Pengertian Remigrasi - Penyebab dan Dampak
Remigrasi bisa berdampak positif dan juga negatif dalam lingkungan masyarakat. Seseorang yang kembali dari negara tertentu biasanya memiliki daya tarik tersendiri sehingga sangat mudah mempengaruhi orang lain. Silahkan simak pembahasan lengkap tentang pengertian remigrasi, penyebab dan dampaknya!

Kembalinya seseorang dari luar negeri ke tanah air tentunya membawa kegembiraan tersendiri terutama di kalangan keluarga. Ketika seseorang melakukan remigrasi atau memutuskan untuk kembali ke negara asal (Kampung Halaman) maka tentunya dilandasi dengan tujuan-tujuan tertentu. Selain itu akan seseorang tentunya membawa kebudayaan atau kebiasaan-kebiasaan di negara asalnya yang bisa berdampak positif dan negatif dalam lingkungan sosial.

Berikut ini pembahasan tentang pengertian remigrasi, Penyebab Remigrasi, dan Dampak remigrasi. Silahkan disimak pembahasannya!

Pengertian Remigrasi

Pengertian Remigrasi - Penyebab dan Dampak
Pengertian Remigrasi

Remigrasi adalah perpindahan penduduk dari satu negara kembali ke negara asalnya. Remigrasi bisa dilakukan oleh perorangan atau dilakukan bersama-sama atau secara berkelompok. Remigrasi memiliki tujuan atau alasan tersendiri.

Baca juga: Pengertian Migrasi - Penyebab dan Jenisnya.

Remigrasi terjadi karena berbagai alasan baik itu alasan pribadi maupun alasan yang bersifat pekerjaan dan sebagai sebuah kewajiban. Berikut ini beberapa alasan terjadinya remigrasi.

Faktor Kematian

Pengertian Remigrasi - Penyebab dan Dampak
Faktor Kematian

Alasan seseorang kembali ke negara asalnya adalah karena adanya kematian keluarga. Biasanya alasan ini paling sering terjadi. Semua orang tentu berharap bisa berada di tengah-tengah keluarga pada saat kematiannya. Paling tidak bisa melihat keluarganya untuk terakhir kalinya.

Faktor Usia

Pengertian Remigrasi - Penyebab dan Dampak
Faktor Usia

Alasan lain adalah karena sudah tua. Ingin menghabiskan masa tua di tanah kelahiran dan terlebih lagi ingin di makamkan di daerah sendiri. Biasanya ini dilakukan oleh orang-orang yang sudah lama meninggalkan kampung halaman tetapi selalu rindu dengan kampung halamannya. Tentunya orang yang merantau ke luar negeri selalu berharap bisa kembali ke negara asalna. Menghabiskan waktu bersama anak cucu dan menikmati kenangan masa kecil di tanah kelahiran.

Panggilan Keluarga

Pengertian Remigrasi - Penyebab dan Dampak
Panggilan Keluarga

Alasan lainnya adalah karena desakan dari keluarga untuk segera pulang. Seseorang yang meninggalkan negaranya tetap tidak membawa serta keluarganya biasanya akan pulang karena panggilan dari keluarga. Panggilan keluarga bisa karena berbagai alasan misalya adanya resepsi atau acara keluarga sehingga semua keluarga berkumpul bersama-sama.

Tuntutan Pekerjaan

Pengertian Remigrasi - Penyebab dan Dampak
Faktor Pekerjaan

Alasan lainnya adalah adanya pekerjaan yang bisa dikerjakan di daerah asal. Pekerjaan yang sesuai dengan skillnya. Bahkan pekerjaan tersebut sangat membutuhkannya demi percepatan pembangunan dan lain sebagainya. Tentunya akan sangat menyenangkan bisa bekerja di negara sendiri apalagi jika pekerjaan tersebut merupakan sebuah proyek penting yang akan mendatangkan manfaat yang sangat baik untuk masyarakat luas.

Panggilan Negara

Pengertian Remigrasi - Penyebab dan Dampak
Panggilan Negara

Alasan terakhir untuk kembali ke negara asal adalah karena panggilan dari negara. Biasanya panggilan negara juga berhubungan dengan pekerjaan. Entah mengisi jabatan dalam pemerintahan atau menjadi bagian dari sebuah proyek penting negara. Tentunya akan sangat membanggakan bisa mengabdikan diri kepada negara menjalankan tugas yang diamanatkan negara untuk pembangunan negara.

Dampak Positif Remigrasi

Pengertian Remigrasi - Penyebab dan Dampak
Dampak Positif Remigrasi

Remigrasi membawa pengaruh atau dampak positif bagi kehidupan sosial dan ekonomi, baik itu dalam lingkungan sosial masyarakat maupun kehidupan bernegara. Remigrasi bisa memberikan sumbangsih yang sangat baik bagi perkembangan pembangunan di berbagai sektor.

1. Bertambahnya Tenaga Kerja Profesional

Dengan kembalinya penduduk dari luar negeri memungkinkan bertambahnya tenaga kerja profesional. Dengan adanya tambahan tenaga profesional menjadi keuntungan tersendiri dalam pembangunan. Terutama pada sektor industri yang membutuhkan tenaga kerja khusus di bidang tertentu.

2. Bertambahnya Pengaruh Modern

Budaya modern masuk ke sebuah negara bisa terjadi karena informasi dari media maupun karena di bawa langsung oleh seseorang. Pembawa budaya modern yang paling memungkinkan dan besar pengaruhnya adalah masyarakat atau orang yang kembali ke negara asal dan berasal dari negara maju atau pernah menetap di sebuah negara baru dengan kebudayaan modern.

3. Bertambahnya Pendapatan Negara

Manfaat yang bisa dirasakan oleh negara jika ada yang melakukan emigrasi adalah bertambahnya pendapatan negara dari sektor pajak. Negara akan mendapatkan tambahan pajak dari seseorang baik itu pajak pengahsilan, pajak pertambahan nilai atau pajak barang mewah jika orang tersebut memiliki barang-barang yang dikenai pajak.

Baca juga: Pengertian Pajak - Jenis, Fungsi dan Manfaat.

4. Masuknya Budaya Baru

Kembalinya seseorang dari luar negeri bisa menjadi penyebab munculnya budaya baru. Budaya yang dibawa oleh orang tersebut yang bisa diakulturasikan dengan budaya lokal tempat orang tersebut menetap.

Baca juga: 15 Pengertian Budaya Menurut Para Ahli.

Dampak Negatif Remigrasi

Pengertian Remigrasi - Penyebab dan Dampak
Dampak Negatif Remigrasi

Remigrasi memiliki dampak negatif tersendiri karena bisa menjadi jembatan masuknya pengaruh buruk dari negara luar. Bukan berarti bahwa semua orang yang berasal dari negara lain membawa pengaruh buruk tapi ketika itu terjadi maka pengaruhnya akan besar dan sangat cepat.

1. Masuknya Budaya Negatif

Dampak negatif dari adanya emigrasi adalah terbayanya budaya negatif dari negara-negara maju seperti budaya individualisme, hedonesmi, dan konsumerisme yang tidak sesuai dengan budaya lokal. Tentunya hal ini akan berdampak negatif bagi masyarakat sekitar yang bisa jadi akan terpengaruh.

2. Masuknya Pengaruh Obat-obatan

Dampak negatif lainnya adalah adanya kemungkinan pengaruh obat-obatan terlarang dan juga kebiasaan menyimpan yang bisa berpengaruh pada lingkungan sosial. Pengaruh obat-obatan ini akan sangat cepat menular jika diperkenalkan oleh orang yang pernah menggunakan obat-obatan tersebut di negara asalnya.

3. Kepadatan Penduduk

Hal yang pasti terjadi adalah terjadinya kepadatan penduduk. Kepadatan penduduk tentunya masalah tersendiri yang sering menjadi masalah khususnya di kota-kota besar. Kepadatan penduduk bisa menjadi penyebab munculnya berbagai masalah sosial lain.

4. Masuknya Budaya Asing

Budaya asing yang tidak mampu berakulturasi dengan budaya lokal bisa membawa dampak negatif. Dengan masuknya budaya asing ini bisa menjadi berpengaruh pada mengikisnya budaya lokal dan bahkan bisa menggantikannya dengan alasan modernisasi.

Baca juga: Pengertian Transmigrasi - Syarat, Jenis dan Dampaknya.

Demikian pembahasan tentang pengertian remigrasi, penyebab remigrasi, dan dampak remigrasi. Semoga bisa menambah pengatahuan dan wawasan terutama dalam masalah sosial dan ekonomi.

Baca Juga