Teks Ulasan - Pengertian, Ciri, Tujuan, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Jenis, dan Contohnya
Teks ulasan (resensi) merupakan jenis teks yang di dalamnya terdapat penilaian atau review terhadap suatu hasil karya, baik itu film, buku, ataupun drama. Untuk levih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian, ciri, tujuan, struktur, kaidah kebahasaan, jenis, dan contoh teks ulasan berikut ini.

Ada banyak sekali jenis teks dalam kehidupan kita. Salah satunya yang sering dibuat orang adalah teks ulasan. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian, ciri, tujuan, struktur, kaidah kebahasaan, jenis, dan contoh teks ulasan berikut ini.

Pengertian Teks Ulasan

Teks Ulasan - Pengertian, Ciri, Tujuan, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Jenis, dan Contohnya
Pengertian Teks Ulasan

Teks ulasan (resensi) merupakan jenis teks yang di dalamnya terdapat penilaian atau review terhadap suatu hasil karya, baik itu film, buku, ataupun drama. Saat menulis teks ulasan, kita harus berpikir secara kritis demi kemajuan film atau buku tersebut.

Ciri-Ciri Teks Ulasan

Teks Ulasan - Pengertian, Ciri, Tujuan, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Jenis, dan Contohnya
Ciri-Ciri Teks Ulasan

Berikut ini adalah ciri-ciri teks ulasan yang perlu kamu ketahui:

1. Strukturnya terdiri dari orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman.

2. Berisi pandangan atau opini penulis mengenai suatu hasil karya.

3. Opini yang ditulis berdasarkan kenyataan atau fakta.

4. Teks ulasan disebut juga sebagai resensi.

Tujuan Teks Ulasan

Teks Ulasan - Pengertian, Ciri, Tujuan, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Jenis, dan Contohnya
Tujuan Teks Ulasan

Tujuan dari teks ulasan adalah sebagai berikut:

1. Menunjukkan sudut pandang penulis terhadap suatu hasil karya.

2. Menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang kelayakan yang dimiliki suatu hasil karya.

3. Membantu pembaca untuk mengetahui isi atau kritikan terhadap suatu hasil karya.

4. Mengetahui kelebihan dan kekurangan suatu hasil karya.

5. Mengetahui perbandingan karya tersebut dengan karya lain yang sejenis.

6. Memberitahukan dan mengajak pembaca untuk berdiskusi mengenai masalah yang terdapat dalam suatu hasil karya.

7. Memberi saran kepada pembaca apakah suatu hasil karya pantas untuk dinikmati atau tidak.

8. Memudahkan pembaca untuk memahami hubungan antara suatu hasil karya dengan karya lain yang sejenis.

9. Menjadi pertimbangan bagi para pembaca agar tidak salah dalam membeli suatu hasil karya.

Struktur Teks Ulasan

Teks Ulasan - Pengertian, Ciri, Tujuan, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Jenis, dan Contohnya
Struktur Teks Ulasan

Berikut ini adalah bagian-bagian yang terdapat dalam teks ulasan:

1. Orientasi

Bagian orientasi merupakan bagian pertama dalam teks ulasan. Pada bagian ini, terdapat gambaran umum tentang suatu hasil karya, baik itu film, buku, ataupun drama. Dengan kata lain, penulis teks ulasan berusaha menyampaikan sedikit latar belakang tentang apa yang akan dibahas kepada pembaca.

2. Tafsiran

Setelah bagian orientasi, berikutnya adalah bagian tafsiram. Pada bagian ini, sebuah hasil karya akan dibahas secara terperinci (detail). Mulai dari bagian-bagiannya, kelebihan, kekurangan, kualitas karya, dan lain sebagainya.

3. Evaluasi

Evaluasi merupakan pandangan penulis mengenai hasil karya yang dibahas. Evaluasi dilakukan setelah bagian tafsiran selesai dibuat. Pada bagian ini, biasanya penulis akan menjelaskan kelebihan dan juga kekurangan dari suatu hasil karya.

4. Rangkuman

Rangkuman merupakan bagian terakhir dari teks ulasan. Pada bagian ini, terdapat kesimpulan atas pembahasan suatu hasil karya. Penulis juga akan memberikan komentar apakah hasil karya tersebut bagus, berkualitas, layak untuk ditonton, atau tidak.

Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

Kaidah kebahasaan teks ulasan adalah sebagai berikut:

1. Isi teks ulasan umumnya menonjolkan unsur-unsur karya seni.

2. Menggunakan kalimat opini, yang sifatnya persuasif atau menghasut orang.

3. Menggunakan kalimat perbandingan, mengungkapkan persamaan dan juga perbedaan.

4. Menggunakan kata kerja material dan kata kerja rasional.

5. Menggunakan kata penghubung (konjungsi), baik itu konjungsi internal dan konjungsi eksternal.

Jenis-Jenis Teks Ulasan

Teks Ulasan - Pengertian, Ciri, Tujuan, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Jenis, dan Contohnya
Jenis-Jenis Teks Ulasan

Berdasarkan isinya, teks ulasan dibedakan menjadi beberapa jenis:

1. Teks Ulasan Informatif

Teks ulasan informatif merupakan jenis teks ulasan yang memaparkan bagian-bagian penting, serta menekankan segi kelebihan dan kekurangan dalam hasil karya tersebut.

2. Teks Ulasan Deskriptif

Teks ulasan deskriptif merupakan jenis teks ulasan yang membahas bagian-bagian dalam suatu karya secara detail. Biasanya jenis review ini dilakukan untuk karya fiksi.

3. Teks Ulasan Kritis

Teks ulasan kritis membahas suatu hasil karya berdasarkan metode atau pendekatan tertentu. Pembuatan teks ulasan ini dilakukan seobjektif mungkin, tanpa adanya opini / pendapat pribadi. Contohnya adalah resensi novel yang menggunakan pendekatan feminis dan sosiologi.

Baca Juga: Seni Kriya - Pengertian, Fungsi, Perkembangan, Jenis, dan Contohnya.

Contoh Teks Ulasan

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan teks ulasan, simaklah contoh teks ulasan dari film "Di Balik 98" berikut ini.

Orientasi

Film "Di Balik 98" merupakan film yang mengisahkan peristiwa kerusuhan di tahun 1998. Tahun itu merupakan saat krisis bagi kepresidenan Soeharto dan juga Orde Baru. Tapi pada film Di Balik 98 ini, ada banyak sekali nilai kemanusiaan yang bisa kita pelajari.

Tafsiran

Diceritakan kalau Diana (Chelsea Islan) adalah seorang mahasiswi Trisakti. Ia tinggal bersama kakaknya, Salma dan kakak iparnya yang diketahui bernama Bagus, seorang Letnan Dua Angkatan Darat. Diana memilih menjadi anggota demonstran karena menurutnya masa kekuasaan Soeharto harus segera diakhiri.

Diana dan mahasiswa lain pun mendesak diturunkannya Soeharto. Klimaksnya terjadi pada tanggal 13 hingga 14 Mei, di mana ada 4 mahasiswa yang ditembak mati oleh aparat. Terlebih Diana kemudian menghilang, menyebabkan kakak dan saudara iparnya cemas bukan main.

Semuanya bertambah absurd ketika Daniel, pacar Diana yang keturunan Tionghua, juga harus merasakan kepedihan mendalam. Ayah dan adiknya menghilang dalam peristiwa kerusuhan 14 Mei. Ia juga hampir terjebak dalam sweeping masyarakat setempat yang menyaring warga non pribumi, yang saat itu menjadi isu rasial di Indonesia.

Evaluasi

Film "Di Balik 98" bukanlah film politik. Film ini merupakan film drama keluarga, percintaan dengan latar belakang kerusuhan Mei 1998. Di dalamnya terdapat sedikit cerita fiksi, berupa kisah Diana, Daniel, dsb, yang membuat film ini menjadi lebih menarik.

Lukman Sardi sebagai sang sutradara berusaha menceritakan permasalahan lain yang ada dalam film "Di Balik 98". Chelsea Islan yang sedang naik daun dan terkenal memiliki kemampuan akting yang mumpung. Begitu juga dengan Boy William. Pemain film ini berusaha memberikan yang terbaik kepada penonton.

Rangkuman

Kamu disarankan untuk menonton film ini jika kamu belum mengetahui bagaimana tragedi yang terjadi pada tahun 1998. Film ini akan menceritakan bagaimana masalah tersebut terjadi dari awal hingga selesai. Dan yang tidak disangka-sangka adalah film ini ternyata juga menyelipkan unsur komedi di dalamnya.

Baca Juga