Pengertian Resensi - Unsur, Jenis dan Tujuan
Pernah mendapat tugas untuk membuat sebuah resensi buku atau tertarik untuk mengikuti lomba resensi buku? Kamu tentu harus tahu apa itu resensi untuk menghasilkan karya yang berkualitas! Silahkan simak pembahasan lengkap tentang pengertian resensi, unsur, jenis dan tujuan berikut ini!

Resensi buku sering menjadi salah satu dari tugas kuliah mahasiswa. Namun selain itu resensi juga sering dilakukan masyakat umum dalam memberikan penilaian terhadap sebuah buku yang baru terbit. Seseorang melakukan resensi buku bisa karena keinginan pribadi, tugas kuliah, lomba, atau permintaan dari penerbit tertentu. Sebuah resensi dibuat secara objektif dengan mengulas isi buku dengan jujur.

Silahkan simak pembahasan tentang pengertian resensi, unsur resensi, jenis resensi, dan tujuan resensi berikut ini!

Pengertian Resensi

Pengertian Resensi - Unsur, Jenis dan Tujuan
Pengertian Resensi

Secara etimologi resensi berasal dari bahasa Belanda 'resentie' atau bahasa latin 'recensi' yang artinya mengulas kembali. Jadi pengertian resensi adalah kegiatan mengulas isi buku secara keseluruhan dengan memberikan penilaian tentang kelebihan dan kekurangan dengan memberikan gambaran secara umum tentang isi buku.

Unsur Resensi

Pengertian Resensi - Unsur, Jenis dan Tujuan
Unsur Resensi

Dalam pembuatan resensi sebuah buku harus memenuhi unsur-unsur tertentu agar dapat menjadi sumber rujukan kepada calon pembaca. Adapun unsur-unsur resensi adalah sebagai berikut!

1. Judul

Unsur resensi yang pertama adalah judul. Judul memberikan gambaran awal kepada pembaca tentang sebuah buku yang diresensi. Sebuah judul dibuat dengan sangat menarik agar pembacara berminat untuk membacanya.

2. Data Buku

Data buku adalah informasi yang diberikan kepada pembaca tentang buku secara umum. Adapun informasi tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Judul buku
  2. Nama pengarang
  3. Tahun terbit
  4. Nama penerbit
  5. Dimensi buku
  6. Harga buku

3. Isi

Isi resensi merupakan unsur yang paling penting. Pada bagian ini akan memuat tentang penilaian pembuat resensi terhadap kualitas buku. Memberikan gambaran secara netral tentang kelebihan dan kekurangan buku tersebut. Memberikan kritikan tentang isi buku baik dari penggunaan bahasa penyampaian informasi dan lain sebagainya tergantung jenis buku yang diresensi. Isi resensi juga sebaiknya membuat kutipan-kutipan penting dalam isi buku untuk mempertegas argumentasi yang dibuat.

4. Penutup

Pada bagian penutup penulis resensi biasanya menuliskan tentang latar belakang dari penulisan buku tersebut. Menjelaskan tentang alasan penulisan sebuah buku dan tujuan penulisan dari buku tersebut.

Jenis Resensi

Pengertian Resensi - Unsur, Jenis dan Tujuan
Jenis Resensi

Ada tiga jenis resensi yang biasa dibuat yaitu resensi informatif, resensi deskriptif, dan resensi kritis. Berikut penjelasan dari masing-masing jenis resensi tersebut!

1. Resensi Informatif

Resensi informatif adalah jenis resensi yang memberikan gambaran secara umum tentang isi sebuah buku kepada pembaca. Dari resensi ini pembaca akan terbantu untuk membuat keputusan apakah membeli atau tidak buku tersebut.

2. Resensi Deskriptif

Resensi deskriptif berusaha menjelaskan isi buku secara detail dari setiap bab atau bagian-bagian dari sebuah buku. Biasanya pada jenis resensi ini membuat kutipan-kutipan tertentu pada setiap babnya sebagai penjelas.

3. Resensi Kritis

Resensi kritis merupakan jenis resensi yang berusaha mengkritisi sebuah buku berdasarkan metodelogi tertentu yang sesuai dengan jenis buku yang diresensi. Jenis resensi ini sangat objektif dan kritis dalam memberikan penilaian sehingga terlihat jelas kelebihan dan kekurangan isi buku dari sudut pandang tertentu.

Tujuan Resensi

Pengertian Resensi - Unsur, Jenis dan Tujuan
Tujuan Resensi

Seseorang melakukan resensi buku dengan tujuan tertentu. Entah karena tujuan pribadi ataupun dengan tujuan tertentu yang berhubungan dengan lembaga atau orang tertentu. Secara umum tujuan melakukan resensi adalah sebagai berikut.

1. Memberikan Penilaian buku

Seseorang membuat resensi terkadang memiliki tujuan untuk memberikan penilaian terhadap sebuah buku secara umum. Penilaian yang dibuat dengan melihat buku secara umum mulai dari sampul sampai isi buku termasuk nama pengarang dan penerbit buku tersebut. Penilaian ini bukan sekedar baik buruk tetapi juga siapa yang sangat cocok membaca buku tersebut berdasarkan latar belakang pendidikan usia dan lain sebagainya.

2. Menguji Kualitas buku

Resensi juga bisa bertujuan untuk menguji kualitas dari sebuah buku. Kualitas sebuah buku bukan hanya dilihat penggunaan sampul buku, kertas, jenis tulisan, bahasa yang digunakan. Tetapi kualitas buku juga bisa dilihat dengan membandingkan buku tersebut dengan buku sejenis dengan menggunakan pendekatan tertentu.

3. Memberikan Saran atau Kritik

Tujuan yang terakhir adalah memberikan saran dan kritik. Bahwa sesungguhnya tidak ada karya yang sempurna, dimana semua penulis buku menyadari hal tersebut. Maka saran dan kritik ini akan sangat membantu pengarang untuk mengetahui dimana letak kekurangannya dan juga alternatif perbaikan yang bisa dilakukan dalam membuat karya selanjutnya.

Manfaat Resensi

Pengertian Resensi - Unsur, Jenis dan Tujuan
Manfaat Resensi

Manfaat dari sebuah resensi dapat dirasakan oleh semua pihak yang terkait yaitu penulis buku, pembaca atau calon pembaca dan juga pembuat resensi itu sendiri. Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut!

1. Bahan Pertimbangan

Resensi buku bisa menjadi bahan pertimbangan bagi calon pembaca untuk membeli atau tidak sebuah buku. Dari resensi yang dibaca maka akan diketahuai manfaat dari buku tersebut apakah sesuai kebutuhannya atau tidak.

2. Promosi Buku

Resensi buku akan sangat bermanfaat kepada penulis sebagai ajang promosi buku. Dari resensi yang dibuat oleh orang lain dengan cara yang sangat menarik akan membantu meningkatkan minat orang-orang membeli buku tersebut.

3. Melatih Kreativitas

Bagi pembuat resensi sendiri akan sangat baik untuk melatih kreatifitas. Dengan menulis sebuah resensi akan membantu berpikir ojektif, melatih kemampuan menulis dan lain sebagainya.

Langkah Membuat Resensi

Pengertian Resensi - Unsur, Jenis dan Tujuan
Langkah Membuat Resensi

Untuk menghasilkan sebuah karya resensi buku yang baik maka harus mengikuti langkah-langkah pembuatannya berikut ini!

1. Tahap Persiapan

Tahap persiapan dilakukan dengan memilih buku yang akan diresensi. Buku yang dipilih biasanya adalah buku-buku yang baru terbit. Selain itu jenis buku juga akan disesuaikan dengan passion atau latar belakang pendidikan.

2. Tahap Pengerjaan

Tahap pengerjaan dilakukan dengan melakukan identifikasi, membaca buku secara keseluruhan, melakukan pencatatan tentang point penting dalam buku, membuat penilaian, mencatat kekurangan dan kelebihan dan lain sebagainya sesuai dengan tujuan dan jenis resensi yang akan dibuat.

3. Tahap Evaluasi

Tahap evaluasi dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan yang terjadi. Baik itu dari segi penilaian dan juga kesalahan penulisan. Tahapan evaluasi sangat penting dilakukan agar bisa melakukan revisi sebelum resensi tersebut diterbitkan dan dibaca oleh banyak orang.

Baca juga: Pengertian Sketsa - Jenis, Unsur dan Teknik Sketsa.

Demikian pembahasan tentang pengertian resensi, unsur resensi, jenis resensi, dan tujuan resensi. Semoga bisa menjadi referensi dalam belajar bahasa Indonesia dan dalam membuat karya tulis.

Baca Juga