Pengertian Teks Prosedur, Tujuan, Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Jenis-Jenis Kalimat Dalam Teks Prosedur, dan Jenisnya
Teks prosedur adalah jenis teks yang berisi tentang tahapan atau langkah-langkah yang diperlukan untuk melakukan hal atau kegiatan tertentu, yang disajikan secara berurutan dari tahap awal hingga tahap akhir. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian teks prosedur berikut ini.

Ada beberapa jenis teks yang dibuat oleh manusia. Salah satunya adalah teks prosedur. Teks yang satu ini berguna untuk membantu seseorang dalam melakukan hal atau kegiatan tertentu. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian teks prosedur, tujuan teks prosedur, ciri-ciri teks prosedur, struktur teks prosedur, kaidah kebahasaan teks prosedur, jenis-jenis kalimat dalam teks prosedur, dan jenis-jenis teks prosedur berikut ini.

Pengertian Teks Prosedur

Pengertian Teks Prosedur, Tujuan, Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Jenis-Jenis Kalimat Dalam Teks Prosedur, dan Jenisnya
Pengertian Teks Prosedur

Apa yang dimaksud dengan pengertian teks prosedur? Teks prosedur adalah jenis teks yang berisi tentang tahapan atau langkah-langkah yang diperlukan untuk melakukan hal atau kegiatan tertentu, yang disajikan secara berurutan dari tahap awal hingga tahap akhir. 

Tujuan Teks Prosedur

Pengertian Teks Prosedur, Tujuan, Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Jenis-Jenis Kalimat Dalam Teks Prosedur, dan Jenisnya
Tujuan Teks Prosedur

Tujuan dari pembuatan teks prosedur adalah untuk membantu pembaca dalam memahami bagaimana cara melakukan atau membuat sesuatu dengan baik. Dengan kata lain, tujuan dari pembuatan teks prosedur adalah untuk mendapatkan hasil akhir.

Ciri-Ciri Teks Prosedur

Teks prosedur memiliki sejumlah ciri khas yang membedakannya dengan jenis teks lain. Berikut ini adalah ciri-ciri yang dimiliki oleh teks prosedur:

1. Menggunakan pola kalimat perintah atau kalimat imperatif.

2. Menggunakan kata kerja aktif.

3. Menggunakan kata penghubung atau kata konjungsi untuk mengurutkan kegiatan atau cara.

4. Menggunakan kata keterangan untuk menjelaskan cara, tempat, dan waktu secara akurat.

Struktur Teks Prosedur

Pengertian Teks Prosedur, Tujuan, Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Jenis-Jenis Kalimat Dalam Teks Prosedur, dan Jenisnya
Struktur Teks Prosedur

Teks prosedur memiliki struktur sebagai berikut:

1. Bagian Tujuan

Bagian tujuan teks prosedur biasanya berisi judul dan juga tujuan dari pembuatan teks prosedur tersebut. Dengan kata lain, isinya akan menjelaskan apa hasil akhir yang akan dicapai apabila kita melakukan semua tahapan pada teks prosedur tersebut.

2. Bagian Material

Bagian material teks prosedur berisi tentang bahan, alat, dan material yang diperlukan. Perlu diketahui kalau tak semua teks prosedur memiliki bagian ini. Biasanya yang menggunakan bagian material adalah jenis teks prosedur yang menjelaskan pembuatan suatu hal, seperti pembuatan makanan, minuman, dan lain sebagainya.

3. Bagian Langkah-Langkah

Bagian langkah-langkah berisi tentang langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil akhir sesuai dengan tujuan teks prosedur. Pada bagian ini, semua langkah harus dilakukan secara urut, tidak boleh acak.

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

Pengertian Teks Prosedur, Tujuan, Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Jenis-Jenis Kalimat Dalam Teks Prosedur, dan Jenisnya
Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

Sama seperti jenis teks lainnya, teks prosedur juga memiliki kaidah kebahasaannya sendiri. Kaidah tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Konjungsi temporal. Pada teks prosedur, akan banyak dijumpai kata konjungsi temporal. Kata konjungsi temporal merupakan kata penghubung yang menyatakan waktu kegiatan yang hadir dan sifatnya kronologis seperti selanjutnya, kemudian, lalu, berikutnya, setelah itu, dan lain sebagainya.

2. Kata kerja imperatif. Dalam teks prosedur, juga akan banyak dijumpai kalimat imperatif. Kalimat imperatif merupakan kalimat perintah dan larangan yang harus ditaati saat melakukan langkah-langkah yang ada dalam teks prosedur.

3. Verba material dan tingkah laku. Verba material merupakan sesuatu yang mengacu pada tindakan fisik, seperti potong sayur, haluskan bumbu, dan lain sebagainya. Sedangkan verba tingkah laku adalah tindakan yang dilakukan dengan menggunakan kata ungkapan.

4. Partisipan manusia. Partisipan manusia artinya semua manusia yang terlibat dalam teks prosedur tersebut.

5. Terdapat kata bilangan sebagai penanda urutan.

6. Terdapat kalimat yang berisi pertanyaan (kalimat interogatif).

7. Terdapat kalimat yang berisi pernyataan (kalimat deklaratif).

Jenis-Jenis Kalimat Dalam Teks Prosedur

Pengertian Teks Prosedur, Tujuan, Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Jenis-Jenis Kalimat Dalam Teks Prosedur, dan Jenisnya
Jenis-Jenis Kalimat dalam Teks Prosedur

Ada tiga jenis kalimat yang terdapat dalam teks prosedur, yaitu:

1. Kalimat Imperatif

Kalimat imperatif merupakan kalimat perintah yang berfungsi untuk meminta atau melarang seseorang untuk melakukan sesuatu.

2. Kalimat Deklaratif

Kalimat deklaratif merupakan kalimat yang berisi pernyataan yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang sesuatu.

3. Kalimat Interogatif

Kalimat interogatif merupakan kalimat yang berisi pertanyaan yang berfungsi untuk menanyakan tentang sesuatu.

Baca Juga: Pengertian Gotong Royong, Faktor, Jenis, Manfaat dan Tujuan, Nilai-Nilai, Serta Contohnya.

Jenis-Jenis Teks Prosedur

Ada beberapa jenis teks prosedur, antara lain teks prosedur sederhana, teks prosedur kompleks, dan teks protokol.

1. Teks Prosedur Sederhana

Teks prosedur sederhana merupakan jenis teks yang menyajikan prosedur dalam dua atau tingkah langkah saja. Contohnya seperti cara menggunakan setrika listrik, cara mematikan televisi, cara mengirim pesan melalui HP, dan lain sebagainya.

2. Teks Prosedur Protokol

Teks prosedur protokol merupakan jenis teks prosedur yang langkah kerjanya tidak terlalu ketat, artinya langkah kerjanya bisa diubah. Langkah-langkah tersebut tidak harus dilakukan secara urut karena tidak saling berkitan satu sama lain. Walaupun urutan langkah diubah, tujuan yang diharapkan tetap bisa terpenuhi. Berikut ini adalah contoh prosedur protokol:

Cara Memasak Mie Instan

Pertama, didihkan air kemudian masukkan mie instan ke dalam air yang sedang mendidih. Setelah itu, silahkan tentukan apakah bumbunya akan dimasukkan bersama mie yang sedang dimasak atau mau dipisah ke dalam wadah tersendiri yang telah disediakan. Setelah mie matang, masukkan ke dalam wadah. Terakhir, mie instan siap dikonsumsi.

3. Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks merupakan jenis teks prosedur yang memiliki banyak langkah, dan langkah-langkah tersebut berjenjang dengan sublangkah pada setiap langkahnya. Adapun contoh dari teks prosedur kompleks adalah cara mematikan komputer yang benar, cara membuat website, dan lain sebagainya.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian teks prosedur, tujuan teks prosedur, ciri-ciri teks prosedur, struktur teks prosedur, kaidah kebahasaan teks prosedur, jenis-jenis kalimat dalam teks prosedur, dan jenis-jenis teks prosedur yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai teks prosedur.

Loading...

Baca Juga