Pengertian Sinopsis, Ciri, Fungsi, Tujuan, Strategi Membuat, Cara Membuat, dan Contohnya
Sinopsis adalah ringkasan dari suatu tulisan yang panjang (entah itu tulisan fiksi atau non-fiksi) yang ditulis dalam bentuk narasi. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian sinopsis berikut ini.

Hampir semua orang pasti pernah membaca sinopsis. Entah itu sinopsis buku, sinopsis film, ataupun sinopsis lainnya. Lantas, apa itu pengertian sinopsis yang sebenarnya? Simak pembahasan lengkap tentang pengertian sinopsis, ciri, fungsi, tujuan, strategi membuat sinopsis, cara membuat sinopsis, dan contoh sinopsis berikut ini.

Pengertian Sinopsis

Pengertian Sinopsis, Ciri, Fungsi, Tujuan, Strategi Membuat, Cara Membuat, dan Contohnya
Pengertian Sinopsis

Kata sinopsis sebenarnya berasal dari kata "synopical" yang berarti ringkas. Dengan demikian, pengertian sinopsis secara sederhana adalah ringkasan dari suatu tulisan yang panjang (entah itu tulisan fiksi atau non-fiksi) yang ditulis dalam bentuk narasi.

Sinopsis juga bisa diartikan sebagai ringkasan naskah yang menggambarkan isi dari suatu film, buku, atau pementasan. Berikut ini adalah pengertian sinopsis menurut para ahli:

1. Menurut Dr Gorys Keraf

Pengertian sinopsis menurut Dr Gorys Keraf adalah ringkasan yang paling efektif untuk menyajikan suatu karangan panjang ke dalam bentuk yang singkat (pendek).

2. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Sedangkan pengertian sinopsis menurut KBBI adalah karangan ilmiah yang biasanya dimunculkan bersamaan dengan karangan asli yang menjadi dasar pembuatan sinopsis tersebut. Secara garis besar, sinopsis merupakan abstraksi, ringkasan, atau ikhtisar dari suatu karangan.

Sinopsis biasanya digunakan sebagai bagian prolog dalam sebuah naskah yang sengaja dibuat dengan tujuan untuk memudahkan pembaca dalam memahami isi yang terdapat dalam naskah tersebut. Sinopsis sering disebut sebagai ringkasan karena isinya yang terbilang sedikit. Sinopsis biasanya hanya terdiri dari beberapa halaman saja, atau sekitar seperlima dari isi suatu naskah.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan kalau sinopsis adalah ringkasan dari sebuah buku, film, atau pementasan yang menggambarkan isinya secara garis besar saja.

Ciri-Ciri Sinopsis

Pengertian Sinopsis, Ciri, Fungsi, Tujuan, Strategi Membuat, Cara Membuat, dan Contohnya
Ciri-Ciri Sinopsis

Sinopsis memiliki beberapa ciri khusus yang membedakannya dengan jenis tulisan lain. Berikut ini adalah ciri-ciri sinopsis:

1. Jalan cerita atau alur disusun secara berurutan (kronologis) sama seperti cerita aslinya. Hanya saja alurnya dipersingkat.

2. Menggunakan kalimat persuasif. Bahasa yang digunakan dalam sinopsis biasanya membujuk pembaca agar tertarik pada suatu buku, film, atau pementasan.

3. Dalam sinopsis, terdapat kalimat yang berisi ajakan atau motivasi untuk para pembaca.

4. Biasanya sinopsis juga menjelaskan beberapa kekurangan dan kelebihan yang dimiliki buku, film, atau pementasan tertentu.

5. Sinopsis menampilkan permasalahan (konflik) dengan singkat tapi dibuat semenarik mungkin.

6. Sinopsis membuat pembaca menjadi penasaran terhadap buku, film, atau pementasan tertentu.

Fungsi Sinopsis

Pengertian Sinopsis, Ciri, Fungsi, Tujuan, Strategi Membuat, Cara Membuat, dan Contohnya
Fungsi Sinopsis

Adapun fungsi yang dimiliki sinopsis antara lain sebagai berikut:

1. Memberi gambaran secara singkat tentang isi dari sebuah cerita, buku, film, atau pementasan tertentu.

2. Memberi gambaran atau pandangan yang jelas tentang alur cerita atau isi cerita secara kronologis.

3. Sebagai cara untuk mengenalkan isi cerita kepada para pembaca sehingga diharapkan pembaca bisa tertarik pada buku, film, atau pementasan tertentu.

4. Sebagai pedoman bagi para pemeran dalam melakukan improvisasi.

Tujuan Sinopsis

Tujuan utama dalam pembuatan sinopsis adalah untuk memberi gambaran secara ringkas dan padat mengenai tema atau materi yang akan dibahas oleh penulis. Selain itu, sinopsis juga dibuat agar pembaca lebih mudah untuk menangkap konsep dan kesesuaian ide yang ada dalam sebuah acara atau cerita. Karena sinopsis merupakan ringkasan, maka tentu saja sinopsis harus dibuat seringkas mungkin.

Meski isinya singkat, sinopsis diharapkan bisa membuat pembaca tertarik pada buku, film, atau pementasan tertentu. Karena itulah, isi sinopsis sebaiknya memikat hati pembaca dengan kata-kata yang singkat, jelas, menarik, dan mudah untuk dipahami.

Strategi Membuat Sinopsis

Pengertian Sinopsis, Ciri, Fungsi, Tujuan, Strategi Membuat, Cara Membuat, dan Contohnya
Strategi Membuat Sinopsis

Untuk mempermudah penulis dalam membuat sinopsis, ada beberapa strategi yang bisa diterapkan antara lain sebagai berikut:

1. Tema

Agar lebih mudah dalam membuat sinopsis, hal pertama yang perlu dilakukan penulis adalah menentukan tema. Setelah tema berhasil ditentukan, carilah beberapa ide pokok yang terdapat pada naskah.

2. Perhatikan Alur

Penulis juga perlu memperhatikan alur cerita yang akan dibuat. Sebab, tujuan utama dalam pembuatan sinopsis adalah untuk memberi gambaran yang jelas kepada para pembaca.

3. Perhatikan Penokohan

Dalam membuat sinopsis, sebaiknya penulis menekankan watak penokohan. Hal ini dilakukan agar pembaca bisa terkesima pada isi dari sinopsis tersebut.

Cara Membuat Sinopsis

Setelah mengetahui strategi pembuatan sinopsis, maka berikutnya yang perlu kamu ketahui adalah langkah-langkah dalam pembuatan sinopsis. Simak beberapa cara membuat sinopsis yang ada di bawah ini:

1. Bacalah terlebih dahulu naskah yang akan kamu buat sinopsisnya. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar kamu bisa mendapatkan kesan penting dari penulis secara umum.

2. Setelah selesai membaca, catat ide penting yang terdapat dalam naskah tersebut. Kamu bisa menggunakan stabilo ataupun menggarisbawahi tulisan yang dianggap penting.

3. Kembangkan ide pokok yang kamu tandai tadi menjadi beberapa kalimat ringkas.

4. Gunakan kalimat yang jelas, efektif, mudah dipahami, dan tentunya menarik di mata pembaca.

5. Kamu boleh mencantumkan dialog pada naskah. Tapi jangan mencantumkan semua dialog, cukup garis besarnya saja.

6. Sinopsis yang kamu buat tidak boleh menyimpang atau berbeda dari isi naskah asli secara keseluruhan.

Baca Juga: Pengertian Suku, Ciri, dan Jenis Pengelompokannya Menurut Para Ahli.

Contoh Sinopsis

Pengertian Sinopsis, Ciri, Fungsi, Tujuan, Strategi Membuat, Cara Membuat, dan Contohnya
Contoh Sinopsis

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan sinopsis, silahkan simak dua contoh sinopsis berikut ini:

1. Sinopsis Film "Terdampar di Pulau Karang"

Episode ini menggambarkan tentang kecelakaan kapal "Impian". Hanya dua orang penumpang, yaitu seorang wanita dan seorang lelaki tua, yang berhasil lolos dan mengamankan diri ke Pantai Pulau Karang.

2. Sinopsis Film "Case Away"

Film ini menceritakan kisah seorang lelaki muda yang terdampar akibat kecelakaan pesawat. Ia berjuang dan melakukan segala cara untuk bertahan hidup sebelum akhirnya berhasil diselamatkan.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian sinopsis, ciri, fungsi, tujuan, strategi membuat sinopsis, cara membuat sinopsis, dan contoh sinopsis yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai sinopsis.

Baca Juga