Pengertian Softball, Sejarah, Peraturan, dan Teknik Dasarnya
Permainan softball merupakan permainan olahraga beregu yang dimainkan dengan cara memukul bola sejauh mungkin dengan tongkat pemukul agar si pemukul atau rekannya bisa berlari melewati base demi base dengan selamat untuk mendapatkan poin. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian softball berikut ini.

Apa kamu tahu apa itu permainan softball? Di Indonesia, permainan yang satu ini mungkin tak begitu digemari. Kendati demikian, permainan softball lumayan digemari di negara lain. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian softball, sejarah softball, peraturan permainan softball, dan teknik dasar dalam permainan softball berikut ini.

Pengertian Softball

Pengertian Softball, Sejarah, Peraturan, dan Teknik Dasarnya
Pengertian Softball

Apa itu pengertian softball? Permainan softball merupakan permainan olahraga beregu yang dimainkan dengan cara memukul bola sejauh mungkin dengan tongkat pemukul agar si pemukul atau rekannya bisa berlari melewati base demi base dengan selamat untuk mendapatkan poin. Permainan ini dimainkan oleh 9 orang dalam satu tim. Lama permainan ini adalah 9 babak (9 inning). Dalam satu inning, setiap tim yang bertanding mendapat kesempatan untuk sama-sama menjadi pemukul untuk mencetak angka (run).

Sejarah Softball

Pengertian Softball, Sejarah, Peraturan, dan Teknik Dasarnya
Sejarah Softball

Permainan softball awalnya muncul di Amerika Serikat, di mana permainan ini diciptakan secara tidak sengaja oleh George Hancock pada tanggal 16 September 1987 di sebuah Gedung Olah Raga Farragut Boat Club Chicago, Illinois. Saat itu, ada beberapa alumni Universitas Yale dan Harvard yang sedang mendengarkan hasil akhir pertandingan sepak bola Amerika antar Yale dan Harvard di klub Farragut Boat. Setelah skor akhir diumumkan, seorang alumnus Yale dengan antusias melempar sarung tinju ke pendukung Harvard karena gembira dengan kemenangan Yale. Secara refleks, seseorang mengambil tongkat dan memukul sarung tinju tersebut. Hal itu memberikan sebuah ide ke reporter Chicago Board of Trade, George Hancock.

Ia menyarankan untuk membuat sebuah permainan di dalam ruangan dengan bola yang dibuat dari sarung tinju tadi. Ia mengambil sarung tinju tersebut dan mengikatnya dengan tali agar mirip seperti bola. Kemudian, ia menandai lantai dengan beberapa buah kapur agar mirip seperti lapangan bisbol. Sebagai alat pemukul, digunakanlah sebuah sapu. Tim dibagi menjadi dua dan Hancock meneriakkan kata-kata “play ball”, maka dimulailah permainan tersebut dengan skor akhir 44-40. Sejak saat itu, permainan ini dikenal dengan nama indoor baseball. Akan tetapi, karena bentuk bolanya yang berubah-ubah, maka nama permainan ini disesuaikan dengan material yang digunakan untuk membuat bolanya, seperti kitten ball, mush ball, dan lain sebagainya.

Tahun 1908, sebuah organisasi amatir mengatur permainan ini untuk dimainkan di luar ruangan dengan menggunakan bola yang lebih besar. Tahun 1923, Kongres Rekreasi Nasional meminta komisi untuk mengakui olahraga ini, dan akhirnya pada tahun 1926, nama softball digunakan meskipun belum resmi. Kejuaraan dunia pertama dilaksanakan pada tahun 1933 dan sejak saat itu, nama softball telah menjadi sebuah nama resmi. Pada tahun 1946, terdapat perubahan jumlah pemain dalam satu tim, dari 10 menjadi 9 orang. Pemain ke sepuluh disebut shortfielder yang bertugas menjaga daerah dangkal bagian luar yang menjelajah di belakang dalam. Seiring berjalannya waktu, permainan ini terus berkembang dan digemari masyarakat.

Peraturan Permainan Softball

Pengertian Softball, Sejarah, Peraturan, dan Teknik Dasarnya
Peraturan Permainan Softball

Untuk memainkan softball, ada beberapa peraturan yang perlu kamu ketahui:

1. Pemain

Peraturan yang perlu diperhatikan pemain antara lain:

a. Satu regu terdiri dari 9 orang pemain.

b. Pergantian pemain harus diberitahukan kepada wasit.

c. Pemain yang telah diganti tak boleh bermain lagi.

Adapun posisi pemain softball adalah sebagai berikut: pelempar bola (pitcher), penangkap bola (catcher), penjaga, dan pemukul bola (batter).

2. Permainan

Peraturan dalam bermain softball adalah sebagai berikut:

a. Untuk menentukan siapa yang menjadi penjaga dan pemukul maka dilakukan undian dengan koin.

b. Permainan dilakukan dalam 7 inning. Jika pertandingan yang dilakukan antar sekolah, waktunya 1,5 jam, tapi dengan catatan sudah mencapai inning penuh.

c. Jika suatu regu tidak datang pada waktu bertanding, maka regu itu dinyatakan kalah dengan nilai 7-0.

d. Nilai tidak akan hitung jika terjadi bersamaan dengan terjadinya out yang ketiga di katuk di tempat lain sebelum mencapai base.

e. Pertukaran tempat terjadi apabila regu penjaga berhasil mematikan regu pemukul sebanyak tiga kali.

3. Cara Mendapatkan Nilai

Peraturan tentang penilaian adalah sebagai berikut:

a. Setiap pemain yang berhasil kembali ke home dengan selamat dan melalui jalan yang benar dan baik atas pukulannya sendiri atau karena pukulan orang lain akan mendapat nilai satu.

b. Dalam permainan softball, pemain jaga dibedakan menjadi dua jenis, yakni infielders (dalam lapangan) dan outfielders (luar lapangan).

4. Batter Dinyatakan Mati

Batter atau pemukul dinyatakan mati apabila:

a. Pada pukulan kedua langsung ditangkap kitcher.

b. First-base telah dibakar sebelum batter mencapainya.

c. Terjadi bund foul pada pukulan ketiga.

d. Fly ball yang tertangkap langsung.
e. Pukulannya melambung tinggi dan jatuh di sekitar lapangan segi empat, di mana ada pelari di first dan second, serta third bases sebelum 2 out.

Baca Juga: Pengertian Pemerintah Daerah, Ciri, Syarat, Asas, Tugas dan Kewenangan, Serta Hak dan Kewajibannya.

Teknik Dasar Dalam Permainan Softball

Ada beberapa teknik dasar dalam permainan softball yang harus dikuasai pemain:

1. Cara memegang bola

Jika tangan pemain besar, ia bisa memegang dengan dua jari. Tapi jika tangannya kecil, ia bisa menggunakan pegangan tiga jari atau empat jari.

2. Melempar dan menangkap bola

Pengertian Softball, Sejarah, Peraturan, dan Teknik Dasarnya
Melempar dan Menangkap Bola

Teknik melempar bola antara lain teknik lemparan dengan ayunan atas, ayunan samping, teknik lemparan bawah, dan teknik lemparan dengan lecutan tangan. Sedangkan teknik menangkap bola antara lain teknik menangkap bola yang bergulir di tanah, teknik menangkap bola yang melambung, dan teknik menangkap bola lurus.

3. Teknik pemain pitcher

Untuk bisa melambungkan bola dengan baik, seorang pitcher dituntut untuk selalu menggunakan pikirannya dalam menghadapi situasi permainan, entah itu situasi bertahan ataupun menyerang.

4. Teknik memukul bola

Teknik memukul bola bisa dilakukan dengan ayunan penuh (swing) dan tanpa ayunan (bunting).

5. Teknik sliding

Teknik sliding merupakan cara untuk mencapai base dengan meluncurkan badan. Teknik ini terdiri dari beberapa jenis, yakni teknik sliding lurus, teknik sliding mengait, dan teknik sliding dengan kepala lebih dahulu.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian softball, sejarah softball, peraturan permainan softball, dan teknik dasar dalam permainan softball yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai softball.

Loading...

Baca Juga