Pengertian Seminar - Ciri, Tujuan, Manfaat, dan Pihak-Pihak yang Terlibat Dalam Seminar
Seminar merupakan suatu bentuk pembelajaran di sekolah / universitas yang dilakukan dengan cara mengkaji permasalahan dan mendiskusikannya dengan seorang profesor / orang yang ahli di bidangnya. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian seminar, ciri-ciri seminar, tujuan dan manfaat seminar, serta pihak-pihak yang terlibat dalam seminar berikut ini.

Dalam kehidupan berorganisasi, kita sering sekali menemukan masalah. Nah, salah satu cara untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan melakukan seminar. Seminar merupakan suatu pertemuan khusus yang memiliki tata cara tersendiri yang bertujuan untuk melakukan studi secara mendalam atas topik tertentu guna memecahkan suatu permasalahan.

Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian seminar, ciri-ciri seminar, tujuan dan manfaat seminar, serta pihak-pihak yang terlibat dalam seminar berikut ini.

Pengertian Seminar

Pengertian Seminar - Ciri, Tujuan, Manfaat, dan Pihak-Pihak yang Terlibat Dalam Seminar
Pengertian Seminar

Ada banyak sekali pengertian seminar, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Pengertian seminar menurut Webster's Dictionary of Unabridged

Seminar merupakan sekelompok mahasiswa yang dibimbing untuk melakukan suatu penelitian atau pembelajaran secara mendalam.

2. Pengertian seminar menurut Oxford Advanced Dictionary

Seminar merupakan suatu bentuk pembelajaran di sekolah / universitas yang dilakukan dengan cara mengkaji permasalahan dan mendiskusikannya dengan seorang profesor / orang yang ahli di bidangnya.

3. Pengertian seminar secara terminology

Secara terminology, seminar merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seorang ahli / peneliti untuk menyampaikan atau mempresentasikan suatu karya ilmiah kepada para peserta, yang berguna dalam hal membantu mengambil keputusan.

4. Pengertian seminar menurut Rusland Ahmadi

Seminar merupakan kegiatan yang dilakukan sebagai proses untuk memecahkan suatu masalah, atau proses menemukan solusi yang biasanya diangkat dari hasil sebuah penelitian / literature.

Ciri-Ciri Seminar

Pengertian Seminar - Ciri, Tujuan, Manfaat, dan Pihak-Pihak yang Terlibat Dalam Seminar
Ciri-Ciri Seminar

Di bawah ini adalah ciri-ciri dari sebuah seminar:

1. Dimulai dari makalah

Sebelum sesi diskusi di mulai, biasanya pemakalah akan menyajikan makalah terlebih dahulu. Isi dari makalah tersebut biasanya berkisar sekitar 4 sampai 10 halaman kertas kuarto.

2. Isi makalah harus diangkat dari isu ilmiah

Isu ilmiah merupakan bahan yang menarik untuk di diskusikan. Karena itulah, isi makalah harus diangkat dari isu ilmiah yang memang terjadi di kehidupan nyata (aktual).

3. Penyanggah utama mendapat prioritas untuk merespon

Setelah pemakalah menyampaikan isi makalahnya, biasanya penyanggah utama akan diberi kesempatan untuk merespon isi makalah tersebut. Barulah setelah itu, audience dipersilahkan untuk merespon.

Penyanggah utama ini bukanlah orang biasa. Mereka merupakan orang ahli yang memang berkecimpung di bidang yang dipilih sebagai topik dalam seminar itu.

4. Kebanyakan seminar dilakukan dalam bentuk forum

Seminar selalu melibatkan sejumlah audience agar ada yang memberikan respon terhadap isi makalah yang disampaikan oleh pemakalah. Inilah sebabnya seminar cenderung dilaksanakan dalam bentuk forum.

Tujuan Seminar

Pengertian Seminar - Ciri, Tujuan, Manfaat, dan Pihak-Pihak yang Terlibat Dalam Seminar
Tujuan Seminar

Adapun tujuan dari seminar antara lain adalah sebagai berikut:

1. Untuk meningkatkan kemampuan kita dalam menganalisa suatu permasalahan.

2. Untuk menambah wawasan kita tentang permasalahan atau isu-isu ilmiah

3. Untuk melatih kita dalam mengemukakan pendapat yang masuk akal dan sistematis.

4. Untuk meningkatkan wawasan dan membuat kita terbiasa dengan tata cara yang ada pada suatu seminar.

5. Untuk meningkatkan kemampuan kita dalam berdialog atau berkomunikasi dengan orang lain.

Manfaat Seminar

Pengertian Seminar - Ciri, Tujuan, Manfaat, dan Pihak-Pihak yang Terlibat Dalam Seminar
Manfaat Seminar

Mengikuti seminar sangat bermanfaat bagi para peserta. Berikut ini adalah manfaat diselenggarakannya seminar:

1. Tempat mencari ilmu

Setelah mengikuti seminar, pengetahuan kita akan bertambah. Kita tak hanya mendapat pengetahuan dari pemakalah, tapi juga dari pertanyaan atau tanggapan yang diberikan oleh audience.

2. Tempat menambah teman

Seminar juga bisa menjadi ajang untuk menambah teman. Karena biasanya saat seminar, secara tidak langsung kita akan mengenal dan berdiskusi dengan peserta seminar yang lain.

3. Menambah pengalaman

Dengan mengikuti seminar, kita juga akan mendapat banyak pengalaman berharga. Seperti yang kita ketahui bersama, pengalaman adalah guru terbaik.

4. Meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan berkomunikasi

Setiap individu diharapkan memiliki kepercayaan diri dan kemampuan berkomunikasi yang baik. Jika kamu merasa tidak memiliki dua kemampuan tersebut, cobalah untuk mengikuti seminar. Diskusikan hal yang membuatmu bingung dengan peserta seminar lain yang ada di sampingmu. Kamu juga bisa bertanya secara langsung kepada pembicara. Tanpa sadar, tingkat kepercayaan diri dan kemampuan berkomunikasimu akan bertambah dengan sendirinya.

Baca Juga: Pengertian Wawancara - Unsur, Manfaat, Jenis, Metode dan Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Wawancara.

Pihak-Pihak Yang Terlibat Dalam Seminar

Pengertian Seminar - Ciri, Tujuan, Manfaat, dan Pihak-Pihak yang Terlibat Dalam Seminar
Pihak-Pihak Yang Terlibat Dalam Seminar

Ada beberapa pihak yang terlibat dalam seminar yaitu:

1. Pemakalah (Referator)

Pemakalah merupakan orang yang menyampaikan isi makalah dalam suatu seminar. Ia bertugas membuat makalah, menyampaikan makalah dengan kalimat yang jelas dan sistematis, serta menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pihak peserta secara objektif, misalnya dengan memberikan alasan, fakta, atau contoh-contoh yang masuk akal secara logika.

2. Moderator

Moderator merupakan orang yang mengawasi jalannya diskusi dalam seminar. Ia harus mengarahkan peserta serta memastikan diskusi berjalan dengan baik dan juga kondusif. Tak hanya itu, seorang moderator juga wajib memberi peringatan kepada peserta yang menciptakan keributan pada saat seminar sedang berlangsung.

3. Penyanggah Utama

Penyanggah utama merupakan orang yang diberi tanggung jawab untuk merespon isi makalah. Ia bisa memperjelas ataupun menyempurnakan isi materi yang dibuat oleh pemakalah.

4. Notula

Dalam seminar, notula ini seperti seorang sekretaris. Ia bertugas mencatat jalannya seminar (dari awal hingga akhir), dan membuat laporan yang berisi rangkuman hasil seminar.

5. Audience (Penyanggah Umum)

Audience merupakan pihak-pihak yang mengikuti jalannya suatu seminar. Setelah mendengarkan isi materi yang disampaikan pemakalah, biasanya audience akan diberi kesempatan untuk bertanya ataupun memberi saran kepada pemakalah secara singkat dan jelas.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian seminar, ciri-ciri seminar, tujuan dan manfaat seminar, serta pihak-pihak yang terlibat dalam seminar yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai seminar.

Baca Juga