Pengertian Senam, Sejarah, Manfaat, dan Jenisnya
Senam merupakan cabang olahraga yang melibatkan sejumlah gerakan tubuh yang memerlukan kekuatan, kecepatan, dan keserasian gerakan fisik. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian senam berikut ini.

Hampir semua orang pasti pernah melakukan senam. Pasalnya, jenis olahraga yang melibatkan berbagai jenis gerakan tubuh ini tak begitu sulit untuk dilakukan. Lantas, apa itu pengertian senam yang sebenarnya? Simak pembahasan lengkap tentang pengertian senam, sejarah senam, manfaat senam, dan jenis-jenis senam berikut ini.

Pengertian Senam

Pengertian Senam, Sejarah, Manfaat, dan Jenisnya
Pengertian Senam

Secara umum, senam diartikan sebagai cabang olahraga yang melibatkan sejumlah gerakan tubuh yang memerlukan kekuatan, kecepatan, dan keserasian gerakan fisik. Berikut ini adalah pengertian senam menurut para ahli:

1. Menurut Agus Mahendra

Pengertian senam menurut Agus Mahendra adalah bentuk latihan tubuh pada lantai atau menggunakan alat tertentu, yang dilakukan demi meningkatkan daya tahan, kekuatan, kelenturan, kelincahan, koordinasi, dan kontrol tubuh.

2. Menurut G. Frank

Pengertian senam menurut G. Frank adalah sejumlah gerakan latihan yang luas dan menyeluruh, yang bisa membangun atau membentuk otot tubuh seperti otot tangan, punggung, dan lain sebagainya.

3. Menurut Imam Hidayat

Pengertian senam menurut Imam Hidayat adalah latihan tubuh yang dilakukan secara sadar dan sengaja, di mana di dalamya ada unsur keindahan dan fleksibilitas gerak dengan tujuan untuk meningkatkan kesegaran jasmani, mengembangkan keterampilan, dan lain-lain.

4. Menurut Anandita

Pengertian senam menurut Anandita adalah aktivitas fisik yang dilakukan baik sebagai cabang olahraga tersendiri ataupun sebagai latihan untuk cabang olahraga lainnya.

Sejarah Senam

Pengertian Senam, Sejarah, Manfaat, dan Jenisnya
Sejarah Senam

Kata senam sebenarnya berasal dari bahasa Inggris “gymnastics” dan bahasa Belanda “gymnastiek”. Gymnastics sendiri berasal dari bahasa Yunani “gymnazein” yang artinya berlatih atau melatih diri. Latihan tersebut dilakukan oleh pemuda Yunani Kuno pada tahun 1000 SM hingga tahun 476 M agar menjadi warga negara yang baik sesuai dengan cita-cita yang diinginkan negaranya.

Pada saat ini, kata gymnastics memiliki makna yang sangat luas. Kata ini merujuk pada kegiatan olahraga seperti gulat, lari, tinju, dan lain sebagainya. Seiring berkembangnya zaman, arti kata gymnastics semakin menyempit dan terbatas seperti pengertian senam yang kita kenal pada saat ini.

Manfaat Senam

Pengertian Senam, Sejarah, Manfaat, dan Jenisnya
Manfaat Senam

Kegiatan senam sangat bermanfaat untuk menghambat proses penuaan atau degeneratif. Orang yang melakukan senam secara rutin akan mendapatkan kesegaran jasmani, seperti kekuatan otot, kelenturan sendi, kelincahan gerak, keluwesan, dan lain sebagainya. Selain itu, senam juga bermanfaat untuk meningkatkan jumlah volume darah, memperlancar peredaran darah, menyeimbangkan jumlah osteoblast dan osteoclast, dan meningkatkan konsep diri.

Sedangkan menurut Sutrisno dan Khafadi, senam sebenarnya bermanfaat untuk membentuk tubuh seseorang menjadi ideal, indah, bugar, dan tentunya sehat.

Baca Juga: Pengertian Bank Indonesia, Sejarah Berdirinya, Fungsi, Tugas Pokok, Wewenang, Hak, dan Kewajibannya.

Jenis-Jenis Senam

Pengertian Senam, Sejarah, Manfaat, dan Jenisnya
Jenis-Jenis Senam

Menurut Federation Interationale de Gymnastique (FIG), senam dibagi menjadi enam jenis, yaitu senam artistik, senam ritmik sportif, senam akrobat, senam aerobik sport, senam trampolin, dan senam umum. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Senam Artistik

Senam artistik merupakan jenis senam yang seringkali diperlombakan karena paling populer di acara olimpiade olahraga. Gerakan untuk jenis senam ini disusun dari jenis alat yang digunakan dan telah ditetapkan sesuai perlombaan yang berlaku. Adapun contoh dari senam artistik adalah senam lantai (floor exercise), kuda pelana (pommel horse), gelang-gelang (rings), kuda lompat (vaulting horse), palang tunggal (horizontal bars), palang bertingkat (uneven bars), palang sejajar (parallel bars), dan lain sebagainya.

2. Senam Ritmik Sportif

Senam ritmik sportif merupakan jenis senam yang dikembangkan dari senam irama yang diiringi oleh irama musik sehingga menghasilkan gerakan tubuh dan penggunaan alat yang indah.

3. Senam Akrobatik

Senam akrobatik merupakan jenis senam yang menggunakan gerakan akrobatik. Gerakannya banyak mengandung salto, di mana pesenam akan mendarat di atas tangan dan bahu pasangannya. Senam ini menampilkan sejumlah gerakan yang luar biasa, yang melibatkan keseimbangan, ketangkasan, dan koordinasi motorik. Selain sering dilombakan di ajang kompetisi olahraga, senam akrobatik juga bisa ditemukan di seni pertunjukan dan seni bela diri.

Dalam senam akrobatik, pesenam akan melakukan tiga rutinitas, antara lain:

a. Rutin keseimbangan, gerakan ini fokus pada kekuatan, ketenangan, dan fleksibilitas tubuh.

b. Rutin dinamis, gerakan ini terdiri dari gerakan melingkar, jungkar balik, dan menangkap.

c. Rutin gabungan, merupakan gabungan antara unsur keseimbangan dan dinamis.

4. Senam Aerobik Sport

Senam aerobik sport merupakan jenis senam yang dikembangkan dari senam aerobik, berupa tarian tertentu yang dikombinasikan dengan gerakan akrobatik yang terbilang sulit. Dengan kata lain, senam ini menggabungkan beberapa unsur, mulai dari unsur aerobik, akrobat, senam ritmik, koreografi, hingga musik. Dalam perlombaan, ada 4 nomor perlombaan senam aerobik sport, yang terdiri dari tunggal putera, tunggal putri, mix, dan juga trio.

5. Senam Trampolin

Sesuai dengan namanya, senam trampolin merupakan jenis senam yang dilakukan di atas trampolin. Trampolin sendiri adalah alat pantul yang terbuat dari rajutan kain yang dipasang dari kerangka besi. Trampolin berbentuk segi empat dan memiliki daya pantul yang sangat besar. Awalnya, trampolin hanya dimanfaatkan untuk menguasai senam akrobatik. Namun karena gerakan senam ini sangat menarik, senam trampolin akhirnya dikembangkan menjadi jenis senam yang bisa diperlombakan.

6. Senam Umum

Pengertian Senam, Sejarah, Manfaat, dan Jenisnya
Senam Umum

Senam umum merupakan senam selain kelima jenis senam di atas. Senam jenis ini berkembang di kalangan masyarakat dari zaman dulu hingga sekarang. Contohnya seperti senam irama, senam jantung sehat, senam aerobik, senam pagi, senam SKJ, dan lain sebagainya.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian senam, sejarah senam, manfaat senam, dan jenis-jenis senam yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai senam.

Loading...

Baca Juga