Teori Kebutuhan Maslow - Konsep dan Hirarki Kebutuhan
Abraham Maslow merupakan ahli psikologi yang mengembangkan aliran psikologi humanistik, mengembangkan teori kepribadian dan teori kebutuhan yang memiliki peran penting dalam berbagai disiplin keilmuan. Simak pembahasan tentang teori kebutuhan Maslow pengertian dan konsepnya!

Teori kebututan Maslow merupakan dasar dari pembentukan prioritas kebutuhan manusia. Melalui teori tersebut dipahami tentang kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi karena dorongan hasrat dari dalam diri.

Teori kebutuhan maslow juga menjadi dasar dari perkembangan disiplin ilmu lain yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan. Melalui konsep pemenuhan kebutuhan yang dikembangkan oleh Maslow ini dirumuskan berbagai macam kebutuhan dalam disiplin ilmu baik itu secara teori maupun terapan.

Teori Kebutuhan Maslow

Teori Kebutuhan Maslow - Konsep dan Hirarki Kebutuhan
Abraham Maslow

Abraham Maslow merupakan tokoh psikologi Humanistik yang mengembangkan teori kepribadian. Teori tersebut sangat bermanfaat dalam pengembangan berbagai disiplin ilmu. Selain teori kepribadian yang dikembangkan oleh Maslow, salah satu teori yang sangt terkenal dan sampai saat ini menjadi dasar dalam pemenuhan kebutuhan manusia.

Teori kebutuhan maslow merupakan teori yang fokus menjelaskan tentang kebutuhan dasar manusia. Berangkat dari pengertian tersebut maka dapat dijelaskan bahwa fokus kajian dari teori kebutuhan Maslow adalah menentukan urutan pemenuhan kebutuhan manusia. Teori ini bahkan telah digunakan dalam berbagai disiplin ilmu baik teori maupun terapan dalam hal pemenuhan kebutuhan, menentukan skala prioritas.

Profil singkat Abraham Maslow

Nama Lengkap: Abraham Harold Maslow

Tempat/ tanggal lahir: New York, Amerika tanggal 01 April 1908.

Karya: A Theory Of Human Motivation, Toward Of Psychology Of Being, Visiones Del Futuro dan puluhan karya lainnya.

Aliran Psikologi: Psikologi Humanistik.

Konsep Teori Kebutuhan Maslow

Teori Kebutuhan Maslow - Konsep dan Hirarki Kebutuhan
Konsep Teori Kebutuhan Maslow

Teori kebutuhan maslow dibangun atas dasar pendapat bahwa beberapa kebutuhan lebih diutamakan dibandingkan kebutuhan lainnya. Dari pemahaman tersebut maka maslow berusaha mengurutkan kebutuhan dasar manusia mulai yang paling dasar sampai pada tingkatan paling tinggi.

Untuk merumuskan tingkatan kebutuhan manusia maka maslow terlebih dahulu mencari tahu alasan munculnya keinginan pemenuhan kebutuhan. Maslow berpendapat bahwa ada dua hal yang menjadi penyebab kebutuhan manusia ingin dipenuhi yaitu motivasi kekurangan dan motivasi perkembangan.

  • Motivasi Kekurangan

Motivasi kekurangan merangsang manusia untuk mendapatkan sesuatu. Motivasi kekurangan inilah yang menjadi kebutuhan dasar manusia. Rasa kurang yang merangsang manusia untuk berusaha, bekerja untuk memenuhi kekurangan tersebut. Misalnya kekurangan bahan makanan, kekurangan air, kurang aman, dan kekurangan akan rasa cinta dan kasih sayang. 

  • Motivasi Perkembangan

Motivasi perkembangan muncul karena adanya kebutuhan manusia untuk mendapatkan sesuatu yang membuatnya bisa tumbuh dan berkembang lebih baik lagi. Pemenuhan kebutuhan yang didasarkan pada motivasi perkembangan ini cenderung tidak dapat diukur secara nyata dan sifatnya hanya bisa dirasakan oleh manusia secara pribadi berdasarkan feedback (Umpan balik)dari lingkugan. Pemenuhan kebutuhan atas dasar motivasi perkembangan ini seperti harga diri dan aktualisasi diri.

Hirarki Kebutuhan Maslow

Teori Kebutuhan Maslow - Pengertian dan Konsep
Teori Kebutuhan Maslow

Hirarki kebutuhan Maslow dibuat berdasarkan urgensi pemenuhan kebutuhan. Tingkatan kebutuhan digambarkan dalam piramida kebutuhan. Kebutuhan paling dasar ditempatkan paling bawah, dan merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi paling awal.

Kebutuhan Fisiologis

Teori Kebutuhan Maslow - Konsep dan Hirarki Kebutuhan
Kebutuhan Fisiologis

Kebutuhan fisiologis merupakan kebutuhan dasar manusia untuk bertahan hidup. Pemenuhan kebutuhan fisiologis menjadi pemenuhan kebutuhan prioritas utama. Kebutuhan fisiologis adalah kebutuhan yang berhubungan dengan kebutuhan biologis manusia seperti makanan, minuman, oksigen (Udara) sampai suhu tubuh normal.

Pemenuhan kebutuhan fisiologis ini menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi pertama kali sebelum kebutuhan lainnya. Tanpa pemenuhan kebuthan ini maka akan sulit untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Kebutuhan Rasa Aman

Teori Kebutuhan Maslow - Konsep dan Hirarki Kebutuhan
Kebutuhan Rasa Aman

Setelah kebutuhan dasar terpenuhi maka kebutuhan selanjutnya adalah kebutuhan akan rasa aman. Rasa aman menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi karena manusia pada dasarnya tidak terlepas dari ancaman dari lingkungan.

Sebagai makhluk sosial manusia tentunya tidak terlepas dari ancaman keamanan dari lingkungan sosial baik itu ancaman dari individu maupun kelompok. Selain ancaman dari sesama manusia ancaman juga bisa datang dari binatang buas sampai ancaman terjadinya bencana alam.

Baca: Psikologi Keluarga - Pengertian, Fungsi, Ruang Lingkup dan Manfaat.

Kebutuhan Cinta dan Kasih Sayang

Teori Kebutuhan Maslow - Konsep dan Hirarki Kebutuhan
Kebutuhan Cinta

Kebutuhan manusia selanjutnya adalah kebutuhan akan cinta dan kasih sayang. Mencintai dan dicintai merupakan hak dan kewajiban yang harus disalurkan sesama manusia. Maka rasa cinta menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi.

Rasa cinta dibutuhkan untuk mengusir rasa kesepian dan merasakan kebahagiaan. Lebih dari itu bahwa rasa cinta telah menjadi dasar dan pondasi yang kuat dalam membangun hubungan rumah tangga.

Baca: Cinta Menurut Psikologi - Pengertian dan Manfaat.

Kebutuhan Esteem (Penghargaan)

Teori Kebutuhan Maslow - Konsep dan Hirarki Kebutuhan
Kebutuhan Esteem

Pada dasarnya semua manusia memiliki harga diri yang selalu dipertahankan dan ingin dihargai. Manusia menjadikan penghargaan sebagai sebuah kebutuhan. Maka tidak heran ketika semua orang selalu berusaha untuk tampil menjadi yang terbaik. Tujuannya tentu hanya ingin mendapatkan penghargaan, meningkatkan harga diri.

Semakin tinggi harga diri seseorang maka akan semakin besar penghargaan yang didapatkan dari lingkungan sosial. Pemenuhan harga diri termasuk dengan mengumpulkan harta, memperoleh jabatan tinggi, menjadi tokoh yang disegani karena pemikiran dan lain sebagainya.

Baca: Teori Identitas Sosial - Pengertian dan Kategori.

Kebutuhan Aktualisasi Diri

Kebutuhan manusia yang terakhir dan berada pada tingkatan terakhir dari hirarki kebutuhan maslow adalah aktualisasi diri. Setiap manusia ingin melakukan apapun yang diinginkan. Ingin tampil dan menguasai bidang tertentu yang sesaui dengan passion. Misalnya seorang yang suka menulis akan menulis, seorang yang suka musik akan bermain musik dan lainnya.

Sebagai kebutuhan dasar manusia yang paling tinggi. Aktualisasi diri membawa manusia pada kebahagiaan dalam menjalani kehidupan sebagai pribadi. Terlepas dari kehidupan sosial, seseorang yang menjalankan suatu pekerjaan berdasarkan minat atau bakat akan selalu merasa bahagia menjalani pekerjaannya, karena bukan berdasarkan tuntutan pencapaian hasil tetapi tuntutan pemenuhan kebutuhan.

Demikian pembahasan kami tentang Teori Kebutuhan Maslow, semoga bisa menjadi referensi dalam mempelajari psikologi.

Baca Juga