Pengertian WAN, Perangkat Utama, Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangannya
WAN atau Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup wilayah geografis yang sangat luas, karena bisa mencakup sebuah negara atau bahkan benua. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian WAN berikut ini.

Ada beberapa jenis jaringan komputer berdasarkan luas jangkauannya, salah satunya adalah jaringan WAN atau Wide Area Network. Jaringan yang satu ini memungkinkan terjadinya komunikasi di antara dua perangkat yang terpisah jarak yang sangat jauh. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian WAN, perangkat utama jaringan WAN, fungsi jaringan WAN, kelebihan WAN, dan kekurangan WAN berikut ini.

Pengertian WAN

Pengertian WAN, Perangkat Utama, Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangannya
Pengertian WAN

WAN atau Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup wilayah geografis yang sangat luas, karena bisa mencakup sebuah negara atau bahkan benua. Jaringan WAN menggunakan sarana fasilitas transmisi, seperti satelit, telepon, ataupun kabel bawah laut. Berikut ini adalah pengertian WAN menurut para ahli:

1. Menurut Wikipedia

Pengertian WAN menurut Wikipedia adalah jaringan komputer yang mencakup area yang besar seperti jaringan komputer antar wilayah, antar kota, atau bahkan antar negara.

2. Menurut Rainer

Pengertian WAN menurut Rainer adalah jaringan yang menghubungkan beberapa LAN.

3. Menurut Eka Puja

Pengertian WAN menurut Eka Puja adalah sebuah jaringan komunikasi data yang tersebar pada suatu area atau wilayah yang luas, seperti kota, provinsi, atau negara.

Perangkat Utama Jaringan WAN

Pengertian WAN, Perangkat Utama, Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangannya
Perangkat Utama Jaringan WAN

WAN menghubungkan beberapa jaringan LAN melalui jalur komunikasi dari service provider. Karena jalur komunikasi tak bisa langsung dimasukkan ke LAN, maka dibutuhkan beberapa perangkat interface, seperti:

1. Router

LAN awalnya mengirim data ke router. Kemudian router akan menganalisa berdasarkan informasi alamat yang ada pada layer 3. Setelah itu, router akan mengirim data tersebut ke interface WAN sesuai routing table yang dimilikinya. Router merupakan perangkat jaringan yang aktif yang bisa berpartisipasi dalam manajemen jaringan. Router mengatur jaringan dengan cara menyediakan kontrol dinamis melalui resource dan mendukung tugas dan tujuan dari jaringan, seperti konektivitas, performance yang reliable, kontrol manajemen, dan fleksibilitas.

2. CSU/DSU

Jalur komunikasi juga membutuhkan sinyal dengan format yang sesuai. Untuk jalur digital, diperlukan sebuah Channel Service Unit (CSU) dan Data Service Unit (DSU). Keduanya seringkali digabung menjadi sebuah perangkat yang diberi nama CSU/DSU.

3. Modem

Modem merupakan perangkat yang dibutuhkan untuk mempersiapkan transmisi data melalui local loop. Modem biasanya lebih dibutuhkan untuk jalur komunikasi analog daripada digital. Modem mengirim data melalui jalur telepon dengan cara melakukan modulasi dan demodulasi sinyal. Sinyal digital diubah menjadi sinyal analog untuk ditransmisikan. Setelah berada di sisi penerima, sinyal analog diubah lagi menjadi sinyal digital.

4. Communication Server

Communication server mengkonsentrasikan komunikasi pengguna dial-in dan remote akses ke jaringan LAN. Communication server mempunyai beberapa interface analog dan digital, serta bisa melayani beberapa pengguna sekaligus.

Fungsi Jaringan WAN

Pengertian WAN, Perangkat Utama, Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangannya
Fungsi Jaringan WAN

Berikut ini adalah beberapa fungsi yang dimiliki oleh jaringan WAN:

1. Untuk mengintegrasikan dan menggabungkan jaringan LAN dan MAN menjadi satu

Fungsi utama jaringan WAN adalah untuk mengintegrasikan dan juga menggabungkan jaringan LAN dan jaringan MAN. Fungsi ini akan sangat berguna bagi pihak perusahaan yang mempunyai banyak kantor cabang di luar kota dan di luar negeri. Dengan adanya jaringan WAN, maka setiap kantor cabang atau kantor perwakilan akan saling terkoneksi satu sama lain dalam sebuah jaringan komputer yang sangat luas.

2. Untuk mempermudah dan mempercepat arus informasi dan komunikasi

Fungsi lain dari jaringan WAN adalah untuk mempermudah dan mempercepat arus informasi dan komunikasi. Contohnya seperti komunikasi yang dilakukan antara kantor cabang, kantor perwakilan, dan juga kantor pusat. Bisa kamu bayangkan apa yang terjadi bila kantor cabang yang ada di pulau Kalimantan harus meminta informasi dari kantor pusat yang ada di pulau Jawa. Jika tidak ada jaringan yang terintegrasi WAN, hal ini akan memerlukan waktu lama. Karena itulah, mereka membutuhkan jaringan WAN. Dengan adanya jaringan WAN, setiap kantor cabang akan lebih mudah dan lebih cepat dalam mengakses informasi dari kantor pusat.

3. Meningkatkan efisiensi perpindahan arus informasi

Karena semakin mudah arus informasi dan transfer data maka informasi yang datang dan keluar juga menjadi lebih cepat. Pada akhirnya, hal ini akan menimbulkan efisiensi dari segi waktu sehingga harapannya kinerja dan kemampuan perusahaan akan semakin meningkat.

4. Menghemat biaya operasional

Jaringan WAN juga menghemat biaya operasional karena adanya efisiensi dari segi waktu dan juga tenaga manusia. Bayangkan jika tidak menggunakan jaringan WAN, staff dari kantor cabang harus pergi secara langsung ke kantor pusat demi mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Hal ini membuat perusahaan harus mengeluarkan sejumlah biaya transportasi.

5. Mencegah terjadinya miskomunikasi

Miskomunikasi seringkali terjadi saat komunikasi dan penyampaian data dilakukan secara manual. Hal ini bisa terjadi karena adanya kecenderungan manusia untuk salah dalam menafsirkan sehingga terjadi miskomunikasi yang bisa mengganggu kegiatan bisnis yang dilakukan perusahaan. Dengan adanya WAN sebagai alat transmisi data dan informasi, maka kejadian miskomunikasi bisa diminimalisir atau bahkan dihilangkan. Sebab semua user dan semua kantor cabang akan mendapat informasi yang sama satu sama lain karena sumber datanya berasal dari satu komputer server yang sama.

Kelebihan WAN

Pengertian WAN, Perangkat Utama, Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangannya
Kelebihan WAN

Kelebihan yang dimiliki jaringan WAN adalah sebagai berikut:

1. Berbagi data atau informasi melalui area yang cakupannya lebih besar.

2. Semua orang yang berada dalam jaringan ini bisa menggunakan data yang sama.

3. Memiliki sistem jaringan komputer yang sangat besar atau luas sehingga bisa menjangkau negara, benua, atau bahkan seluruh dunia.

4. Jika terkoneksi dengan jaringan internet, transfer atau pengiriman file pada tempat yang jaraknya jauh bisa dilakukan dengan cepat.

5. Bisa berbagi sumber daya dengan koneksi workstations.

Baca Juga: Pengertian Vaksin, Fungsi, Jenis, Sistem dan Jadwal Pemberian Vaksin.

Kekurangan WAN

Pengertian WAN, Perangkat Utama, Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangannya
Kekurangan WAN

Sedangkan kekurangan dari jaringan WAN antara lain sebagai berikut:

1. Biaya operasionalnya sangat mahal karena area cakupannya yang sangat luas.

2. Pengaturan untuk jaringan WAN lebih rumit dan sulit. Selain itu, alat yang dibutuhkan juga sangat mahal harganya.

3. Membutuhkan firewall yang baik agar pengguna luar tidak sembarangan masuk dan mengganggu jaringan WAN.

4. Rentan terhadap ancaman hacker dan ancaman dari luar lainnya.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian WAN, perangkat utama jaringan WAN, fungsi jaringan WAN, kelebihan WAN, dan kekurangan WAN yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai WAN.

Baca Juga