat itu, Pangeran Yorihito Higashifushimi yang menjadi salah satu pemimpin negara mempraktikkan westernisasi di negaranya melalui gaya berpakaian. Lalu di Afghanistan, westernisasi juga pernah terjadi pada tahun 1920-an. Pemimpin mereka yang bernama Raja Amanullah Khan pernah berusaha untuk melakukan westernisasi di negara Afghanistan.

Baca Juga: Pengertian Litosfer, Fungsi, Pembagian, Komposisi, dan Macam-Macam Batuan Penyusunnya.

Dampak Westernisasi

Pengertian Westernisasi, Ciri, Contoh, Pola dan Media Penyebaran, Serta Dampaknya
Dampak Westernisasi

Berikut ini adalah dampak yang ditimbulkan oleh westernisasi:

1. Perubahan Perilaku Masyarakat

Pengaruh dari dunia Barat melalui tayangan televisi atau media internet tanpa sadar akan membuat perilaku masyarakat menjadi berbeda. Masyarakat mulai mengenal bahasa gaul yang tak terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Setelah itu, mereka membiasakan diri untuk berbicara memakai bahasa gaul. Akibatnya, nilai sopan santun yang ada dalam masyarakat menjadi pudar.

2. Jati Diri Bangsa dan Budaya Lokal Mulai Luntur

Banyak yang beranggapan kalau segala sesuatu yang berasal dari dunia Barat akan mengakibatkan lunturnya jati diri bangsa. Apalagi, kalangan remaja merupakan pihak yang paling sering terpengaruh dengan budaya Barat.

3. Perubahan Cara Hidup Masyarakat

Masyarakat di setiap negara mempunyai kebiasaan hidup tersendiri, yang disesuaikan dengan kondisi geografis negara, seperti keadaan alam, kondisi iklim, dan lain sebagainya. Itulah sebabnya, masyarakat di Amerika Serikat gemar minum minuman keras untuk menghangatkan tubuh mereka akibat iklim subtropis. Kebiasaan minum minuman keras ini tidak cocok diterapkan di negara tropis yang cenderung panas seperti Indonesia. Selain karena bertentangan dengan nilai dan norma masyarakat, minum minuman keras juga akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan manusia.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian westernisasi, ciri westernisasi, contoh westernisasi, pola dan media penyebaran westernisasi, serta dampak westernisasi yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai westernisasi.

Baca Juga