Pengertian Wawancara - Unsur, Manfaat, Jenis, Metode dan Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Wawancara
Wawancara merupakan pola interaksi yang dilakukan secara lisan untuk mencapai sebuah tujuan tertentu. Biasanya wawancara dilakukan dengan tanya jawab seputar konten tertentu. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian wawancara, unsur wawancara, manfaat, jenis, metode, dan hal-hal yang perlu diperhatikan saat wawancara berikut ini.

Jika kamu bekerja di bidang jurnalistik, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah wawancara. Biasanya wawancara dilakukan sebagai salah satu cara untuk mendapatkan informasi yang nantinya akan dijadikan sebagai berita dan dipublikasikan di media massa. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian wawancara, unsur wawancara, manfaat, jenis, metode, dan hal-hal yang perlu diperhatikan saat wawancara berikut ini.

Pengertian Wawancara

Pengertian Wawancara - Unsur, Manfaat, Jenis, Metode dan Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Wawancara
Pengertian Wawancara

1. Pengertian wawancara menurut KBBI

Wawancara merupakan kegiatan tanya jawab yang dilakukan untuk mendapatkan jawaban dari seseorang / kalangan tertentu yang biasa disebut dengan istilah narasumber.

2. Pengertian wawancara menurut Charles Stewart dan W.B. Cash

Wawancara merupakan proses komunikasi berupa tanya jawab yang memiliki sebuah tujuan serius.

3. Pengertian wawancara menurut Robert Kahn dan Channel

Wawancara merupakan pola interaksi yang dilakukan secara lisan untuk mencapai sebuah tujuan tertentu. Biasanya wawancara dilakukan dengan tanya jawab seputar konten tertentu.

4. Pengertian wawancara menurut Lexy J. Moleong

Wawancara merupakan percakapan yang dilakukan oleh dua pihak dengan maksud tertentu. Adapun kedua pihak yang melakukan wawancara adalah pihak pewancara (yang memberikan pertanyaan) dan pihak yang diwawancarai (yang menjawab pertanyaan).

5. Pengertian wawancara menurut Koentjaraningrat

Wawancara merupakan sebuah cara untuk mendapatkan informasi, yang dilakukan secara lisan kepada seorang responen dan saling bertatap muka.

Unsur-Unsur Wawancara

Pengertian Wawancara - Unsur, Manfaat, Jenis, Metode dan Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Wawancara
Unsur-Unsur Wawancara

Berikut ini adalah unsur-unsur pokok yang ada dalam sebuah wawancara:

1. Memiliki struktur tertentu

Wawancara memiliki struktur tertentu, seperti bagian awal, tengah, akhir, dan tindak lanjut wawancara.

  • Awal Wawancara

Awal wawancara merupakan tahap awal / permulaan. Biasanya pewawancara akan mengucapkan salam, memperkenalkan diri, serta menjelaskan maksud dan tujuan wawancara. Bisa dibilang kalau tahap awal wawancara ini sangat penting, karena berguna dalam menciptakan hubungan baik antara pewawancara dan narasumber.

  • Tengah wawancara

Tahap ini merupakan bagian pokok dalam sebuah wawancara. Pewawancara dan narasumber akan saling berkomunikasi, ada yang bertanya dan ada yang menjawab sesuai dengan ruang lingkup wawancara yang telah disepakati bersama sebelumnya.

  • Akhir wawancara

Setelah pewawancara mendapatkan informasi yang ia butuhkan, maka ia akan mengakhiri sesi wawancara. Pada tahap ini, biasanya pewawancara akan mengucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatan yang diberikan narasumber.

  • Tindak lanjut wawancara

Tindak lanjut wawancara meliputi hal-hal apasaja yang dilakukan setelah melakukan wawancara. Misalnya dijadikan dokumentasi, dibuat jadi berita dan dipublikasikan di TV, dan lain sebagainya.

2. Dilakukan oleh dua pihak

Bisa satu orang dengan satu orang, satu orang dengan beberapa orang, ataupun satu orang dengan banyak orang. Pihak yang mengajukan pertanyaan disebut pewawancara (interviewer), sedangkan pihak yang menjawab pertanyaan merupakan pihak interviewee.

3. Dilakukan secara tatap muka

Artinya bisa dilakukan dengan tatap muka secara langsung ataupun secara tatap muka jarak jauh. Tatap muka secara langsung misalnya wawancara yang dilakukan presenter TV dengan bertemu salah satu korban banjir di daerah Cikarang. Sedangkan tatap muka jarak jauh misalnya wawancara yang dilakukan lewat telepon.

Jenis-Jenis Wawancara

Pengertian Wawancara - Unsur, Manfaat, Jenis, Metode dan Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Wawancara
Jenis-Jenis Wawancara

Berdasarkan pelaksanaannya, wawancara dibedakan menjadi tiga jenis:

1. Wawancara Bebas

Artinya pewawancara boleh menanyakan apapun kepada narasumber. Tapi jangan salah, pertanyaan yang diajukan selama wawancara sebaiknya memang berhubungan dengan data yang diperlukan saja. Jika tidak, takutnya wawancara tak terkendali dan berujung pada hal yang tak diinginkan.

2. Wawancara Terpimpin

Pada jenis wawancara ini, pewawancara hanya boleh menanyakan narasumber dengan daftar pertanyaan yang telah tersedia secara lengkap dan rinci.

3. Wawancara Bebas Terpimpin

Jenis wawancara ini merupakan kombinasi dari wawancara bebas dan kombinasi terpimpin. Pewawancara membawa pedoman tentang apa yang boleh ia tanyakan secara garis besar.

Metode Wawancara

Pengertian Wawancara - Unsur, Manfaat, Jenis, Metode dan Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Wawancara
Metode Wawancara

Ada berbagai metode yang bisa dilakukan saat wawancara, antara lain sebagai berikut:

1. Mencatat

Tentunya pewawancara harus menyiapkan buku dan pena untuk melakukan metode yang satu ini. Jadi saat melakukan wawancara, pewawancara akan menuliskan hal-hal penting yang dikatakan narasumber pada buku yang telah ia siapkan sebelumnya.

2. Merekam (Recording)

Jika memilih metode merekam (recording), maka pewawancara harus membawa alat perekam saat mewawancarai narasumber. Dengan merekam, pewawancara tidak perlu repot mencatat isi wawancara. Ia juga tak perlu takut kehilangan sebagian isi dari wawancara tersebut, karena semuanya akan terekam dalam satu kesatuan.

Baca Juga: Pengertian Seni Teater - Unsur, Fungsi dan Jenisnya.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Wawancara

Pengertian Wawancara - Unsur, Manfaat, Jenis, Metode dan Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Wawancara
Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Wawancara

1. Posisi tubuh harus sopan. Bila wawancara dilakukan sambil duduk, maka duduklah dengan posisi yang tegap dan seharusnya. Jangan malah menantang karena pewawancara yang berkepentingan untuk mendapatkan informasi dari pihak narasumber.

2. Awali wawancara dengan salam pembuka (selamat pagi, selamat siang, dan lain sebagainya). Lalu perkenalkan dirimu sebagai wawancara dan asal organisasi / perusahaanmu.

3. Ajukan pertanyaan dengan jelas, usahakan agar suaramu bisa didengar oleh narasumber.

4. Jangan mengajukan pertanyaan yang terkesan sengaja menyudutkan dan menyinggung perasaan narasumber.

5. Jangan menyela saat narasumber sedang memberikan jawaban atau penjelasan.

6. Tutup wawancara dengan kalimat penutup atau ucapan terima kasih atas waktu dan juga kesempatan yang telah diberikan oleh narasumber.

Manfaat Wawancara

Wawancara memiliki sejumlah manfaat, di antaranya:

1. Berkenalan dengan orang penting (misalnya orang sukses atau tokoh penting di kalangan masyarakat).

2. Menambah wawasan hidup.

3. Mendapatkan inspirasi dan juga semangat hidup.

4. Mendapatkan motivasi untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian wawancara, unsur wawancara, manfaat, jenis, metode, serta hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat wawancara yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai wawancara.

Baca Juga