Seni Lukis - Pengertian, Unsur, Alat, Bahan, Teknik dan Jenis Alirannya
Seni lukis adalah ungkapan perasaan yang disampaikan ke orang lain dalam bentuk gambar agar mereka bisa merasakan bagaimana perasaan si pelukis. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian, unsur, alat, bahan, teknik, dan jenis aliran seni lukis berikut ini.

Salah satu cabang dari seni rupa yang sering kita temukan adalah seni lukis. Seni yang satu ini merupakan pengembangan yang utuh dari kegiatan menggambar. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian, unsur, alat, bahan, teknik, dan jenis aliran seni lukis berikut ini.

Pengertian Seni Lukis

Seni Lukis - Pengertian, Unsur, Alat, Bahan, Teknik dan Jenis Alirannya
Pengertian Seni Lukis

Berikut ini adalah beberapa pengertian seni lukis menurut para ahli:

1. Menurut Leo Tolstoy

Seni lukis adalah ungkapan perasaan yang disampaikan ke orang lain dalam bentuk gambar agar mereka bisa merasakan bagaimana perasaan si pelukis.

2. Menurut Thomas Murno

Seni lukis adalah alat buatan manusia yang bisa menciptakan efek psikologis untuk orang lain yang melihatnya.

3. Menurut Soedarso SP

Seni lukis adalah hasil karya manusia yang menyampaikan pengalaman batin si pelukis. Pengalaman batin disampaikan dalam bentuk gambar yang menawan sehingga membuat orang lain menghayati dan ikut merasakan pengalaman batin tersebut.

4. Menurut Harry Sulastianto

Seni lukis termasuk cabang seni rupa murni yang berbentuk dua dimensi. Biasanya seni lukis dilakukan di atas media kanvas, dengan menggunakan cat minyak / cat akrilik.

5. Menurut Galeria Fasya Art Studio

Seni lukis merupakan bagian dari seni rupa, di mana seni lukis merupakan karya dua dimensi "dwi matra". Meski artinya yang mirip dengan seni rupa, sebenarnya seni lukis mempunyai arti yang lebih karena seni lukis tak hanya sekedar membuat gambar.

Unsur-Unsur Seni Lukis

Seni Lukis - Pengertian, Unsur, Alat, Bahan, Teknik dan Jenis Alirannya
Unsur-Unsur Seni Lukis

Ada dua unsur yang terdapat dalam seni lukis yaitu unsur visual dan unsur non visual.

1. Unsur visual

Unsur visual yang terdapat dalam seni lukis adalah garis (line), bidang (field), ruang (space), dan juga warna (color).

2. Unsur non visual

Sedangkan unsur non visual yang terdapat dalam seni lukis adalah imajinasi, pandangan hidup dan pengalaman, konsep, serta sikap estetik dan artistik.

Alat dan Bahan Seni Lukis

Seni Lukis - Pengertian, Unsur, Alat, Bahan, Teknik dan Jenis Alirannya
Alat dan Bahan Seni Lukis

Berikut ini adalah sejumlah alat dan bahan yang biasanya digunakan dalam melukis:

1. Alat

Alat yang digunakan untuk melukis antara lain kuas, palet, alat pembersih kuas, pisau palet, serta easel (penjepit kanvas).

2. Bahan

Untuk melukis, tentu saja diperlukan cat / tinta seperti cat air, cat minyak, cat poster, cat tekstil, tinta bak, dan lain-lain. Selain itu, kamu juga membutuhkan media untuk melukis seperti kertas, kanvas, dinding, atau lain sebagainya.

Teknik Seni Lukis

Seni Lukis - Pengertian, Unsur, Alat, Bahan, Teknik dan Jenis Alirannya
Teknik Seni Lukis

Adapun teknik-teknik yang biasanya digunakan dalam pembuatan seni lukis adalah sebagai berikut:

1. Teknik Aquarel

Teknik aquarel memanfaatkan cat air (aquarel) dengan sapuan warna yang cenderung tipis. Tak heran bila lukisan yang dihasilkan dari teknik ini biasanya transparan.

2. Teknik Plakat

Berbeda dengan teknik aquarel, teknik plakat justru menggunakan cat air atau cat minyak dengan sapuan tebal. Teknik ini akan menghasilkan lukisan yang berwarna (colorful).

3. Teknik Spray

Teknik spray adalah teknik melukis yang dilakukan dengan cara menyemprotkan cat ke atas lukisan. Dengan teknik ini, hasil lukisannya akan terlihat lebih halus. Contohnya seperti lukisan graffiti.

4. Teknik Pointilis

Teknik pointilis menggunakan titik-titik untuk menghasilkan lukisan yang indah. Teknik seperti ini menuntut kesabaran dari si pembuatnya. Pelukis juga harus pintar mengatur gradasi warna (gelap terang) dalam lukisan tersebut.

5. Teknik Tempera

Teknik tempera memanfaatkan kuning telur dalam cat sebagai bahan perekat. Biasanya teknik ini digunakan pada media tertentu, seperti kayu, kanvas, atau tembok.

6. Teknik Basah

Teknik basah dilakukan dengan cara mengencerkan cat minyak (menggunakan minyak cat / linseed oil). Setelah encer, barulah cat minyak digunakan untuk melukis.

7. Teknik Kering

Teknik kering dilakukan dengan cara menggunakan cat minyak tanpa mengencerkannya (tanpa minyak cat).

8. Teknik Campuran

Teknik campuran merupakan teknik gabungan antara teknik basah dan teknik kering. Caranya, lakukan teknik kering terlebih dahulu. Lalu lakukan teknik basah dengan cara menambahkan minyak cat secara perlahan pada warna lukisan.

Baca Juga: Teks Deskripsi - Pengertian, Ciri, Tujuan, Struktur, Unsur Kebahasaan, Pola Pengembangan dan Jenisnya.

Jenis Aliran Seni Lukis

Seni Lukis - Pengertian, Unsur, Alat, Bahan, Teknik dan Jenis Alirannya
Jenis Aliran Seni Lukis

Berikut ini adalah beberapa jenis aliran seni lukis yang perlu kamu ketahui:

1. Naturalisme

Naturalisme merupakan aliran seni lukis yang sebisa mungkin menampilkan lukisan yang sama persis dengan kondisi alam. Ada banyak sekali tokoh yang menganut aliran ini, di antaranya adalah Raden Saleh, Basuki Abdullah, Gambir Anom, Abdullah Sudrio Subroto, dan lain sebagainya.

2. Realisme

Realisme merupakan aliran seni lukis yang berusaha melukis sesuai dengan fakta / kondisi yang ada. Tokoh yang menganut aliran realisme yaitu Francisco de Goya, Gustove Corbert, dan Honore Daumier.

3. Romantisme

Romantisme merupakan aliran seni lukis yang menyajikan keindahan dan kisah romantis. Tokoh yang menganut aliran romantisme antara lain Raden Saleh, Gerriwult, dan Theobore.

4. Ekspresionisme

Ekspresionisme merupakan aliran seni lukis di mana pelukisnya bisa mencurahkan perasaan atau imajinasinya secara bebas. Tokoh yang menganut aliran ini adalah Popo Iskandar, Vincent Van Gogh, Emile Nolde, dan masih banyak lagi.

5. Impresionisme

Impresionisme merupakan aliran seni lukis yang mengutamakan kesan selintas pada objek yang digambarkan dalam suatu lukisan. Tokoh yang menganut aliran impresionisme adalah Aguste Renoir, Afandi, Casmile Pissaro, dll.

6. Kubisme

Kubisme merupakan aliran seni rupa yang menyajikan abstraksi objek dalam wujud geometri tertentu, untuk menampilkan nilai seni dan juga sensasi tertentu. Tokoh yang menganut aliran kubisme adalah Pablo Picasso, Gezanne, Braque, dll.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian, unsur, alat, bahan, teknik, dan jenis aliran seni lukis yang perlu kamu ketahui. Semoga menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai seni lukis.

Baca Juga