Pengertian Urbanisasi - Faktor dan Dampaknya
Urbanisasi dianggap sebagian orang sebagai solusi atas masalah sosial ekonomi yang terjadi. Pilihan ini banyak dilakukan Namun ternyata perpindahan penduduk dari desa ke kota ini tidak hanya berdampak positif tetapi juga negatif. Berikut ini pembahasan tentang pengertian urbanisasi, faktor dan dampaknya!

Perpindahan penduduk dari desa ke kota tentunya tidak dapat dicegah atau dibatasi. Berbagai alasan seperti pendidikan, pekerjaan atau bisnis membuat arus urbanisasi tidak bisa ditahan. Tingginya arus urbanisasi ini bisa berdampak positif dan negatif yang secara langsung bisa dirasakan masyarakat baik itu di pedesaan maupun perkotaan. Urbanisasi juga bisa berdampak pada kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat.

Untuk memahami apa itu urbanisasi, faktor terjadinya urbanisasi, dampak yang ditimbulkan dari urbanisasi itu sendiri. Silahkan simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

Pengertian Urbanisasi

Pengertian Urbanisasi - Faktor dan Dampaknya
Pengertian Urbanisasi

Pengertian Urbanisasi adalah perpidahan penduduk dari desa menuju kota dengan berbagai tujuan dan alasan. Perpindahan penduduk baik yang dilakukan secara perorangan maupun kelompok sebagian besar dilakukan dengan tujuan peningkatan taraf hidup, dengan jalan mendapatkan pendidikan yang lebih baik, pekerjaan yang layak dan juga akses terhadap berbagai fasilitas umum.

Faktor Penarik Urbanisasi

Pengertian Urbanisasi - Faktor dan Dampaknya
Faktor Penarik Urbanisasi

Daya tarik kota dengan berbagai kelengkapan fasilitas dan kehidupan modern menjadi penyebab terjadinya urbanisasi. Selain itu ketersediaan lapangan kerja dan juga pendidikan berkualitas membuat kota menjadi pilihan terbaik untuk mengembangkan karir dan skill.

1. Kehidupan Kota Yang Modern

Kehidupan kota yang modern menjadi faktor penarik terjadinya urbanisasi. Arus informasi yang lebih cepat. Pergaulan yang lebih luas dengan ditunjang berbagai macam fasilitas modern membuat kota memiliki daya tarik tersendiri. Penduduk desa yang ingin menikmati modernnisasi memilih untuk melakukan urbanisasi.

2. Kelengkapan Sarana dan Prasarana

Kota menawarkan berbagai macam fasilitas yang lebih lengkap dibangkinkan dengan desa. Kelengkpan sarana dan prasarana ini juga menjadi alasan untuk melakukan urbanisasi. Untuk mendapatkan pendidikan dengan kualitas yang baik. Pelayanan kesehatan dan pemanfaatan infrastruktur yang mudah diakses.

3. Lapangan Kerja Yang Lebih Luas

Alasan melakukan urbanisasi yang paling sering ditemukan adalah ketersediaan lapangan kerja yang lebih luas. Faktor pekerjaan ini menjadi daya tarik kota yang sangat besar. Banyak orang yang berusaha mencari pekerjaan di kota besar karena banyak perusahaan atau industri di kota yang menyerap tenaga kerja dari berbagai bidang bisnis.

4. Fasilitas Pendidikan Yang Lebih Baik

Faktor pendidikan juga menjadi alasan seseorang melakukan perpindahan ke kota. Melanjutkan pendidikan ke sekolah atau universitas di kota dianggap sebagai salah satu pilihan terbaik. Kualitas pendidikan di kota lebih baik dari segi fasilitas penunjang pendidikan dan ketersediaan tenaga pendidik yang lebih kompeten.

Faktor Pendorong Urbanisasi

Pengertian Urbanisasi - Faktor dan Dampaknya
Faktor Pendorong Urbanisasi

Urabanisasi terjadi bukan hanya karena daya tarik kota. Faktor yang terjadi di desa juga menjadi penyebab tingginya arus urbanisasi. Banyak faktor yang menjadi penyebab perpindahan penduduk salah satunya adalah lahan pertania, lapangan pekerjaan dan juga adat istiadat.

1. Lahan Pertanian Semakin Sempit

Pertumbuhan penduduk yang semakin cepat dan tidak dibarengi dengan perluasan lahan pertanian menjadi masalah tersendiri. Lahan pertanian di rubah menjadi tempat pemukiman sehingga lahan pertanian menjadi sempit. Hal tersebut menyebabkan mata pencaharian penduduk semakin berkurang. Belum lagi ditambah dengan masalah-masalah pertanian seperti gagal panen dan serangan wabah menjadi penyebab lain keinginan untuk mencari peruntungan di kota.

2. Jenis Lapangan Kerja Sedikit

Jenis lapangan kerja di desa sangat sedikit. Pekerjaan di desa sebagian besar mengandalkan pertanian. Sementara sektor lain seperti industri masih sangat kurang. Sementara jumlah penduduk yang membutuhkan pekerjaan semakin bertambah. Maka solusinya adalah melakukan perpidandahan ke kota untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

3. Ketidaksesuaian Dengan Adat Istiadat

Faktor lain yang bisa menjadi pendorong terjadinya urbanisasi adalah adat istiadat di daerah setempat. Adanya pemikiran berbeda tentang adat istiadat yang berlaku di suatu daerah membuat seseorang ingin mencari tempat tinggal baru. Pilihan terbaiknya adalah berpindah ke kota yang lebih plural.

Dampak Positif Urbanisasi

Pengertian Urbanisasi - Faktor dan Dampaknya
Dampak Positif Urbanisasi

Adanya perpindahan penduduk dari desa ke kota memberikan dampak positif pada kehidupan masyarakat secara langsung. Dampak positif ini bisa dirasakan oleh masyarakat, pemerintah, dan juga perusahaan yang membutuhkan banyak tenaga kerja.

1. Peningkatakan Kesejahteraan Ekonomi

Manfaat positif yang bisa dirasakan dari urbanisasi adalah peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Baik itu masyarakat perkotaan maupun masyarakat pedesaan. Adanya hubungan timbal balik antara kebutuhan lapangan kerja dengan ketersediaan lapangan kerja di kota membuat tingkat perekomian menjadi lebih baik lagi.

2. Tersedianya Tenaga Kerja

Adanya arus perpindahan penduduk dari desa ke kota membuat ketersediaan tenaga kerja di kota menjadi terpenuhi. Industri yang membutuhkan tenaga kerja di berbagai bidang menemukan solusinya dengan adanya tenaga kerja potensial yang berasal dari desa.

3. Berkurangnya Pengangguran di Desa

Hampir sebagian besar penduduk desa yang melakukan perpindahan adalah mereka yang membutuhkan pekerjaan, menganggur. Maka dengan sendirinya tingkat pengangguran di desa menjadi berkurang. Terlepas apakah di kota mendapatkan pekerjaan atau tidak, tetapi angka statistik menunjukkan penurunan angka pengangguran di desa.

Dampak Negatif Urbanisasi

Pengertian Urbanisasi - Faktor dan Dampaknya
Dampak Negatif Urbanisasi

Selain manfaat positif dari urbanisasi ternyata banyak juga dampak negatif yang bisa terjadinya. Mulai dari munculnya masalah sosial di perkotaan sampai dengan berkurangnya tenaga kerja potensial untuk pembangunan di desa.

1. Munculnya Masalah Sosial

Urbanisasi sering dianggap sebagai pemicu munculnya masalah sosial di kota. Angka pengangguran di kota yang semakin tinggi, karena tenaga kerja yang tidak mampu diserap secara keseluruhan oleh perusahaan menjadi penyebab munculnya berbagai masalah sosial seperti perampokan, tindak kekerasan, dan masalah sosial lainnya.

2. Kepadatan Penduduk

Kota yang kedatangan penduduk dari berbagai daerah menyebabkan terjadinya kepadatan penduduk. Ruang tempat tinggal yang tidak pernah mengalami perluasan menjadikan kota menjadi tempat yang sangat padat penduduk. Kepadatan penduduk ini pun menjadi pemicu munculnya masalah sosial.

3. Berkurangnya Sumber Daya Manusia Potensial di Desa

Urbanisasi yang dilakukan oleh kaum terpelajar di desa membuat sumber daya potensial untuk pembangunan di desa menjadi berkurang. Secara tidak langsung akan berdampak pada percepatan pembangunan di desa yang menjadi terhambat.

Baca Juga: Interaksi Sosial - Bentuk, Ciri-ciri dan Faktor.

Demikian pembahasan tentang pengertian urbanisasi, faktor dan dampaknya. Semoga bisa menjadi tambahan wawasan dan pengetahuan dalam memahami kehidupan sosial.

Baca Juga