Pengertian Router, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenisnya
Router adalah perangkat keras jaringan komputer yang bisa digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama atau berbeda. Router juga bisa diartikan sebagai alat untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet untuk bisa menuju tujuannya. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian router berikut ini.

Istilah router mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Padahal, alat yang satu ini sangat berguna untuk mengirimkan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Lantas, apa itu pengertian router yang sebenarnya? Simak pembahasan lengkap tentang pengertian router, fungsi router, cara kerja router, dan jenis-jenis router berikut ini.

Pengertian Router

Pengertian Router, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenisnya
Pengertian Router

Router adalah perangkat keras jaringan komputer yang bisa digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama atau berbeda. Router juga bisa diartikan sebagai alat untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet untuk bisa menuju tujuannya. Berikut ini adalah pengertian router menurut para ahli:

1. Menurut Azril

Pengertian router menurut Azril adalah perangkat jaringan yang mengirim paket data antar jaringan komputer.

2. Menurut Krisna Ade Marta

Pengertian router menurut Krisna Ade Marta adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk membagi protocol kepada jaringan lain. Dengan adanya router, maka sebuah protovol bisa dibagikan kepada perangkat jaringan lain.

3. Menurut Wikipedia

Pengertian router menurut Wikipedia adalah alat yang digunakan untuk mengirim paket data melalui jaringan atau internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal dengan sebutan routing.

Fungsi Router

Pengertian Router, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenisnya
Fungsi Router

Router sebenarnya memiliki fungsi utama untuk membagikan atau mendistribusikan alamat IP, baik itu secara statis ataupun DHCP kepada semua komputer yang terhubung ke router tersebut. Dengan adanya alamat IP yang unik tersebut, setiap komputer bisa saling terhubung dan melakukan komunikasi, baik itu pada LAN ataupun internet. Di zaman sekarang ini, perangkat router sudah semakin canggih dan modern. Untuk membagikan alamat IP kepada setiap komputer pada suatu jaringan, router bisa menghubungkan dengan sambungan kabel LAN atau teknogi wireless. Dengan demikian, router yang ada sekarang ini bisa disambungkan pada setiap komputer, laptop, gadget, ataupun smartphone yang ada dalam jangkauan router tersebut. Cukup manfaatkan gelombang radio yang dipancarkan oleh router.

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa fungsi router berikut ini:

1. Untuk menghubungkan sejumlah jaringan dan menyampaikan data dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Meski fungsinya terlihat mirip, router berbeda dengan switch. Pasalnya, switch hanya digunakan untuk menghubungkan sejumlah komputer dan membentuk jaringan LAN. Sedangkan router digunakan untuk menghubungkan antara satu jaringan LAN dengan LAN lainnya.

2. Untuk mentransmisikan informasi dari satu jaringan ke jaringan lainnya yang sistem kerjanya seperti Bridge.

3. Untuk menghubungkan jaringan lokal ke sebuah koneksi DSL. Router ini biasanya disebut sebagai DSL Router. DSL Router memiliki fungsi firewall untuk melakukan penapisan paket berdasarkan sumber dan alamat tujuan dari paket tersebut. Akan tetapi, tak semua router mempunyai fungsi yang sama. Router yang mempunyai fungsi penapisan paket disebut sebagai packet – filtering router. Router ini berfungsi untuk memblokir lalu lintas data yang dipancarkan secara broadcast sehingga bisa mencegah terjadinya broadcast storm yang bisa mengakibatkan kinerja jaringan menjadi lambat.

Cara Kerja Router

Pengertian Router, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenisnya
Cara Kerja Router

Cara kerja router adalah dengan cara merutekan paket atau informasi yang disebut dengan proses routing. Dengan teknik routing, router akan mengetahui arah rute perjalanan yang akan dituju, apakah berada dalam satu jaringan yang sama atau justru berbeda. Jika informasi yang dituju berada pada jaringan yang berbeda, maka router akan meneruskannya pada jaringan tersebut. Namun apabila paket yang dituju berada pada jaringan yang sama, maka router akan menghalangi keluarnya paket dan meneruskan paket tersebut dengan cara routing di jaringan yang sama sampai terkirim ke tujuan. Berikut ini adalah gambar ilustrasi cara kerja router:

Pengertian Router, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenisnya
Gambar Ilustrasi Cara Kerja Router

Pada gambar di atas, ada dua buah network yang terhubung ke sebuah router. Network yang ada di sebelah kiri terhubung ke port 1 router yang memiliki alamat IP 192.168.1.0. Sedangkan network yang berada di sebelah kanan terhubung ke port 2 router yang memiliki alamat IP 192.155.2.0. Jika komputer A mengirim data ke komputer C, maka router tidak akan meneruskan data tersebut ke jaringan lain. Begitu juga jika komputer F mengirim data ke komputer E, router tidak akan meneruskan data tersebut ke jaringan lain. Barulah ketika komputer F mengirim data ke komputer B, maka router akan meneruskan paket data tersebut ke komputer B.

Baca Juga: Pengertian Imunisasi, Tujuan, Manfaat, Jenis, dan Cara Pemberiannya.

Jenis-Jenis Router

Pengertian Router, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenisnya
Jenis-Jenis Router

Berikut ini adalah jenis-jenis router yang perlu kamu ketahui:

1. Router aplikasi

Router aplikasi merupakan aplikasi yang bisa kamu pasang pada sistem operasi komputer sehingga sistem operasi komputer tersebut bisa bekerja seperti halnya router. Contohnya seperti aplikasi WinGate, WinProxy Winroute, SpyGate, dan lain sebagainya.

2. Router hardware

Router hardware merupakan hardware yang memiliki kemampuan seperti router. Dengan hardware tersebut, kamu bisa membagi alamat IP dan juga membagi jaringan internet pada suatu wilayah.

3. Router PC

Router PC merupakan sebuah komputer yang telah dimodifikasi sedemikian rupa agar bisa digunakan sebagai router. Untuk membuat sebuah router PC, kamu tidak harus menggunakan komputer yang spesifikasinya tinggi. Pasalnya, komputer dengan prosesor pentium dua dan hard drive 10 GB sudah bisa digunakan sebagai router PC. Akan tetapi, kamu harus menginstal sistem operasi khusus untuk router pada komputer tersebut. Adapun sistem operasi yang populer untuk router PC sekarang ini adalah Mikrotik.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian router, fungsi router, cara kerja router, dan jenis-jenis router yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai router.

Baca Juga