Pengertian Statistik - Fungsi, Tujuan dan Jenis
Statistik merupakan pengetahuan yang sangat penting untuk mahasiswa baik dari jurusan matematika maupun bukan karena statistik dibutuhkan dalam penelitian. Silahkan simak pembahasan tentang pengertian statistik, fungsi, tujuan dan jenisnya berikut ini!

Pada dasarnya statistik dibutuhkan dalam berbagai bidang kehidupan. Namun penggunaan statistik sangat terasa pada perusahaan dan kegiatan penelitian. Perusahaan membutuhkan statistik untuk melihat angka pertumbuhan dan pencapaian perusahaan. Sementara dalam penelitian statistik sangat dibutuhkan mulai dari pengumpulan data sampai penarikan kesimpulan. Maka statistik sangat penting dipahami oleh mahasiswa baik dari jurusan matematika maupun umum.

Silahkan simak pembahasan tentang pengertian statistik, fungsi statistik, tujuan statistik, dan jenis statistik berikut ini!

Pengertian Statistik

Pengertian Statistik - Fungsi, Tujuan dan Jenis
Pengertian Statistik

Untuk memahami pengeritan statistik maka perlu dipelajari tentang yang disampaikan oleh beberapa ahli dalam bidang statistik dan penelitian berikut ini!

1. Modenhall

Menurut Modenhall statistik merupakan salah satu bidang sains yang berhubungan dengan ekstrasi informasi dari sebuah data numerik dan digunakan untuk membuat keputusan dari suatu populasi darimana data itu didapatkan.

2. Stoel Torrie

Menurut Stoel Torrie statistik sebagai cara atau metode yang memberikan langkah-langkah guna untuk menilai ketidakpastian dari sebuah kesimpulan yang sifatnya induktif.

3. Sudjana

Menurut Sudjana statistik sebagai suatu pengetahuan yang berkaitan dengan teknik-teknik atau cara-cara pengumpulan data, pengolahan, penganalisaan, penarikan kesimpulan, penyajian data dan publikasi dari data-data dalam bentuk angka.

4. Sugiyono

Menurut Sugiyono statistik dalam arti sempit ialah sebagai data dan alat. Secara luas, statistik merupakan suatu alat dalam menganalisis dan mengambil sebuah keputusan.

Fungsi Statistik

Pengertian Statistik - Fungsi, Tujuan dan Jenis
Fungsi Statistik

Secara umum fungsi statistik terbagi menjadi dua yaitu fungsi deksriptif dan fungsi inferensial. Penjelasan kedua fungsi tersebut adalah sebagai berikut!

1. Fungsi Deskriptif

Fungsi deskriptif yaitu statistik menjadi sumber informasi untuk menjelaskan, menerangkan dan mendekskripsikan (menggambarkan) dari dari sebuah peristiwa dalam penelitian atau penyelidikan. Fungsi statistik ini hanya mendeskripsikan data apa adanya sehingga tidak sampai pada tahap generaslisasi dan pengambilan kesimpulan terhadap populasi yang diteliti.

2. Fungsi Inferensial

Fungsi inferensial yaitu statistik digunakan untuk meramalkan dan mengontrol populasi berdasarkan data atau peristiwa yang terjadi dalam sebuah penelitian. Pengguna statistik ini mampu menggunakannya untuk melakukan penarikan sebuah kesimpulan terhadap data hasil penelitian.

Tujuan Statistik

Pengertian Statistik - Fungsi, Tujuan dan Jenis
Tujuan Statistik

Statistik sangat dibutuhkan dalam sebuah penelitian atau penyelidikan karena berhubungan dengan data yang berhasil dikumpulkan. Data diolah menjadi sebuah kesimpulan yang berlaku umum dengan standar ilmiah berdasarkan metode statistik yang digunakan. Adapun tujuan statistik adalah sebagai berikut!

1. Mengumpulkan Data

Statistik digunakan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan dalam sebuah penelitian. Data yang diambil dari populasi atau sampel jika penelitian membutuhkan atau menggunakan sampel dalam penelitian.

2. Meringkas Data

Statistik sangat dibutuhkan dalam meringkas data, apabila data penelitian dalam satu populasi sangat banyak. Tujuan dari meringkas data penelitian adalah dengan mengambil sampel dari populasi karena keterbatasan waktu dan dana yang dimiliki oleh peneliti untuk melakukan pengumpulan data secara keseluruhan pada populasi.

3. Mengolah Data

Pengolahan data dalam penelitian sangat membutuhkan statistik. Statistik memiliki metode tertentu dalam melakukan pengolahan data berdasarkan jenis data yang berhasil dikumpulkan dari populasi atau sampel penelitian. Pengolahan data dilakukan untuk memudahkan dalam penyajian data dan penarikan kesimpulan.

4. Menyajikan Data

Untuk menyajikan data hasil penelitian yang berhasil diolah dan dikategorisasi. Maka statistik sangat dibutuhkan untuk menyajikannya dalam bentuk tabel, diagram, atau grafik. Penyajian data dilakukan berdasarkan tujaun dari sebuah penelitian.

5. Menarik Kesimpulan

Statistik juga sangat dibutuhkan dalam penarikan kesimpulan. Penarikan kesimpulan didasarkan pada hasil analisis data pada pengolahan data. Penarikan kesimpulan dilakukan dengan melihat hasil penyajian data dengan menggunakan teknik penyajian data tertentu.

Statistik Deskriptif

Pengertian Statistik - Fungsi, Tujuan dan Jenis
Statistik Deskriptif

Statistik deskriptif adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan dan menyajikan data-data dalam penelitian. Penyajian data dilakukan dengan menggunakan diagram, tabel, grafik, perhitungan persentase, dan perhitungan mean, median, dan modus. Data yang disajikan dalam statistik deskriptif adalah ukuran pemusatan data dan ukuran penyebaran data.

Statistik Inferensial

Pengertian Statistik - Fungsi, Tujuan dan Jenis
Statistik Inferensial

Statistik inferensial merupakan semua metode yang digunakan untuk melakukan penarikan kesimpulan melalui sampel penelitian. Penarikan sampel penelitian dilakukan dengan tujuan untuk memudahkan peneliti mengambil kesimpulan secara umum berdasarkan jumlah data penelitian yang lebih kecil. Hal ini biasanya dilakukan karena keterbatasan peneliti dari segi waktu dan dana untuk melakukan pengumpulan data secara menyeluruh terhadap populasi.

Statistik Parametrik

Pengertian Statistik - Fungsi, Tujuan dan Jenis
Statistik Parametrik

Statistik parametrik adalah suatu ilmu statistik yang memperhatikan jenis penyebaran data dalam penelitian. Statistik parametrik hanya bisa digunakan apabila penyebaran data normal atau memenuhi asas normalitas data. Pilihan lainnya adalah apabila penyebaran data tidak normal maka terlebih dahulu harus dilakukan transformasi terlebih dahulu agar data mengikuti sebaran normal.

Statistik Non-Parametrik

Pengertian Statistik - Fungsi, Tujuan dan Jenis
Statistik Non-Parametrik

Statistik non-parametrik merupakan jenis statistik yang digunakan dalam penelitian tanpa memperhatikan atau menetapkan syarat-syarat parameter populasi. Secara singkat statistik non-parametrik bisa disebut sebagai statistik bebas sebaran dan biasanya dilakukan pada skala pengukuran sosial yang biasanya berupa data ordinal dan nominal yang biasanya tidak berdistribusi normal.

Statistik Univariat

Pengertian Statistik - Fungsi, Tujuan dan Jenis
Statistik Univariat

Statistik univariat merupakan statistik yang digunakan pada penelitian yang hanya menggunakan satu variabel dependen. Jadi statistik ini hanya digunakan untuk mempelajari hubungan antara variabel independen dan satu variabel dependen saja.

Statistik Multivariat

Pengertian Statistik - Fungsi, Tujuan dan Jenis
Statistik Multivariat

Statistik multivariat merupakan statistik yang digunakan pada penelitian yang menggunakan dua atau lebih variabel dependen. Statistik multivariat dapat digunakan untuk mempelejari hubungan antara variabel independent dengan 2 atau lebih variabel dependen sekaligus.

Baca juga: Pengertian Astronomi Menurut Perspektif Islam.

Demikian pembahasan tentang pengertian statistik, Fungsi Statistik, Tujuan Statistik dan jenis statistik. Semoga bisa menjadi bahan referensi dan tambahan khususnya dalam pelajaran matematika dan penelitian.

Baca Juga