Seni Patung - Pengertian, Sejarah, Teknik Pembuatan, Jenis dan Contohnya
Seni patung merupakan hasil ekspresi jiwa manusia yang dibuat dalam bentuk tiga dimensi, yang bertujuan untuk menampilkan nilai estetika / keindahan. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian, sejarah, teknik pembuatan, jenis dan contoh seni patung berikut ini.

Seni patung bukanlah hal yang aneh dalam kehidupan kita. Terlebih saat ini, seni patung banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai hiasan di rumah / tempat kerja. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian, sejarah, teknik pembuatan, jenis dan contoh seni patung berikut ini.

Pengertian Seni Patung

Seni Patung - Pengertian, Sejarah, Teknik Pembuatan, Jenis dan Contohnya
Pengertian Seni Patung

Seni patung merupakan hasil ekspresi jiwa manusia yang dibuat dalam bentuk tiga dimensi, yang bertujuan untuk menampilkan nilai estetika / keindahan. Seni patung tergolong sebagai jenis kesenian yang mudah ditemukan dalam kehidupan kita. 

Biasanya seni patung dibuat untuk mengingatkan kita atas suatu momen penting yang pernah terjadi di masa lampau. Namun ada juga patung yang sengaja dibuat sebagai bentuk penghormatan kepada dewa atau pahlawan tertentu.

Ada berbagai ukuran yang dimiliki seni patung, mulai dari ukuran kecil hingga ukuran besar. Patung ukuran kecil biasanya dijadikan sebagai hiasan rumah. Sedangkan patung ukuran besar biasanya dipajang di jalan besar dan dikenal dengan istilah monumen.

Berikut ini adalah pengertian seni patung menurut para ahli:

1. Menurut Mikke Susanto

Seni patung merupakan hasil karya tiga dimensi yang dibuat dengan cara mengurangi bahan atau membuat modelnya terlebih dahulu dengan teknik cetak / teknik cor.

2. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Seni patung adalah benda yang sengaja dipahat untuk meniru bentuk manusia atau hewan.

3. Menurut B. S Mayers

Seni patung merupakan karya tiga dimensi yang berdiri sendiri dan dapat dilihat dari segi manapun.

Sejarah Seni Patung

Seni Patung - Pengertian, Sejarah, Teknik Pembuatan, Jenis dan Contohnya
Sejarah Seni Patung

Perkembangan seni patung di Indonesia berhubungan erat dengan perkembangan seni ukir. Kabarnya, bangsa Indonesia telah mengenal seni ukir pada tahun 1500 SM. Saat itu, nenek moyang kita mengukir kapak batu dengan menggunakan bahan dan peralatan yang sangat sederhana. Motif yang dibuat hanya berupa garis, titik atau lengkungan.

Seni ukir kemudian mengalami perkembangan pada tahun 500-300 SM. Masyarakat mulai menggunakan bahan perunggu, emas dan perak untuk diukir. Mereka bahkan mengenal teknik cor sehingga motif ukiran yang dihasilkan mulai banyak / beragam.

Sejak masuknya agama Hindu, Budha dan Islam ke Indonesia, seni ukir langsung mengalami perkembangan pesat. Banyak yang membuat ukiran pada candi dan prasasti sebagai bentuk penghormatan pada Raja. Tak hanya itu saja, ukiran juga dilakukan pada keris, tombak, batu nisan dan alat-alat kesenian. Pada zaman inilah, masyarakat kemudian mengenal seni pahat atau seni patung.

Teknik Pembuatan Seni Patung

Seni Patung - Pengertian, Sejarah, Teknik Pembuatan, Jenis dan Contohnya
Teknik Pembuatan Seni Patung

Berikut ini adalah beberapa teknik yang biasanya digunakan dalam pembuatan seni patung:

1. Teknik Butsir

Teknik butsir adalah teknik pembuatan patung dengan cara menambah atau mengurangi bahan lunak seperti tanah liat, gips malam, dsb.

2. Teknik Pahat

Teknik pahat dilakukan dengan memanfaatkan bahan keras seperti kayu, batu, tulang, dll.

3. Teknik Merakit

Teknik merakit dilakukan dengan cara merangkai dan menghubungkan bahan menjadi satu kesatuan layaknya bermain puzzle.

4. Teknik Cetak (Teknik Cor)

Teknik cor dilakukan dengan cara memanaskan logam hingga mencair, kemudian cairan logam tersebut dituangkan dalam bentuk cetakan patung.

5. Teknik Membentuk

Teknik ini dilakukan dengan cara membentuk patung secara pelan-pelan atau bertahap hingga sesuai dengan hasil yang kita inginkan.

6. Teknik Modelling

Untuk membuat patung dengan teknik ini, kamu perlu membuat modelnya terlebih dahulu.

Jenis-Jenis Seni Patung

Seni Patung - Pengertian, Sejarah, Teknik Pembuatan, Jenis dan Contohnya
Jenis-Jenis Seni Patung

Berikut ini adalah jenis-jenis seni patung yang perlu kamu ketahui:

1. Jenis-Jenis Seni Patung Berdasarkan Bentuknya

Berdasarkan bentuknya, seni patung dibedakan menjadi dua jenis:

  • Figuratif

Figuratif merupakan jenis patung yang dibuat dengan meniru bentuk objek yang ada dalam kehidupan nyata. Contohnya seperti bentuk manusia, bentuk hewan, atau bentuk tumbuhan yang dibuat menyerupai bentuyk aslinya.

  • Non Figuratif

Non figuratif merupakan jenis patung yang bentuknya tidak mirip dengan bentuk aslinya. Patung seperti ini hanya menampilkan lekukan, garis, atau bagian tertentu dari suatu objek.

2. Jenis-Jenis Seni Patung Berdasarkan Jenisnya

Berasarkan jenisnya, seni patung dikelompokkan menjadi dua jenis:

  • Zonde Bosse

Patung jenis ini berdiri sendiri (kanan kirinya lepas) dan tidak menempel pada satu sisi.

  • Relief

Patung jenis relief menempel pada permukaan dinding. Biasanya relief ini menceritakan adegan penting yang terdapat dalam suatu cerita.

Baca Juga: Storyboard - Pengertian, Sejarah, Fungsi, Manfaat, Tujuan dan Cara Membuatnya.

Contoh Seni Patung

Seni Patung - Pengertian, Sejarah, Teknik Pembuatan, Jenis dan Contohnya
Contoh Seni Patung

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan seni patung, simak beberapa contoh seni patung berikut ini:

1. Relief

Relief adalah gambar / lukisan yang dibuat dalam bentuk tiga dimensi, dan diletakkan di atas bidang dua dimensi. Relief biasanya terdapat pada candi atau tugu peringatan. Di dalamnya, terdapat cerita dan nilai sejarah yang sangat tinggi.

2. Patung

Patung merupakan ekspresi jiwa manusia yang dibuat dalam bentuk tiga dimensi. Biasanya patung berbentuk manusia atau hewan, tapi bisa juga berbentuk yang lain.

3. Kerajinan Keramik

Ada banyak sekali kerajinan keramik yang berbentuk guci, kendi, dan lain sebagainya. Kerajinan tersebut termasuk dalam kategori seni patung.

4. Mozaik

Mozaik merupakan seni merangkai potongan batu, keramik atau kaca menjadi bentuk gambar / lukisan yang utuh.

5. Ukiran

Ukiran merupakan batu atau kayu yang sengaja dipahat menjadi bentuk tertentu. Biasanya bentuk ukiran ini berupa manusia, hewan, atau bunga, dan sering dijadikan hiasan di rumah / tempat kerja.

6. Topeng

Topeng sudah bukan hal yang asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Ada banyak sekali topeng yang terbuat dari bahan plastik, kayu, plastik, kain, ataupun logam. Biasanya topeng dipakai saat ada pertunjukan tari atau acara khusus.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian, sejarah, teknik pembuatan, jenis dan contoh seni patung yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai seni patung.

Baca Juga