Pengertian Session Layer, Jenis Komunikasi dan Fungsi Session Layer dalam Jaringan Komputer
Session Layer merupakan lapisan yang terdapat padamodel lapisan OSI yang bertanggung jawab mengendalikan dialog yang terjadi antara node. Selain itu juga, lapisan ini adalah bagian dari lapisan yang bertanggung jawab untuk pengelolaan sambungan dan juga menentukan bagaimana koneksi dapat dibuat.

Pengertian Session Layer dalam Jaringan Komputer

Kata.co.id - Session Layer merupakan lapisan kelima dari seluruh lapisan OSI saat pengguna menerima data dari jaringan dan kemudian bertindak sebagai lapisan ketika harus mengirim sambungan atau paket data.

Pengertian Session Layer dalam Jaringan Komputer
Pengertian Session Layer dalam Jaringan Komputer


Session Layer juga dapat diartikan sebagai lapisan yang terdapat pada model lapisan OSI yang bertanggung jawab mengendalikan dialog yang terjadi antara node. Selain itu juga, lapisan ini adalah bagian dari lapisan yang bertanggung jawab untuk pengelolaan sambungan dan juga menentukan bagaimana koneksi dapat dibuat.

Itulah pengertian Session Layer dalam model layer OSI jaringan komputer.

Fungsi Session Layer Jaringan komputer

Dalam lapisan model OSI yang ada pada jaringan komputer memiliki peranan penting dan fungsi masing-masing. Berikut fungsi Session Layer pada jaringan komputer:

Fungsi Session Layer Jaringan komputer
Fungsi Session Layer Jaringan komputer

1. Pembentukan Hubungan

Fungsi utama Session Layer adalah melakukan dan membentuk hubungan yang dimana pembangunan hubungan tersebut ditentukan oleh tipe komunikasi yang telah ditentukan sebelumnya. Ketika membuat koneksi tersebut node akan membentuk keoneksi jaringan dan kemudian menyetujui peraturan komunikasi yang ada saat mendefinisikan komunikasi.

2. Berkomunikasi

Fungsi kedua Session Layer tersebut adalah membangun dan berkomunikasi dalam jaringan, sehingga kita perlu memahami dan mengetahui bahwa salah satu hal yang berkaitan dengan jaringan adalah dengan melakukan komunikasi tertentu.

Maka dari itu Session Layer merupakan bagian dari lapisan OSI yang dapat membantu jaringan berkomunikasi sehingga jaringan tersebut dapat bekerja dengan baik dan juga optimal sesuai tujuan utama dalam pembuatan jaringan sebagai mana mestinya.

3. Mengirim Data

Fungsi selanjutnya Session Layer adalah melakukan pengiriman data yang dimana dalam pengiriman data tersebut terdapat di dalam Session Layer yakni tersedianya node yang digunakan untuk melakukan proses dialog dalam hal mengirim data.

4. Transfer Data

Fungsi selanjutnya Session Layer adalah tidak jauh beda dengan mengirim data dan session layer melakukan transfer data yang dimana dalam transfer data tersebut terdapat di dalam Session Layer yakni tersedianya node yang digunakan untuk melakukan proses dialog dalam hal transfer data.

5. Pemutusan

Fungsi selanjutnya adalah Session Layer memiliki pera penting dalam hal terputusnya komunikasi dan juga koneksi. Sehinga ketika terjadi masalah saat menghubungkan koneksi yang terputus ada kemungkinan terjadi kesalahan pada konfigurasi pada session layer tersebut.

Itulah ke lima fungsi Session Layer yang terdapat dalam model OSI jaringan komputer.

Jenis-jenis Komunikasi Session Layer Jaringan Komputer

Dalam Session Layer ternyata memiliki jenis komunikasi yang dapat diproses serta di dapat berfungsi. Berikut jenis komunikasi yang digunakan pada Session Layer:

1. Simplex

Jenis yang sesuai dengan namanya ini, simplex merupakan bentuk komunikasi yang sederhana dan satu arah serta bentuk komunikasi ini adalah bentuk komunikasi dimana data berjalan dalam arah yang sama, sehingga tidak terjadi hubungan timbal balik anatara komunikasi yang terjadi.

2. Half Duplex

Jenis komunikasi ini adalah bentuk komunikasi dua arah yang berbeda sekali dengan simplex yang yang bentuk komunikasinya satu arah saja. Sehingga Half Duplex memiliki hubungan timbal balik antara dua jaringan komunikasi.

Namun dalam hubungan timbal balik tersebut half duplex memiliki sifat yang terbatas yang hanya bisa dilakukan secara bergantian tanpa bersamaan.

3. Full Duplex

Jenis komunikasi ini adalah bentuk komunikasi yang lebih rumit dibandingkan jenis antara point 1 dan point 2, tetapi Full Duplex ini selain rumit ternyata lebih efesien. Full Duplex tersebut merupakan komunikasi dua arah yang dimana hal tersebut bisa dilakukan bersamaan tanpa harus menunggu satu pihak terkait dalam melakukan komunikasi.

Oleh karena itu, Session Layer sangat bermanfaat sekali dalam melakukan komunikasi antara pihak tertentu mulai dari komunikasi biasa sampai komunikasi dengan cara cepat dan lebih efesien tentunya menghemat waktu juga dalam proses komunikasi antara pihak tertentu.

Baca Juga : Pengertian Database, Fungsi, Manfaat dan Jenis Database

Cara Kerja Session Layer jaringan Komputer

Pada lapisan ini ternyata berbeda sekali dengan lapisan yang lainnya, karena lapisan yang lainnya bisa saja berhubungan dengan perangkat keras atau hardware jaringan komputer seperti switch dan juga router, hal ini juga tidak menutup kemungkinan berlaku pada Session Layer. Namun untuk lapisan Session Layer tidak terikat dan tidak berhubungan dengan alat hardware tetapi Session Layer berhubungan dengan software atau perangkat lunak.

Cara Kerja Session Layer jaringan Komputer
Cara Kerja Session Layer jaringan Komputer


Kemudian sebagian besar lapisan Session Layer ini bekerja pada software atau perangkat lunak yang memiliki fungsi pengelolaan data pada jaringan komputer. Salah satu contoh adalah SQL. Apabila menggunakan software atau perangkat lunak SQL maka Session Layer bisa bekerja dalam membangun komunikasi dengan jaringan, sehingga terbentuklah sebuah koneksi jaringan tertentu.

Selain itu juga, SO (Sistem Operasi) komputer juga memiliki peran penting dalam proses yang terjadinya dalam Session Layer sebagai model OSI jaringan komputer.

Tidak hanya itu juga, lapisan ini memiliki protokol tertentu dalam bekerja untuk membantu dalam hal komunikasi dalam jaringan komputer.

Berikut protokol dalam lapisan Session Layer pada jaringan komputer

  • RTCP merupakan Protokol Pengontrolan Real-time Transport
  • PPTP merupakan Protokol tunneling point to point
  • RPC merupakan Remote Procedure Call Protocol

Itulah beberapa protokol yang berperan penting dalam Session Layer dalam model OSI jaringan komputer. Dengan adanya protokol tersebut maka dalam hal komunikasi dengan jaringan komputer dapat berjalan dengan baik dan juga efesien.

Itulah beberapa penjelasan mengenai pengertian Session Layer, Cara kerja, Fungsi Session Layer dan jenis-jenis komunikasi dalam Session Layer pada jaringan komputer.      

Baca Juga