Pengertian Tabel - Ciri, Fungsi, Jenis dan Cara Membaca Tabel
Tabel bisa diartikan sebagai daftar yang berisi rangkuman dari sejumlah data. Untuk lebih jelasnya, smak pembahasan lengkap tentang pengertian tabel, ciri-ciri tabel, fungsi tabel, jenis dan cara membaca tabel berikut ini.

Sejumlah data yang berbentuk angka-angka akan sulit dipahami jika disajikan dalam bentuk paragraf. Karena itulah, banyak orang yang memilih menyajikan data angka dalam bentuk tabel agar bisa dipahami oleh pembaca dengan cepat dan akurat. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian tabel, ciri-ciri tabel, fungsi tabel, jenis dan cara membaca tabel berikut ini.

Pengertian Tabel

Pengertian Tabel - Ciri, Fungsi, Jenis dan Cara Membaca Tabel
Pengertian Tabel

Tabel bisa diartikan sebagai daftar yang berisi rangkuman dari sejumlah data. Umumnya, data dalam tabel berupa bilangan atau kata-kata yang disusun dalam urutan tertentu, serta memiliki garis pembatas agar bisa lebih mudah dimengerti oleh para pembaca. Singkatnya, tabel terdiri dari kolom dan juga baris. Kolom memanjang ke arah kanan, sedangkan baris memanjang ke arah bawah. Masing-masing kolom dan baris ini kemudian dihubungkan dengan isi tabel, yang tak lain berupa data.

Ciri-Ciri Tabel

Pengertian Tabel - Ciri, Fungsi, Jenis dan Cara Membaca Tabel
Ciri-Ciri Tabel

Untuk lebih memahami apa itu tabel yang sebenarnya, kamu perlu mengetahui seperti apa ciri-ciri yang dimiliki sebuah tabel. Di bawah ini adalah ciri-ciri tabel yang perlu kamu ketahui:

1. Berisi keterangan tentang berbagai subjek yang sama atau berisi kumpulan data yang telah diteliti.

2. Terdapat data kuantitatif (data jumlah) yang berisi angka absolut.

3. Terdapat keterangan yang mudah digunakan sebagai rujukan.

4. Nilai yang terdapat dalam tabel adalah nilai asli (tidak dibulatkan).

Fungsi Tabel

Pengertian Tabel - Ciri, Fungsi, Jenis dan Cara Membaca Tabel
Fungsi Tabel

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tabel adalah daftar yang berisi rangkuman dari sejumlah data. Maka dari itu, tabel memiliki sejumlah fungsi dalam penggunaannya. Di antaranya yaitu tabel memberi kemudahan kepada para pembaca karena data dalam tabel disusun secara sistematis sehingga lebih mudah untuk dimengerti.

Selain itu, tabel juga berfungsi untuk memberikan informasi mengenai perubahan yang terjadi pada suatu data, entah itu kenaikan ataupun penurunan. Bahkan, tabel juga berfungsi untuk memberikan ikhtisar kepada para pembaca berupa angka-angka yang tersusun secara rapi.

Jenis-Jenis Tabel

Pengertian Tabel - Ciri, Fungsi, Jenis dan Cara Membaca Tabel
Jenis-Jenis Tabel

Tabel sering sekali digunakan untuk menyajikan data. Pada umumnya ada beberapa jenis tabel yang sering digunakan. Berdasarkan jumlah karakteristik dalam tabel, tabel dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tabel satu arah, tabel dua arah dan tabel tiga arah.

1. Tabel satu arah

Tabel satu arah adalah jenis tabel yang menyajikan keterangan tentang satu karakteristik saja. Yang dimaksud dengan karakteristik adalah bermacam-macam hal, seperti frekuensi, jumlah, kadar, ukuran, dan hal lain yang biasanya dinyatakan dalam angka. Jenis tabel ini merupakan jenis tabel yang paling sederhana dan mudah untuk dibuat.

2. Tabel dua arah

Tabel dua arah merupakan jenis tabel yang menyajikan hubungan antara dua karakteristik. Contohnya antara lain seperti tabel yang berisi data jumlah penduduk menurut jenis kelamin dan umur, agama dan tempat tanggal lahir, atau jumlah siswa berdasarkan jenis kelamin dan kelas, dan masih banyak lagi.

3. Tabel tiga arah

Sesuai dengan namanya, tabel tiga arah merupakan jenis tabel yang menyajikan hubungan antara tiga karakteristik sekaligus. Seperti tabel yang berisi data penduduk berdasarkan kecamatan, jenis kelamin dan umur. Atau data mahasiswa berdasarkan jenis kelamin, agama dan jurusan.

Baca Juga: Pengertian Grafik - Ciri, Tujuan, Fungsi, Jenis dan Cara Membaca Grafik.

Sedangkan secara umum, tabel dibagi menjadi beberapa jenis yaitu:

1. Tabel referensi

Tabel referensi memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan jenis tabel yang lain, yaitu tabel ini seperti gudang yang memuat seluruh data. Di dalam tabel referensi, terdapat banyak data yang diperincikan dan disusun dengan rapi untuk keperluan referensi. Contoh tabel referensi adalah tabel yang terdapat dalam sensus penduduk. Biasanya data dalam tabel referensi digunakan sebagai masukan untuk berbagai kegiatan analisis statistik.

2. Tabel ikhtisar

Tabel ini sering dikenal dengan istilah tabel naskah (text table). Bentuknya sederhana, isinya singkat dan juga mudah dimengerti. Biasanya data yang terdapat pada tabel ikhtisar bersumber dari tabel referensi. Tabel ikhtisar berfungsi untuk memberikan gambaran tentang peristiwa-peristiwa yang telah diteliti (diobservasi).

3. Tabel umum

Tabel umum merupakan jenis tabel yang di dalamnya terdapat seluruh data hasil penelitian. Tabel ini menyajikan data dalam wujud asli, dan sering digunakan sebagai bahan untuk menyusun tabel khusus.

4. Tabel distribusi

Tabel distribusi adalah jenis tabel yang mengelompokkan data ke dalam beberapa kelompok, dan menunjukkan jumlah data (frekuensi) pada tiap-tiap kelompok tersebut.

Cara Membaca Tabel

Pengertian Tabel - Ciri, Fungsi, Jenis dan Cara Membaca Tabel
Cara Membaca Tabel

Sebenarnya membaca tabel bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Kendati demikian, masih ada orang yang merasa kebingungan saat membaca isi dari suatu tabel. Berikut adalah cara / teknik membaca tabel yang sangat mudah untuk dilakukan:

1. Pertama-tama, bacalah judul tabel terlebih dahulu. Jangan terburu-buru membaca isi tabel, karena biasanya judul akan memberikan informasi penting mengenai data apa yang disampaikan dalam tabel tersebut.

2. Kemudian bacalah keterangan yang ada di bagian atas, bagian samping, ataupun bagian bawah dari suatu tabel. Hal ini penting untuk dilakukan karena keterangan tak lain merupakan penjelasan penting tentang data yang disampaikan dalam tabel tersebut.

3. Terkadang ada tabel yang memiliki simbol atau lambang tertentu. Nah, kamu harus memahami simbol atau lambang tersebut dengan baik, agar kamu bisa mengerti informasi yang disampaikan secara jelas dan utuh.

4. Coba ajukan pertanyaan seputar tujuan dan maksud dari pembuatan tabel tersebut. Caranya cukup mudah. Ubahlah judul tabel menjadi bentuk kalimat pertanyaan, seperti di mana, seberapa banyak, berapa perkembangannya, dan lain sebagainya. Biasanya jawaban dari pertanyaan tersebut ada dalam grafik tersebut.

5. Bacalah tabel dengan selalu mengingat informasi apasaja yang kamu perlukan, agar kamu tak menghabiskan waktu lama saat membaca tabel.

Baca Juga